10 Rahasia Tersembunyi dari Gurun Sahara, Nomor 6 Sungguh Mengejutkan!

Pasir yang bergeser dari Sahara telah menelan binatang, manusia, dan seluruh kota selama ribuan tahun. Ini adalah gurun panas terbesar di dunia, dan mereka yang tersesat di dataran berpasirnya yang tak berujung sepertinya tidak akan pernah terlihat lagi.

Di dunia kuno, seluruh pasukan diketahui bergerak melintasinya, tidak pernah terlihat lagi. Hanya sekarang, dengan teknologi modern, kita mulai menembus semua misteri Sahara dan ada beberapa di antaranya. Berikut ini sepuluh penemuan menakjubkan bahwa Gurun Sahara telah bersembunyi dari kami.

Dilansir dari laman Listverse (27/9/19), inilah 10 rahasia tersembunyi dari gurun sahara. Berikut adalah daftarnya.

1. Benteng yang Hilang

10 Rahasia Tersembunyi dari Gurun Sahara, Nomor 6 Sungguh Mengejutkan!
Referensi pihak ketiga

Satelit telah memungkinkan para penjelajah untuk mengintip ke bawah kanopi hutan rimbun dan menembus jantung gurun yang paling tidak ramah — semua tanpa repot-repot bahkan meninggalkan kursi seseorang. Pada 2010, satelit mendeteksi sisa-sisa lebih dari 100 benteng milik rakyat Garamantes di Libya.

Daerah itu telah dipetakan dengan baik oleh industri minyak yang mencari tempat untuk mengebor, sehingga para arkeolog dapat memindai gambar satelit mereka untuk melihat tanda-tanda tembok. Kemudian, para peneliti di lapangan dapat mengkonfirmasi bahwa struktur memang dibangun oleh Garamantes, meskipun ekspedisi mereka dipotong oleh revolusi di Libya yang menggulingkan Kolonel Gadhafi.

Pada saat Garamantes berkembang (sekitar abad kedua SM ke abad ketujuh Masehi), daerah tempat mereka tinggal sudah sangat gersang. Untuk bertani di tanah mereka, mereka membangun saluran bawah tanah yang menyediakan air dari reservoir kuno. Ketika sumber air ini gagal, ladang menjadi layu, dan Sahara menutupi sisa-sisa benteng dan desa.

2. Meteorit dan Kawah

Referensi pihak ketiga

Bumi selalu dibombardir oleh batu dan meteorit dari luar angkasa. Sebagian besar terbakar tanpa bahaya di atmosfer, meninggalkan hanya seberkas cahaya di langit. Yang lain mencapai tanah dan memiliki dampak yang menghancurkan. Karena kebanyakan terjadi di masa lalu yang jauh, kawah yang ditinggalkan oleh dampak seperti itu sering diabaikan karena erosi atau pertumbuhan tanaman menutupi mereka.

Namun di gurun, bekas luka masih bisa terlihat. Kawah Kamil selebar 45 meter (148 kaki) di Mesir Barat Daya masih jelas menunjukkan di mana sebuah meteorit besi melanda sekitar 5.000 tahun yang lalu. Namun, kawah yang ditinggalkan oleh meteorit dapat ditemukan. Di sekitar Kamil Kamil, pecahan meteorit itu sendiri telah ditemukan dari tempat tumbukan menghancurkannya dan menyebarkannya di pasir. Ini bukan penemuan yang terisolasi.

Hampir seperlima dari semua meteorit yang telah ditemukan berasal dari Sahara. Ini karena di pasir, meteorit menonjol, sering hanya menunggu untuk dijemput. Hanya salju Antartika yang menyediakan tempat yang lebih baik untuk berburu meteorit.

3. Gurun kaca Libya

Referensi pihak ketiga

Bahkan ketika sisa-sisa meteorit dan kawah mereka telah lenyap, jejak tabrakan kosmik lainnya dapat tetap ada. Sekitar 29 juta tahun yang lalu, sebuah meteorit menghantam Bumi dengan energi yang cukup untuk mencairkan wilayah luas padang pasir Libya menjadi lembaran-lembaran kaca hijau yang halus. Kawah yang ditinggalkan oleh ledakan ini belum ditemukan, tetapi banyak kaca gurun masih ada dan di beberapa tempat yang tak terduga.

Ketika Howard Carter membuka makam Tutankhamun, ia menemukan di antara harta karun itu sebuah tutup dada berhias permata (juga disebut sebagai dada) milik raja yang sudah mati. Di tengahnya ada kumbang scarab suci yang diukir dari kaca hijau. Orang Mesir mungkin tidak tahu asal usul gelas yang mereka gunakan, tetapi yang menarik, ada artefak lain yang terbuat dari bahan dunia lain. Salah satu belati di makam itu dibuat dari besi yang berasal dari meteorit.

4. Batu Nabta

Referensi pihak ketiga

Di mana pun air dapat ditemukan di padang pasir, Anda akan menemukan kehidupan yang melekat. Ketika orang-orang tinggal di dekat Nabta Playa di Mesir Selatan 9.000 hingga 6.000 tahun yang lalu, daerah itu menjadi sasaran banjir tahunan, yang menciptakan sebuah danau. Suku Neolitik datang ke sana untuk memberi makan dan menyirami hewan mereka. Orang-orang ini tidak hanya bertahan di sana, tetapi mereka mengembangkan budaya pengorbanan.

Sapi, domba, dan kambing semuanya telah dikuburkan secara ritual di sana. Sekitar 6.000 tahun yang lalu, orang-orang di Nabta membangun balok-balok batu besar dalam sebuah lingkaran, dengan lebih banyak lempengan batu memancar keluar. (Mock-up digambarkan di atas.) Telah diklaim bahwa lingkaran batu ini, yang mendahului Stonehenge selama 1.000 tahun, adalah struktur paling awal yang diketahui secara astronomis selaras.

Masih ada perdebatan tentang apa yang ditunjukkan oleh lingkaran itu, tetapi seorang peneliti mengklaim bahwa itu sesuai dengan posisi Sabuk Orion, seperti yang akan muncul di langit 6.000 tahun yang lalu.

5. Sungai Hilang

Referensi pihak ketiga

Gurun Sahara tidak selalu ada. Ketika iklim berubah selama jutaan tahun, perbatasan pasir telah bergeser. Seperti halnya para ilmuwan dapat mencari bukti kuno tentang air di Mars, mereka juga mengalihkan perhatian mereka pada sejarah Sahara. Penelitian telah mengungkapkan bahwa apa yang dulunya merupakan cekungan drainase terbesar ke-12 di dunia mengalir dari dalam Sahara.

Sisa-sisa sungai di Mauritania diketahui ketika ngarai bawah laut di lepas pantai ditemukan yang telah diukir oleh sungai. Sedimen sungai juga muncul di tempat-tempat yang tak terduga. Konfirmasi terakhir tentang keberadaan sungai yang hilang dibuat oleh satelit. Sungai yang hilang sekarang disebut Sungai Tamanrasett, dan penelitian terus menemukan lebih banyak tentang badan air yang mungkin telah mengering hanya 5.000 tahun yang lalu.

6. Paus

Referensi pihak ketiga

Bukan hanya sungai yang hilang di bawah Sahara. Seiring waktu geologis, apa yang dulunya samudera telah menjadi salah satu tempat paling kering di Bumi. Di Wadi Al-Hitan di Mesir, bukti Samudra Tethys yang hilang dapat ditemukan. Dikenal sebagai Whale Valley, ini adalah salah satu situs terbaik, jika tidak mungkin, untuk menemukan fosil ikan paus.

Fosil-fosil di sini memberi wawasan tentang bagaimana paus berevolusi dari makhluk darat menjadi makhluk yang menghabiskan seluruh hidup mereka di laut. Ketika nenek moyang paus modern mati di laut 37 juta tahun yang lalu, tubuh mereka tertutup oleh sedimen. Saat kerak Bumi naik, bekas rumah mereka berubah menjadi daratan.

Saat ini, kerangka sepanjang 15 meter (50 kaki) sedang dipelajari oleh ahli paleontologi, seperti juga makhluk yang mereka bagikan lautan. Di samping tulang paus, gigi hiu besar dan ganas telah ditemukan.

7. Machimosaurus Rex

Referensi pihak ketiga

Laut selalu menjadi rumah bagi monster. Sekitar 120 juta tahun yang lalu, seekor buaya panjang 9 meter (30 kaki), Machimosaurus rex, menyebut tempat yang sekarang adalah Gurun Sahara sebagai rumahnya. M. rex adalah buaya darat terbesar yang pernah ada. Daerah di mana M. rex pernah tinggal mungkin adalah sebuah laguna besar yang membentang ke Samudra Tethys.

Di sana, ia menggunakan kepalanya yang besar, kekuatan gigitan yang luar biasa, dan gigi pendek dan brutal untuk memecahkan cangkang kura-kura laut dan menangkap ikan. Mungkin juga telah memulung bangkai makhluk besar yang juga berbagi rumahnya. Jika tampaknya ironis bahwa begitu banyak kehidupan laut yang ditemukan di Sahara, itu benar-benar karena padang pasir sangat tidak ramah bagi kehidupan sehingga para ahli paleontologi membuat begitu banyak penemuan di sana.

Tanpa tanaman dan tanah yang menghalangi di antara mereka dan bebatuan di bawahnya, para ilmuwan seringkali dapat dengan mudah berjalan melalui area yang tererosi untuk mengambil temuan yang luar biasa.

8. Spinosaurus

Referensi pihak ketiga

Melanjutkan tema penemuan bahari yang dibuat di padang pasir, Spinosaurus adalah dinosaurus karnivora terbesar yang pernah ditemukan. Hidup 95 juta tahun yang lalu, Spinosaurus (alias Spinosaurus aegyptiacus) berdiri sekitar 7 meter (23 kaki) dan panjangnya 16 meter (52 kaki), melebihi T. rex yang lebih terkenal. Spinosaurus melihat, dan hidup, tidak seperti saingannya yang lebih terkenal.

Spinosaurus memiliki layar besar tulang mencuat dari punggungnya dan sejumlah adaptasi lain yang telah membingungkan para ilmuwan. Sekarang, diperkirakan bahwa Spinosaurus adalah satu-satunya dinosaurus semiaquatic yang diketahui benar-benar. Karena tulang-tulang dari Spinosaurus yang awalnya ditemukan dihancurkan dalam Perang Dunia II, tidak sampai set fosil lain ditemukan di Maroko bahwa para peneliti benar-benar dapat mempelajari Spinosaurus .

Di antara bukti yang menunjukkan Spinosaurus yang sebagian hidup di air adalah kakinya yang panjang dan rata untuk mengayuh, serta lubang hidung yang diletakkan tinggi pada moncongnya untuk memungkinkannya bernafas bahkan ketika sebagian besar tenggelam. Melihat layar besar di punggungnya mendekati pasti telah mendinginkan penduduk saluran air kuno dengan cara yang sama seperti sirip hiu bagi kita hari ini.

9. Perang Dunia II P-40 Kittyhawk P-40

Referensi pihak ketiga

Pada tanggal 28 Juni 1942, Sersan Penerbangan Dennis Copping menerbangkan P-40 Kittyhawk yang rusak ke pangkalan Inggris di padang pasir untuk diperbaiki. Di suatu tempat dalam perjalanan, baik pesawat dan pilot mudanya menghilang. Hanya pada tahun 2012 adalah sisa-sisa pesawat ditemukan ketika seorang pekerja minyak menemukan mereka.

Pesawat itu sebagian besar masih utuh, tidak pernah terganggu, dan masih ada bukti parasut telah digunakan untuk membuat tempat berlindung. Pesawat kemudian dibawa ke Museum El Alamein dan dipulihkan — bukan untuk kepuasan semua orang. Beberapa merasa pesawat itu seharusnya tetap berada di tempat itu sebagai peringatan bagi pilot mudanya.

Yang lain berpikir bahwa pekerjaan restorasi museum membuatnya tampak seperti model yang dicat buruk. Sementara pesawat ditemukan, tidak ada tanda-tanda Dennis Copping ditemukan. Nasibnya yang sebenarnya adalah misteri lain yang dipegang Sahara.

10. Kerangka Gobero

Referensi pihak ketiga

Paul Sereno telah tampil dalam daftar ini, karena ia adalah bagian dari tim yang menemukan lebih banyak fosil Spinosaurus. Pada salah satu perjalanan berburu dinosaurus-lah ia tidak sengaja menemukan kuburan manusia terbesar di Sahara. Situs di Gobero di Niger dihuni sekitar 10.000 tahun yang lalu dan menunjukkan bahwa tempat itu dulunya adalah lingkungan yang lebih hijau dan subur. Sisa-sisa ikan, buaya, dan hewan lainnya bercampur di antara manusia.

Banyak penemuan hanya muncul dari pasir. Dua tahun penggalian mengungkapkan sekitar 200 penguburan manusia dan menunjuk ke dua periode tempat tinggal terpisah yang dipisahkan oleh lebih dari 1.000 tahun. Kiffian dan orang-orang Rumania meninggalkan jejak kehidupan mereka. Perhiasan tulang dan mata panah ditemukan di samping tombak yang akan digunakan untuk berburu di perairan terdekat.

Banyak pemakaman yang sangat tidak biasa. Seorang lelaki dimakamkan dengan kepala di sebuah panci, sementara yang lain bersandar pada sisa-sisa cangkang kura-kura. Mungkin kita tidak akan pernah tahu persis bagaimana orang-orang ini hidup dan mati. Sahara tidak menyerahkan semua rahasianya