UC News

10 Spot Sunrise di Jogja yang Bisa Didatangi Sehabis Sahur | Keepo.me

10 Spot Sunrise di Jogja yang Bisa Didatangi Sehabis Sahur | Keepo.me

Di Jogja, spot sunrise-nya nggak terlalu banyak dibandingkan tempat melihat matahari terbenam. Selain lokasinya yang berada di selatan Pulau Jawa, banyak gunung dan perbukitan yang menutupi. Kamu harus berada di tempat yang cukup tinggi untuk melihat keindahan alam ini.

Selain itu, salah satu kendala melihat sunrise adalah susah bangun pagi. Kamu harus bangun pagi-pagi buta agar bisa mendapatkan momen ini. Mumpung lagi Ramadan, kamu bisa berburu matahari terbit setelah sahur. Daripada tidur lagi, mengisi waktu dengan melihat pemandangan langka saja biar lebih berfaedah.

10 spot sunrise di Jogja yang bisa dinikmati selepas sahur

Buat yang belum tahu, di Jogja ada beberapa spot sunrise favorit para turis. Lokasinya nggak terlalu jauh dari pusat kota. Kamu bisa naik kendaraan pribadi dan sampai dalam waktu kurang dari satu jam.

Tebing watu mabur, Dlingo Bantul, spot sunrise yang Instagramable

www.instagram.com

Jika kamu mencari spot sunrise bagus sekaligus instagramable, Tebing Watu Mabur jawabannya. Tempat wisata di daerah Bantul ini menyuguhkan keindahan yang nggak bisa disaksikan di lokasi wisata lainnya. Perpaduan awan dan sinar mentari membuatmu serasa di atas awan.

Selain pemandangan matahari terbitnya yang indah, kamu juga bisa berburu foto bagus di sini. Ada beberapa spot Instagramable yang disediakan oleh pengelola. Jadi pastikan bawa kamera terbaik untuk dapatkan gambar bagus.

Camping seru di pinggir Pantai Widodaren, Gunungkidul sambil melihat sunrise

www.instagram.com

Pantai Widodaren, Gunung Kidul jadi salah satu spot sunrise di indonesia yang punya keindahan tak terlupakan. Pengunjung bisa melihat keindahan matahari yang terbit sambil menikmati suara ombak. Biar nggak ketinggalan momen seru ini, kamu bisa camping di pinggir pantai.

Nggak perlu khawatir dengan keamanannya, ombak di pantai ini cukup tenang. Kamu bisa mendirikan tenda di atas hamparan pasir putih. Pada pagi harinya, kamu tinggal membuka tenda dan menikmati pemandangan ini dengan tenang.

Bukit Panguk Kediwung, tempat romantis untuk melihat sunrise bersama pasangan

www.instagram.com

Bukit Panguk Kediwung di daerah Dlingo, Bantul jadi spot sunrise yang sering dikunjungi wisatawan. Tempatnya sangat strategis untuk melihat pemandangan matahari terbit. Nggak ada penghalang apapun di depannya, sehingga pengunjung bisa melihat dengan jelas.

Di tengah hamparan awan putih, sinar matahari terlihat menyeruak dengan indahnya. Nggak heran kalau bukit ini sering dijadikan lokasi foto prewedding. Banyak pasangan ingin mengabadikan momen spesial mereka di tengah pemandangan yang syahdu.

Menaiki ratusan anak tangga sebanding dengan keindahan dari Puncak Suroloyo

www.instagram.com

Pemandangan matahari terbit dari Puncak Suroloyo bisa kamu nikmati setelah menaiki sekitar 300 anak tangga. Meski melelahkan, pemandangan yang disuguhkan sebanding dengan usahanya. Sunrise cantik dari balik Gunung Merapi dan Merbabu tampak memesona.

Puncak Suroloyo masih termasuk bagian dari Pegunungan Menoreh, Kulon Progo. Kalau dari pusat kota sekitar satu jam, sebaiknya kamu berangkat pukul 3 pagi, agar bisa menikmati pemandangan matahari terbit tepat waktu. Jadi, sampai disini bisa tepat sebelum matahari terbit dari arah timur.

Kebun Buah Mangunan tempat menikmati sinar mentari diantara awan putih

www.instagram.com

Masih di daerah Dlingo, kamu bisa mampir ke Kebun Buah Mangunan. Tempat wisata yang naik daun ini menyuguhkan pemandangan sunrise yang indah. Di antara gumpalan awan putihnya, terlihat sinar mentari yang memancarkan sinarnya.

Untuk melihat pemandangan ini, kamu harus berangkat pagi-pagi buta. Jika dari pusat kota kurang lebih sekitar 1,5 jam menggunakan kendaraan pribadi. Tiket masuknya hanya Rp10 ribu. Nggak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak 'kan buat mendatangi salah satu spot sunrise di Indonesia ini.

Gunung Api Purba Nglanggeran, salah satu tempat terbaik untuk melihat keindahan matahari terbit

www.instagram.com

Di daerah Gunungkidul, ada spot sunrise yang nggak boleh dilewatkan, yaitu Gunung Api Purba Nglanggeran. Jalur pendakiannya cukup mudah dan cepat sehingga buat pemula nggak akan kesusahan. Untuk melihat matahari terbit, kamu bisa camping di atas semalaman atau mendaki pagi-pagi buta.

Kamu akan disambut sinar mentari di ufuk timur yang terasa hangat di kulit. Hamparan pemandangan alamnya juga melengkapi pagi hari di atas Puncak Nglanggeran. Saat berada di Jogja, jangan lewatkan tempat wisata ini.

Borobudur juga jadi spot sunrise favorit para turis asing

www.instagram.com

Melipir ke Magelang, kamu juga bisa menikmati keindahan sunrise dari Candi Borobudur. Candi Budha terbesar di Indonesia ini punya ketinggian yang cukup untuk bisa melihat matahari terbit tanpa terhalang apapun.

Kemegahan kuno dengan arca dan stupanya membuat pemandangan dini hari di tempat ini tampak memukau. Tak heran kalau banyak wisatawan asing yang hobi melihat sunrise dari sini. Meski harga tiket masuknya cukup mahal, tapi sebanding dengan keindahan yang ada di spot sunrise di Indonesia ini.

Punthuk Setumbu menyuguhkan pemandangan sunrise dengen efek magis

www.instagram.com

Nggak jauh dari Candi Borobudur, kamu bisa menemukan Punthuk Setumbu. Dari sini kamu bisa melihat pemandangan matahari terbit yang sangat indah. Dengan kabut putih yang menutupi pepohonan, suasananya jadi terlihat lebih magis.

Apalagi dari kejauhan juga terlihat siluet Candi Borobudur yang indah. Banyak pemburu fajar yang sengaja datang pagi untuk melihat pemandangan langka ini. Untuk menuju ke sana, kamu hanya perlu naik beberapa anak tangga untuk sampai ke puncak bukit.

Bukit Rhema menyuguhkan pemandangan matahari terbit yang berbeda

www.instagram.com

Meski dekat dengan Punthuk Setumbu, tapi pemandangan yang disuguhkan berbeda. Bukit Rhema atau lebih terkenal dengan Gereja Ayam sering dikunjungi oleh wisatawan yang ingin melihat pemandangan matahari terbit dari atas bangunan berbentuk unggas.

Tempat wisata ini semakin populer setelah digunakan syuting Ada Apa dengan Cinta 2. Untuk melihat pemandangan matahari terbit, kamu harus datang sebelum subuh. Setelah itu menaiki beberapa anak tangga untuk sampai di atas kepala ayamnya.

Gunung Merapi, spot sunrise terbaik di Yogyakarta

www.instagram.com

Buat kamu yang suka mendaki gunung, tentu nggak boleh melewatkan pemandangan yang satu ini. Gunung Merapi jadi salah satu spot sunrise terbaik yang ada di Yogyakarta. Meski jadi salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia, tapi keindahan alam dari puncak selalu menggoda.

Sebelum mendaki, kamu harus pastikan statusnya terlebih dahulu. Karena belakangan aktivitasnya sedang meningkat sehingga perlu waspada dengan ancaman bencananya. Daripada terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, lebih baik jaga-jaga dari awal.

Spot sunrise yang ada di Jogja di atas cocok banget dikunjungi selepas sahur. Pemandangannya yang indah, membuat semangat di pagi hari. Mumpung mau libur panjang, jangan lupa mampir ke tempat wisata ini bareng keluarga.

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot