UC News

25 Tempat Wisata di Salatiga ini Murah dan Asyik untuk Dikunjungi

25 Tempat Wisata di Salatiga ini Murah dan Asyik untuk Dikunjungi

0

SHARES

ShareTwitterWhatsappTelegramPinterestDiggLinkedin

Reddit

Kota Salatiga memiliki banyak destinasi wisata yang tak pernah sepi dikunjungi oleh wisatawan baik lokal atau mancanegara. Kota yang berbatasan langsung dengan Semarang ini memiliki udara yang sejuk karena berada di dataran tinggi. Lalu, tempat wisata apa saja yang bisa kamu kunjungi saat ke Salatiga? Artikel ini membahas tentang 25 tempat wisata di Salatiga yang wajib untuk kamu kunjungi saat liburan bersama keluarga.

1. Rawa Pening

Sumber gambar: wikimedia.org

Rawa Pening sudah menjadi primadona dalam destinasi wisata alam yang indah karena hamparan danaunya yang indah dipenuhi dengan eceng gondok. Kawasan yang berada di 3 wilayah termasuk Salatiga, Ungaran, dan Ambarawa ini bisa kamu nikmati saat pagi atau sore hari untuk melihat sunrise dan sunset dengan menyewa perahu untuk bisa mengelilingi danau.

2. Gunung Merbabu

Sumber gambar: wikimedia.org

Jika kamu suka mendaki gunung, kamu bisa mencoba untuk mendaki ke Gunung Merbabu. Kamu bisa menikmati pemandangan lampu-lampu indah dari gemerlap Ungaran, Salatiga, Rawa Pening, dan Semarang. Bahkan, kamu bisa melihat pemandangan indah Gunung Merapi dari tempat ini.

3. Puncak Kenteng Songo

Sumber gambar: wikimedia.org

Puncak Kenteng Songo berada di puncak Gunung Merbabu yang menjadi spot terfavorit saat mengunjungi Gunung Merbabu. Di Puncak Kenteng Songo kamu bisa melihat indahnya gumpalan awan di langit yang putih bak salju. Tempat ini sering juga disebut sebagai negeri di atas awan karena keindahan yang dimiliknya itu.

4. Taman Wisata Kopeng

Sumber gambar: instagram.com/ernyirawati20

Taman Wisata Kopeng merupakan salah satu tempat wisata di Salatiga yang berada di lereng Gunung Merbabu yang memiliki keindahan hutan pinus dengan kualitas udara yang sejuk dan segar. Kamu bisa menikmati dan membeli beragam jenis bunga cantik di Taman Wisata Kopeng. Tak hanya itu, kamu juga bisa melakukan aktivitas outbound dan bahkan berkemah di sini.

5. Agrowisata Salib Putih

Sumber gambar: instagram.com/sofi_indra

Kawasan Agrowisata Salib Putih berada di daerah dataran tinggi yang memiliki udara sejuk dan cocok untuk dijadikan tempat berkemah karena hamparan tanahnya yang luas. Selain itu, Agrowisata Salib Putih sendiri adalah sebuah ecoparkhotel yang memiliki bermacam-macam fasilitas seperti perkebunan, taman bermain, dan juga tempat outbound yang cocok digunakan untuk liburan bersama keluarga.

6. Bukit Cinta

Sumber gambar: instagram.com/lipuring.tyas

Bukit Cinta berlokasi tidak jauh dari Rawa Pening dan pastinya tempat ini cocok untuk dijadikan tempat piknik atau bersantai bersama keluarga. Salah satu tempat wisata di Salatiga ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan udara sejuk yang bisa jadi pelarian kamu dalam menghilangkan penat. Bahkan, Bukit Cinta memiliki berbagai macam fasilitas bermain seperti seluncuran, ayunan, dan lain sebagainya.

7. Tlogo Plantation

Sumber gambar: instagram.com/dan_ram12

Kawasan wisata terpadu yang berada di Tuntang, Salatiga adalah tempat wisata edukasi jika kamu ingin menambah ilmu tentang kopi. Tlogo Plantation cocok untuk kamu datangi bersama dengan anak-anak kamu agar mereka bisa menambah wawasan mereka tentang proses menanam tanaman yang tepat. Air Terjun Umbul Songo

8. Arrowhead Park

Sumber gambar: instagram.com/bayuboyka

Arrowhead Park merupakan salah satu tempat wisata di Salatiga yang menawarkan sensasi berkuda di sekolah berkuda yang disediakan di tempat ini. Lokasi dari Arrowhead Park sendiri berada di Desa Tegal Waton, sebuah desa yang masih banyak pepohonan yang hijau, rindang, dan sedap dipandang mata. Wisata ini sangat cocok untuk didatangi bersama dengan keluarga.

9. Atlantic Dreamland

Sumber gambar: dreamlandsalatiga.com

Atlantic Dreamland menawarkan wana wisata air yang seru dan mengasyikkan. Kamu bisa menemukan kolam renang yang dilengkapi dengan waterboom, watertoys, jet coaster, waterball, carousel, dan masih banyak lainnya yang bisa kamu mainkan bersama dengan keluarga. Tak perlu ditanya lagi, Atlantic Dreamland menjadi salah satu tujuan utama bagi orang-orang untuk menghabiskan waktu dengan bermain air bersama dengan keluarga mereka, khususnya anak-anak.

10. Air Terjun Umbul Songo

Sumber gambar: instagram.com/suryo_dwi_prasetyo_

Selain wisata air Atlantic Dreamland, ada juga wisata air alami yang cukup terkenal di kawasan Salatiga yaitu Air Terjun Umbul Songo. Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 15 meter dengan aliran air yang segar dan bersih. Namun, kamu harus berjalan kaki cukup jauh untuk menuju tempat ini atau bisa menyewa kuda yang bisa mengantarkanmu langsung ke Air Terjun Umbul Songo.

11. Kolam Renang Kalitaman

Sumber gambar: instagram.com/farrllzs._

Kolam Renang Kalitaman merupakan kolam renang yang sangat ramai didatangi oleh pengunjung saat singgah di Salatiga.  Kolam renang yang pernah menjadi tempat penyelenggaraan kejuaraan PON tahun 1948 ini adalah kolam renang tertua di Salatiga. Tempat wisata ini ramai saat akhir pekan dengan banyaknya kunjungan dari keluarga yang berekreasi.

12. Mama Farm Hidroponik

Sumber gambar: instagram.com/mamafarmsalatiga

Mama Farm Hidroponik adalah tempat berlibur yang pas untuk kamu yang juga ingin belajar tentang cara penamanan dan perawatan tanaman hidroponik. Di tempat ini, kamu bisa mendapatkan pelatihan hidroponik gratis alias tanpa uang sepeser pun. Kamu bisa melihat banyaknya aneka sayuran dan buah yang dibudidayakan dengan baik di sini dan lebih bagusnya, kamu bisa membelinya untuk di bawa pulang.

13. Prasasti Plumpungan

Sumber gambar: wikimedia.org

Prasasti adalah salah satu situs bersejarah yang berada di Kota Salatiga, lebih tepatnya berlokasi di Desa Plumpungan. Kamu bisa belajar banyak tentang sejarah Kota Salatiga dengan mengunjungi Prasasti Plumpungan ini. Lebih lagi, kamu tidak akan dikenakan biaya untuk mengunjungi lokasi bersejarah ini.

14. Kawasan Pecinan Pandawa-Sukowati

Jika kamu ingin berwisata kuliner di Kota Salatiga, kamu bisa berkunjung ke kawasan Pecinan Pandawa-Sukowati yang berada di Jalan Jenderal Sudirman. Di kawasan ini, kamu akan menemukan banyak makanan khas Kota Salatiga dan bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh. Selain itu, kamu juga bisa melihat indahnya toleransi di tempat ini dari adanya bangunan Klenteng HokTek Bio yang berseberangan dengan Masjid Pandawa. Tempat wisata di Salatiga ini akan mengajarkanmu rasa nasionalisme dan toleransi yang tinggi terhadap perbedaan.

15. Selasar Kartini

Sumber gambar: instagram.com/bunga.flanel.id

Wisata kuliner lain yang bisa kamu datangi saat berkunjung di Kota Salatiga adalah Selasar Kartini. Kamu bisa mendapatkan aneka makanan yang dijual di toko sekitar. Selain itu, kamu juga bisa bermain skateboard dan sepatu roda di sini.

16. Mata Air Senjaya

Mata Air Senjaya memiliki tujuh sumber air utama yang meliputi Tuk Sewu, Umbul Senjaya, Sendang Putri, Sendang Lanang, Sendang Teguh, Sendang Bandung, dan Sendang Slamet. Air dari sumber-sumber mata air tersebut biasa digunakan oleh masyarakat sekitar untuk berbagai keperluan seperti irigasi. Kamu bisa memanjakan dirimu dengan bermain air yang segar di tempat ini.

17. Taman Kelinci

Sumber gambar: instagram.com/hotel_emmerick_official

Taman Kelinci bisa menjadi pilihan wisata yang tepat jika kamu mengajak anak-anak untuk berlibur. Di taman ini, kamu bisa memberikan makan kelinci dan bermain bersamanya. Selain itu, Taman Kelinci juga menyediakan fasilitas lain seperti kolam mini waterboomdan juga kolam pancing ikan.

18. Taman Wisata Pendidikan Langen Tirto Muncul

Sumber gambar: kabsemarangtourism.com

Taman Wisata Pendidikan Langen Tirto Muncul adalah sebuah tempat rekreasi edukasi yang bisa kamu kunjungi bersama anak-anak. Di tempat ini, kamu bisa menikmati beragam hiburan, dengan sepeda air sebagai hiburan yang paling banyak dikunjungi oleh para pengunjung. Salah satu tempat wisata di Salatiga ini mempunyai jam operasional pada pukul 05:00 – 17:00 WIB.

19. Kandhang Galeri

Sumber gambar: instagram.com/galeriwisatawan

Jika kamu adalah peminat seni rupa, kunjungan ke Kandhang Galeri adalah kunjungan yang wajib kamu hadiri saat berada di Salatiga. Semua karya seni rupa di sini adalh karya dari mendiang Ignatius Raprika Angga Yulianto, seorang seniman asal Salatiga. Selain itu, tempat ini juga sering digunakan sebagai tempat berkumpulnya beragam komunitas di Kota Salatiga.

20. Dunia Vektor dan Reservoir Penyakit

Sumber gambar: instagram.com/sumi_anis

Tempat wisata edukasi lainnya yang bisa kamu datangi saat berkunjung ke Salatiga adalah Dunia Vektor dan Reservoir Penyakit (Duver). Tempat ini adalah sebuah museum di mana banyak binatang vektor pembawa penyakit yang diawetkan seperti kecoak, nyamuk, unggas, dan lain sebagainya. Selain itu, tempat ini juga memberitahukan informasi berupa peta penyebaran penyakit-penyakit yang berasal dari binatang tersebut. Salah satu tempat wisata di Salatiga ini cocok untuk kamu yang ingin belajar lebih lanjut tentang dunia kesehatan.

21. Pabrik Susu Murni Nasional

Sumber gambar: instagram.com/hndra.wijaya89

Jika kamu berkunjung ke Salatiga, mampirlah ke Pabrik Susu Murni Nasional untuk mencicipi susu segar yang sudah legendaris ini. Kamu bisa merasakan udara segar pegunungan dari sekitar pabrik susu ini. Selain itu, banyak juga kuliner lezat yang ada di sepanjang jalan dekat pabrik ini.

22. Kampung Kopi Banaran

Sumber gambar: instagram.com/eltarisaaa

Jika kamu penikmat kopi, kamu wajib datang ke Kampung Kopi Banaran untuk mencicipi harum dan lezatnya kopi murni yang ada di sana. Ada beraneka ragam kopi yang bisa kamu coba sesuai selera. Selain itu, kamu juga bisa menikmati penjelajahan ke area perkebunan kopi yang ada di sana dengan menggunakan kereta wisata yang tersedia.

23. Museum Kereta Api Ambarawa

Sumber gambar: instagram.com/ambarawa_railways

Wisata yang satu ini juga cocok untuk kamu kunjungi bersama dengan anak-anak agar mereka tahu tentang sejarah perkeretaapian di Indonesia. Kamu bisa melihat dan merasakan sensasi naik kereta api uap ataupun kereta api diesel yang telah berusia ratusan tahun lamanya.

24. Benteng Pendem

Sumber gambar: instagram.com/indartoyoyok

Benteng Pendem berlokasi tidak jauh dari Museum Kereta Api Ambarawa. Benteng yang memiliki nama asli Fort Willem I ini adalah saksi bisu dari sejarah negara Indonesia berabad-abad lamanya saat dijajah oleh Belanda. Banyak pengunjung yang datang di sini untuk belajar melihat bagaimana kuat dan kokohnya bangunan tua ini dan memakai beberapa spot sebagai latar belakang foto mereka.

25. Palagan Ambarawa

Sumber gambar: instagram.com/jendral._.soedirman

Palagan Ambarawa adalah tempat paling bersejarah di sekitar Salatiga yang pernak menjadi medan pertempuran hebat rakyat Indonesia melawan sekutu dalam Perang Ambarawa. Tempat ini menjadi destinasi utama bagi mereka yang ingin belajar tentang sejarah kemerdekaan Indonesia dan jejak-jejak perjuangan rakyat Indonesia untuk meraih kemerdekaan.

Itulah 25 tempat wisata yang ada di Kota Salatiga yang harus kamu datangi saat berkunjung ke Salatiga. Saat berkunjung ke Salatiga, pastikan kamu mendapatkan tempat yang nyaman untuk ditinggali dan juga perjalanan yang aman dan nyaman pula. Untuk itu, kamu bisa awali dengan ShopBack agar bisa mendapatkan cashback saat ingin menyewa kamar atau memesan tiket perjalanan dengan biaya yang murah. Selamat berlibur, ShopBackers!

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot