UC News

10 Keunikan pada Bendera di Dunia

Setiap negara memiliki keunikan dan makna tersendiri pada bendera nasionalnya. Seperti Indonesia yang memiliki corak warna Merah-Putih. Merah yang berarti berani, Putih yang berarti suci.

Namun sobat ucers, ternyata ada lho bendera nasional di negara lain yang memiliki simbol unik dan memiliki makna yang tentunya unik juga. Berikut 10 simbol unik yang ada di bendera di negara-negara dunia :

  • Siprus
10 Keunikan pada Bendera di Dunia
list25.com


Sangar jarang negara yang menggambarkan peta wilayah negaranya sendiri kedalam bendera nasionalnya. Sebut saja, Siprus. Negara ini memilih untuk memasukkan peta wilayah negaranya sendiri

  • Papua Nugini
list25.com

Negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia bagian timur ini memiliki keunikan di bendera nasionalnya. Terdapat 2 bagian pembeda di bendera ini. Yang satu berwarna hitam dan satu lagi berwarna merah. Dalam dua bagian ini terdapat simbol yang berbeda, salah satu sisinya bergambar rasi bintang Selatan yang menunjukkan bahwa negara tersebut terletak di belahan bumi bagian Selatan. Bagian satunya lagi bergambar Cenderawasih raggiana atau Cenderawasih jingga yang merupakan satwa ikonik di sana. Lantas mengapa disebut unik? Hal ini karena designer dari bendera ini sendiri. Design bendera ini dirancang oleh anak berumur 15 tahun.

  • Sri Lanka
list25.com


Sri Lanka merupakan negara yang berdekatan dengan India. Tak heran pula lambang singa memegang pedang ini kebanyakan diambil dari tradisi Budha. Singa melambangkan bangsa Sri Lanka dan keberanian. Sementara pedang menandakan kemampuan negara untuk melindungi dirinya.

  • Wales
list25.com

Berbeda dengan Sri Lanka yang berlambangkan singa, Wales dilambangkan dengan naga merah yang berkaki. Lambang ini mengacu pada raja legendaris Cadwaladr yang pernah memerintah Wales pada abad ke-7. Raja ini sering dikaitkan dengan naga sebagai identitas dirinya.

  • Benin
list25.com

Negara di Afrika Barat ini memiliki bendera modern yang berbeda dari kebanyakan negara Afrika lainnya. Cukup mengerikan memang melihat lambang bendera dimana menggambarkan seorang pria yang memenggal kepala orang lain. Dilengkapi warna merah sebagai latar belakangnya, cukup mengejutkan dan terlihat aneh.

  • Ekuador
list25.com

Penuh dengan ornamen-ornamen di benderanya, tak heran Ekuador masuk sebagai negara dengan keunikan di bendera nasionalnya. Motifnya pun berisi tentang ke-khasan di negara Ekuador sendiri. Wah...pastinya banyak ya ke-khasan di negara Ekuador ini.

  • Nepal
list25.com

Nepal menjadi satu-satunya negara dengan bentuk bendera bukan persegi atau persegi panjang, namun dengan bentuk panji-panji khusus yang menampilkan bulan sabit dan matahari.

  • Belize
list25.com

Negara di Amerika Tengah ini cukup menampilkan ornamen rumit didalam benderanya. Di tengah bendera ada gambar dua orang, yang satu orang keturunan berwarna kulit lebih terang dan satunya penebang kayu berkulit hitam. Ini melambangkan keberagaman suku di Belize. Ada pula gambar alat potong kayu yang memang melambangkan industri penebangan kayu yang menjadi sektor industri utama di sana.

  • Mozambik
list25.com

Tidak ada yang lebih aneh dari Mozambik. Negara yang menampilkan senjata AK-47 di benderanya ini cukup membingungkan banyak publik. AK-47 disini ternyata melambangkan pertahanan negara dan kewaspadaan negara. Sedangkan lambang cangkul melambangkan pertanian dan buku melambangkan pendidikan.

  • Libya
list25.com

Simple. Hanya berwarna hijau, bendera ini sempat menjadi bendera nasional Libya antara tahun 1977-2011. Bendera ini melambangkan filsafat politik dan islam.



Sumber : https://www.boombastis.com/bendera-nasional/16593


Topic:
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot