UC News

10 Makanan Khas Sulawesi Selatan Untuk Wisata Kuliner yang Penuh Warna

10 Makanan Khas Sulawesi Selatan Untuk Wisata Kuliner yang Penuh Warna

10 Makanan Khas Sulawesi Selatan Yang Bikin Ketagihan

Sulawesi Selatan adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal kaya akan keragaman tradisi dan kebudayaan. Di sini tidak hanya terdapat destinasi wisata penuh sejarah, kita juga bisa menemukan berbagai makanan khas Sulawesi Selatan yang mengandung makna filosofis.

Mulai dari Coto Makassar, Sarabba, Es Pisang Ijo, Sop Saudara, Barongko, Kue Dange, dan masih banyak lagi pilihan kuliner khas lainnya. Agar pengalaman wisatamu lebih berwarna, berikut 10 rekomendasi makanan khas Sulawesi Selatan yang bisa kamu coba!

Coto Makassar

Image source: selerasa.com

Coto Makassar harus masuk daftar kuliner wajib jika kamu berkunjung ke Sulawesi Selatan. Coto Makassar atau disebut juga Coto Mangkasara adalah semangkuk berkuah dengan berbagai potongan jeroan sapi. Makanan ini kian lezat jika ditambah ketupat atau burasa. Coto Makassar bisa dijumpai dengan mudah di berbagai restoran atau kedai pinggir jalan.

Sarabba

Image source: nusadaily.com

Kuliner khas Sulawesi Selatan berikutnya adalah Sarabba. Sarabba banyak ditemukan di Makassar dan Gorontalo. Kuliner ini merupakan minuman tradisional yang terbuat dari campuran gula aren, rimpang jahe, santan, bubuk merica, dan terkadang diberi tambahan telur. Minuman ini sangat cocok dinikmati pada malam hari untuk menghangatkan badan.

Sup Konro

Image source: encyclopedia.jakarta-tourism.go.id

Sup Konro adalah makanan khas Makassar yang sekilas mirip dengan Coto Makassar. Bedanya, Sup Konro terbuat dari iga sapi yang telah direbus. Tekstur daging yang empuk berpadu sempurna dengan kuah sup yang diracik dari rempah-rempah Nusantara. Tidak sulit menemukan kedai atau restoran yang menyajikan aneka hidangan Sup Konro terbaik di Makassar.

Palumara

Image source: sarihusada.co.id

Kalau kamu lebih menyukai ikan daripada daging sapi, jangan lewatkan Palumara. Walaupun sekilas mirip dengan Palubasa, makanan khas Sulawesi Selatan ini menggunakan kuah kental kemiri. Sedangkan dagingnya menggunakan ikan kakap merah berukuran jumbo. Cita rasanya yang gurih, pedas, sekaligus asam dijamin akan membuat kamu ketagihan!

Es Pisang Ijo

Image source: makassar.terkini.id

Kuliner asli Kota Daeng ini mungkin sudah banyak ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia. Tapi, apakah kamu pernah mencicipi Es Pisang Ijo yang dibuat langsung di kota kelahirannya? Pisang yang digunakan di sini sudah melewati proses pengukusan yang tidak asal matang, tapi juga dibungkus dengan adonan terbaiknya. Es Pisang Ijo di Makassar dihidangkan lengkap bersama campuran bubur sumsum, susu, dan sirop merah.

Nasi Kuning Riburane

Image source: idntimes.com

Nasi kuning mungkin lebih dikenal sebagai makanan khas dari pulau Jawa, tapi Sulawesi Selatan juga mempunyai hidangan nasi kuning yang berbeda dari biasanya. Nasi Kuning Riburane, yang dipopulerkan oleh Hj. Istiah sudah dianggap sebagai salah satu kebanggaan Kota Makassar. Kuliner ini memiliki kualitas rasa yang pekat dan pedas, disajikan bersama aneka lauk seperti pindang rebus, sayur labu siam, semur daging, telur, dll.

Pisang Ape

Image source: jadiberita.com

Selain Es Pisang Ijo, ada pula jajanan tradisional lainnya yang berasal dari olahan pisang, yaitu Pisang Ape. Makanan khas Sulawesi Selatan ini menggunakan pisang kepok sebagai bahan dasar, yang kemudian diolah dengan cara dipanggang setengah matang lalu disiram kuah gula merah. Rasanya yang manis sekaligus gurih sangat cocok dijadikan makanan pendamping kopi atau teh manis hangat.

Sop Saudara

Image source: travelingyuk.com

Sop Saudara adalah kuliner khas Pangkep berupa sup daging sapi yang dicampur dengan aneka bahan pelengkap lainnya, seperti perkedel kentang, telur bebek rebus, mie bihun, dll. Makanan ini kian lezat jika dinikmati bersama sepiring nasi panas dan ikan bandeng bakar.

Barongko

Image source: cookpad.com

Selanjutnya ada Barongko, kue tradisional masyarakat Bugis yang terbuat dari adonan pisang, telur, santan, gula, dan garam. Makanan ini sekilas mirip jajanan ketan atau lontong yang dibungkus dedaunan. Barongko biasanya dijadikan salah satu hidangan wajib dalam berbagai acara adat.

Kue Dange

Image source: republika.co.id

Dari penampakannya, kue ini tampak seperti kue pukis atau kue rangi khas Betawi, tapi dari segi cita rasa, tentu saja berbeda. Kue Dange adalah salah satu makanan khas Makassar yang dibuat dari bahan utama tepung ketan hitam, parutan kelapa, gula merah, dan sedikit garam. Setelah adonan dicampur dan dibentuk, Kue Dange akan dikukus sebelum siap disajikan.

Sulawesi Selatan masih menyimpan banyak kekayaan kuliner yang mungkin sudah sulit dijumpai saat ini, atau mungkin sudah punah ditelan zaman. Dan hanya segelintir saja yang masih sanggup bertahan hingga sekarang. Untuk mendapatkan info rekomendasi lainnya, ikuti terus perkembangan update artikel terbaru hanya di Gotomalls.com! Platform direktori shopping pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan informasi terlengkap semua yang ada di mall mulai dari merchant, promo, diskon, kupon, dan event-event.

Brands

Malls

featured image source: travelingyuk.com

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot