UC News

10 Robot Kuno Ini Dibuat Gak Pake Teknologi Modern, No. 3 Melebihi Keahlian Manusia Asli

Saat seseorang mengatakan tentang robot kita akan berpikir itu adaxlah sebuah mesin besar digital yang bisa meniru kemampuan manusia. Sementara definisi itu sampai sekarang berlaku, perlu dicatat bahwa mekanisme unik buatan manusia dibuat sepanjang sejarah.

10 Robot Kuno Ini Dibuat Gak Pake Teknologi Modern, No. 3 Melebihi Keahlian Manusia Asli
pinterest.com.au

Walaupun teknologi kuno itu sudah tidak cocok digunakan lagi saat ini namun beberapa dianggap sebagai keajaiban teknik.

10. Moving Statue (Patung Yang Bergerak)bbnn
wonderfulengineering.com

Sastra kuno dipenuhi dengan catatan adanya manusia buatan. Patung-patung yang bergerak pertama kali dicatat oleh para Imam Amon sekitar tahun 1100 SM di Mesir kuno. Patung-patung dipilih oleh penguasa berikutnya dari keluargate kerajaan laki-laki. Sangat mungkin bahwa artefak ini dibangun. Orang Mesir kuno memiliki pengetahuan mekanik yang cukup untuk mengembangkan mesin non-digital berdasarkan sistem tali dan katrol.

Yunani Ctesibius dari Alexandria membangun (sistem) otomat yang dioperasikan oleh Cams, dan patung itu hanya bisa berdiri dan duduk saat digunakan untuk prosesi kerajaan. Meskipun sistem kuno ini tidak bertahan, para insinyur kuno kemudian menggunakan tekniknya pada sistem hidrolik.

9. Science Claw (Cakar Archimedes)
fotolia.com

Claw adalah nenek-moyang dari lengan robot industri yang ditemukan di pabrik-pabrik modern. Itu digunakan melawan penjajah Romawi pada 213 SM. Sejarawan Polybius menceritakan dalam bukunya ketika kapal-kapal Romawi mendekat, "Tangan raksasa itu menukik kapal target dan mengangkat haluan kapal keluar dari air dan berdiri tegak secara vertikal di buritannya."

makeleio.gr

Cakar itu adalah aplikasi dari dua hukum Archimedes; hukum tuas dan hukum daya apung. Meskipun tidak ada bukti historis dari mesin yang sebenarnya sedang dibuat oleh Archimedes tes baru-baru ini menunjukkan bahwa membangun perangkat crane hidup ini mungkin dilakukan pada saat itu.


8.The Maidservant Of Philon (Robot Pelayan Philon)
tripadvisor.fi

Penemu Philon dari Byzantium, yang hidup sekitar 200 SM, dikenal sebagai mekanik jenius karena keterampilannya sangat mengesankan di bidang teknik. Bukunya "Compendium of Mechanics" memiliki catatan sejarah tentang robot wanita. Robot itu bisa mencampur air dan anggur untuk membuat minuman ketika cangkir kosong diletakkan di salah satu tangannya. Penemuannya tidak pernah dipergunakan khayalak karena tenaga kerja banyak melimpah pada waktu itu.

7. Hero Of Alexandria’s Programmable Robot

Heron of Alexandria (10-70 A.D) banyak dipengaruhi oleh karya Philon. Perangkat cerdiknya salah satunya termasuk dispenser air suci yang dioperasikan dengan koin, pintu otomatis, dan aeolipile yang memanfaatkan tenaga uap 1.700 tahun sebelum mesin uap James Watt.

pinterest.com

Tapi karyanya yang paling mengesankan adalah robot yang bisa diprogram. Perangkat itu adalah kendaraan roda tiga yang membawa robot lain ke panggung tempat mereka tampil untuk penonton. Gaya jatuh digunakan untuk menarik tali melilit dua as roda tersendiri. Heron dapat memvariasikan panjang tali penarik di sekitar as roda, sehingga memberinya kemampuan untuk memprogram bagaimana robot melakukan sebelumnya.

hiperkommunikation.ch

Noel Sharkey, ilmuwan komputer dari Universitas Sheffield, mengaitkan sistem kontrol ini ke pemrograman biner modern.

6. Leonardo’s Knight And Lion

Kita tidak dapat mengabaikan sang legenda, Leonardo Di Vinci, ketika membicarakan penemuan-penemuan sejarah dari jarak jauh, terutama ketika membahas robot mekanik. Sebagian besar karyanya adalah desain konsep, tidak ada bukti aktual dari perangkat yang sedang dibangun. Leonardo mempelajari karya Heron dan menggabungkan pengetahuannya tentang anatomi dan patung untuk membangun karyanya sendiri.

Pinterest.com

Leonardo membangun ksatria lapis baja yang bisa berdiri, duduk, menggerakkan kepalanya, dan visor. Menggunakan deskripsi yang terpisah-pisah, ahli robotik Mark Rosheim menciptakan ulang ksatria ini pada tahun 2002. Desain robot Leonardo sangat efisien sehingga bahkan berfungsi sebagai inspirasi untuk robot Rosheim NASA.

acm.org
acm.org

Penemuan Leonardo lainnya adalah Robot Singa yang merupakan hadiah untuk Raja Francis I dari Perancis pada tahun 1515. Singa ini dapat berjalan sendiri, dan dapat memberikan karangan bunga lili dari dadanya ketika dihentikan. Dan uniknya Itu diciptakan kembali pada tahun 2009.

5. The Praying Monk (Biksu Berdoa)

Gianello Torriano adalah salah satu pembuat jam terbaik di Italia selama tahun 1500-an. Dia dipekerjakan oleh Kaisar Charles V pada 1529. Torriano mencoba menghibur perasaan bosan Sang kaisar dengan membuat otomat (robot) kecil untuknya. Torriano membuat tentara mini seakan bertempur di meja makan.

Dia juga mengukir burung-burung kecil dari kayu yang bisa terbang di kamarnya bahkan keluar dari jendela. Salah satu robot kuno ciptaannya, pemain Lady lute, hingga kini dapat dilihat di Museum Kunsthistorisches di Wina.

wonderfulengineering.com
theguardian.com

Dari semua robot buatannya, The Praying Monk sangat berkesan, sambil mengangkat dan menurunkan tasbih dengan lengan kirinya dan menciumnya sesekali. Robot biksu ini dapat berbalik dan menganggukkan kepalanya, memutar matanya, dan menggumamkan doa hening dengan bibirnya. Ciptaannya ini masih dilestarikan di Smithsonian Institute.

4. Karakuri Ningyo
soranews24.com

Negara Jepang tidak dapat dipisahkan dari robot. Beberapa kreasi pertama dari jenis ini dibuat selama periode Edo (1603-1868). Mereka disebut karakuri ningyo, yang secara harfiah diterjemahkan sebagai “boneka mekanis.” Zashiki karakuri sangat mirip dengan pelayan Philon yang menyajikan teh untuk para tamu. Sementara dashi karakuri digunakan dalam upacara keagamaan, mesin-mesin ini memerankan mitos kuno selama festival.

3. The Flute Player (Robot Pemain seruling)

Jacques de Vaucanson terkenal dalam membuat perangkat mekanik yang meniru kemampuan manusia. Ketika masih kecil, Jacques mempelajari jam gereja sambil menunggu ibunya menyelesaikan ibadahnya. Dia mengingat semua bagiannya dan dapat membuatnya kembali di rumah.

Saat sakit, dia mengigau membuat pemain seruling mekanik di kata-katanya. Dan ini pertama kali diperlihatkan kepada publik pada 11 Februari 1738, robot mekanis ini adalah prestasi yang luar biasa bahkan manusia sulit untuk memainkan seruling selaras.

springer.com
greenoble-patrimoine.fr

Tercatat, robot ini tidak hanya memiliki ketangkasan jari dan tiupan tetapi juga melalui jumlah udara yang bertiup dan bagaimana pemain suling membentuk bibir. Bahkan setelah semua komplikasi itu, Jacques membangun sebuah mesin yang dapat memainkan 12 lagu yang berbeda. Melalui sistem bellow, pipa, dan beban, Jacques mampu mengendalikan udara yang mengalir melalui lorong-lorong alat itu. Bahkan gerakan bibir pun terkontrol.

2. The Writer (Robot Penulis)

Robot Ini dibuat oleh Pierre Jacquet-Droz, pembuat jam kelahiran Swiss, pada akhir 1770-an, dan sampai saat ini karyanya masih dipajang di Museum Seni dan Sejarah Neuchatel di barat Bern, Swiss.

wonderfulengineering.com

Bocah kecil berusia tiga tahun itu menulis dengan cepat dengan bulu angsa di tangan kanannya, matanya mengikuti apa yang ditulisnya, dan ia bahkan menggoyang pena bulu itu setelah mencelupkannya ke dalam wadah tinta. Si robot dapat diprogram menulis teks apa pun hingga 40 huruf.

1. The Drawing Boy (Robot Anak Menggambar)

Dipamerkan di Franklin Institute of Philadelphia, robot anak yang berusia dua abad bernama "The Drawing Boy" melanjutkan tradisi 'sihir' mekanis yang dimulai oleh "The Writer." Ini dibuat oleh pembuat jam Swiss lainnya bernama Henri Maillardet.

thevintagenews.com

Ini menjadi inspirasi bagi Hollywood. Gerakan lengannya sangat hidup dan sekali berakhir, ia menghasilkan gambar dalam waktu kurang dari 3 menit. Ini membutuhkan banyak kamera, dan jika diperlukan gambar lain, mesin harus memindahkan seluruh tumpukan sebanyak 3 milimeter (0,13 in) untuk berpindah ke tumpukan lain, atau prosesnya rusak. Sementara tumpukan bergeser, bocah itu bahkan berhenti menulis dan menatap dengan mata terbuka seolah memikirkan apa yang harus menggambar selanjutnya.


Bukankah ini sangat cerdas dan unik, meskipun jadul. Kamu bisa menemukan mainan putar otomatis, dengan sistem mekanis tanpa baterai dimana-mana di toko mainan. Namun dijaman itu hanya segelintir orang jenius saja yang bisa membuatnya. Era robot bukan hanya milik dunia digital, tapi sudah ada sejak jaman dahulu.


Referensi
wonderfulengineering.com/10-amazing-robots-no-modern-technology/


Topic: #doa #sejarawan
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot