UC News

2 Cara Menundukkan Hawa Nafsu, Jangan Biarkan Terus dikendalikannya Kamu Akan Menyesal

2 Cara Menundukkan Hawa Nafsu, Jangan Biarkan Terus dikendalikannya Kamu Akan Menyesal
Referensi pihak ketiga

Imam Ibnu Qoyyim Al-Jauziyyah rahimahullah mengatakan tentang nafsu. Dimana nafsu merupakan kecondongan jiwa kepada sesuatu yang selaras dengan keinginannya.

Nafsu juga merupakan makhluk ciptaan Allah yang dari nafsu itu manusia dapat melakukan berbagai hal seperti pada umumnya.

Seperti halnya, makan, minum, tidur, bekerja, menikah, dan masih banyak lagi dimana dalam melakukan berbagai aktivitas tersebut, perlunya adanya nafsu yang ada pada manusia.

Namun sebagai seorang manusia tak jarang justru nafsu yang berada dalam dirinya malah seakan mengendalikan manusia itu sendiri.

Bahkan cenderung kita tak dapat mengendalikan nafsu yang ada, sehingga menjadikan kita sebagai budak nafsu.

Padahal sebagai manusia yang berakal kita tidak boleh terus menerus terjebak dalam kubangan nafsu, seharusnya kita mampu mengendalikan, serta mengarahkan nafsu yang ada sehingga tidak keluar dari jalur yang telah diridhoi Allah Swt.

Maka kemudian kita dihadapkan pada dua pilihan, antara dikuasai nafsu atau sebaliknya, manusia yang mampu mengendalikan nafsu yang pada akhirnya akan menjadi manusia yang selamat dunia akhirat.

Memang bukan perkara mudah dalam mengendalikan hawa nafsu, bahkan Rasulullah Saw mengibaratkan bahwa jihad yang paling berat adalah jihad melawan hawa nafsu.

Kenapa demikian, karena yang kita lawan adalah diri sendiri bukan orang ataupun kelompok lain, inilah yang menjadi alasan kenapa melawan nafsu sangatlah tidak mudah bahkan sangat berat.

Lalu bagaimanakah sebenarnya cara menundukkan hawa nafsu?

Syekh Abdul Wahhab asy-Sya’rani mengatakan, hal pertama yang bisa dilakukan untuk menundukkan nafsu adalah dengan berpuasa.

Ia mengibaratkan bahwa nafsu bagaikan batang pohon yang kering, dan makanan adalah menjadi apinya, jika api itu semakin besar maka akan semakin besar, dan semakin cepat pula kobaran api itu membakar batang pohon yang kering.

Referensi pihak ketiga

Maka kemudian dapat kita artikan bahwa semakin banyaknya makanan yang masuk ke dalam tubuh manusia hanya akan menjadikan semakin hidupnya hawa nafsu yang ada, bahkan sulit untuk dikendalikan.

Referensi pihak ketiga

Yang kedua adalah dengan mengurangi tidur, dalam hal ini bukan kemudian kita menggunakan waktu istirahat kita hanya untuk begadang melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat, namun yang dimaksud disini adalah mengurangi tidur untuk melakukan berbagai ketaatan kepada Allah, seperti berdzikir, sholat malam, dan berbagai ibadah yang akan semakin mendekatkan diri kita kepada Allah.

Jika suka artikel ini, jangan lupa like, share, dan tinggalkan komentar kamu di bawah artikel. Terima kasih.

Sumber: nu.or.id/post/read/93316/dua-cara-menundukkan-hawa-nafsu


Topic:
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot