UC News

25 Tempat Wisata di Sukabumi ini Wajib Kamu Kunjungi Saat Liburan

0

SHARES

ShareTwitterWhatsappTelegramPinterestDiggLinkedin

Reddit

Berencana melepas penat dari kepadatan ibu kota Jakarta di akhir pekan? Deretan tempat wisata di Sukabumi ini layak untuk dipertimbangkan. Apalagi kamu bisa menuju Sukabumi hanya dalam waktu 3 – 4 jam perjalanan saja dari Jakarta. Kabupaten yang terletak di dataran Pasundan ini juga memiliki banyak destinasi wisata menarik, layaknya yang bisa kamu temukan di Bandung ataupun Bogor.

Nah, daripada semakin penasaran, berikut 25 tempat wisata di Sukabumi yang paling populer di kalangan wisatawan. Apa saja? Yuk, cari tahu sama-sama!

1. Tebing Panenjoan

25 Tempat Wisata di Sukabumi ini Wajib Kamu Kunjungi Saat Liburan
Sumber gambar: instagram.com/septiawanphotography

Berada di atas ketinggian sekitar 250 meter di atas permukaan laut, Tebing Panenjoan menjadi tempat wisata di Sukabumi yang hits di kalangan wisatawan. Dari atas tebing kamu bisa menyaksikan pemandangan hijau yang mengelilingi kawasan Sukabumi.

Tentunya ini memberikan kesempatan untuk kamu berfoto dengan latar belakang alam yang menakjubkan. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Tebing Panenjoan adalah di sore hari menjelang matahari terbenam, karena langit senja di sini benar-benar luar biasa!

2. Pantai Cicaladi

Sumber gambar: instagram.com/mraffei

Meski terletak di dataran tinggi, kamu masih bisa menemukan objek wisata pantai di Sukabumi. Salah satunya yaitu Pantai Cicaladi. Pantai ini identik dengan pemandangan tebingnya yang sangat eksotis karena berbatasan langsung dengan laut lepas.

Selama menyusuri pantai, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan savana hijau, karang bolong yang eksotis, dan deru ombak yang menghantam dinding tebing. Jangan lewatkan kesempatan menyaksikan pemandangan sunset yang mempesona di langit Pantai Cicaladi.

3. Gua Buniayu

Sumber gambar: instagram.com/rifkiapriliaan

Goa Buniayu dikelilingi oleh beragam stalaktit dan stalakmit yang berusia rubuan tahun. Kerennya lagi, tempat ini juga memiliki sistem gua terbaik di seluruh wilayah Asia Tenggara. Dari pusat kota Sukabumi kamu bisa mengunjungi Gua Buniayu dengan berkendara selama kurang lebih 45 menit saja. Nah, untuk menjelajah kawasan gua disarankan agar kamu menggunakan jasa pemandu yang terlatih demi menjamin keamanan dan keselamatanmu selama berada di sana.

4. Kampung Ciptagelar

Sumber gambar: instagram.com/belastingrijder

Kampung Ciptagelar merupakan kampung adat yang terletak Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Sukabumi. Tempat wisata di Sukabumi ini menawarkan pengalaman yang berbeda, karena kamu bisa berkunjung ke rumah-rumah adat hingga menyaksikan acara-acara adat yang ada di sana, seperti upacara Seren Taun. Tiket masuk ke Kampung Ciptagelar dipatok sekitar Rp5.000 per orangnya. Belum termasuk biaya penginapan, bagi kamu yang ingin menginap di sana.

5. Danau Batu Bacan

Sumber gambar: instagram.com/arman_stya

6. Curug Cikaso

Sumber gambar: instagram.com/daden.cokor

Curug Cikaso terbilang cukup unik karena memiliki tiga air tejun yang mengalir secara bersisian sekaligus. Penduduk setempat memberi nama ketiga air terjun tersebut Curug Aseupan, Curug Meong, dan Curug Aki. Untuk memasuki Curug Cikaso, kamu harus membayar tiket masuk sekitar Rp3.000 per orangnya.

Harga tersebut belum termasuk biaya perahu, jika kamu ingin menuju ke Curug Cikaso dengan cara menyusuri sungai yang ada di sekitar curug. Catat ya, lokasinya berada persis di Kecamatan Surade, Sukabumi.

7. Curug Awang Sukabumi

Sumber gambar: instagram.com/wisataalamsmi

Tempat wisata di Sukabumi ini menawarkan pemandangan alam yang masih sangat asri. Dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rindang, Curug Awang Sukabumi juga memiliki aliran air yang jernih. Jika beruntung kamu bahkan bisa menyaksikan keindahan pelangi di tengah-tengah aliran air terjun tersebut. Beberapa pengunjung juga tidak melewatkan kesempatan berfoto di atas tebing bebatuan yang eksotis dan sangat Instagrammable di sana.

8. Curug Cibeureum

Sumber gambar: instagram.com/nyongbogor

Masih seputar objek wisata air terjun, kamu juga bisa berkunjung ke Curug Cibeureum di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango. Untuk menuju lokasi tersebut terlebih dulu kamu harus berjalan kaki melalui area taman nasional.

Jarak antara air terjun dengan pintu masuk taman nasional adalah sekitar 500 meter. Tenang saja, jika merasa lelah terdapat pos-pos peristirahatan bagi para pejalan kaki. Tapi, semua rasa lelah akan terbayar tuntas ketika kamu tiba di bawah air terjun Curug Cibeureum.

9. Jembatan Situ Gunung

Sumber gambar: instagram.com/darawarganegaraa

Jembatan Situ Gunung membentang sepanjang 250 meter di atas ketinggian 150 meter. Saat melintasi jembatan ini, kamu bisa menyaksikan pemandangan alam yang indah di area Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Tempat wisata di Sukabumi ini juga menyediakan beberapa fasilitas menarik lainnya, seperti wahana flying fox, area berkemah, serta perahu bebek yang disewakan untuk berkeliling danau.

10. Curug Sawer

Sumber gambar: instagram.com/ferysoehendar

Selain Curug Cikaso, Curug Awang Sukabumi, dan Curug Cibeureum masih ada Curug Sawer yang memiliki pemandangan alam tak kalah hebatnya. Tempat wisata di Sukabumi ini berada di Kecamatan Kadudampit, masih berada satu lokasi dengan kawasan wisata Situ Gunung. Harga tiket masuk Curug Sawer sangat terjangkau, yaitu hanya Rp3.000 saja per pengunjung. Berencana menginap? Kamu bisa bermalam di beberapa vila di sekitar objek wisata air terjun yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp250.000 per malam.

11. Pantai Citepus

Sumber gambar: instagram.com/srinovia_mira

Sukabumi juga dikenal sebagai kota pelabuhan, tak heran jika di sekitarnya kamu bisa menemukan beberapa objek wisata berupa pantai yang indah. Salah satunya yaitu Pantai Citepus ini. Lokasinya berjarak sekitar 60 kilometer dari pusat kota Sukabumi.

Uniknya, hamparan pasir putih di tepi Pantai Citepus terbilang cukup landai jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Pulau Jawa. Jika tertarik untuk bermalam, tersedia beberapa penginapan yang dikelola oleh masyarakat setempat.

12. Pantai Cikembang

Sumber gambar: instagram.com/rei__harris

Pantai Cikembang berada di lokasi yang cukup tersembunyi di kawasan Cisolok. Dibandingkan dengan Pantai Citepus, pantai yang satu ini masih cukup jarang dikunjungi. Hal ini terlihat dari kondisi jalan menuju pantai yang masih cukup terjal dengan bebatuan alami di sekitarnya. Meskipun cukup menantang keberanianmu, Pantai Cikembang dijamin akan memberikan pengalaman liburan yang berbeda selama berada di Sukabumi.

13. Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Sumber gambar: instagram.com/yudij25

Belum lengkap rasanya ke Sukabumi tanpa mengunjungi Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Taman nasional seluas 113.357 hektare ini bisa kamu temukan di Jalan Raya Cipanas, Kecamatan Kabandungan.

Meski didominasi dengan kawasan hutan lindung, tempat wisata di Sukabumi ini juga menawarkan wisata air terjun yang memiliki aliran sangat jernih. Fasilitas bumi perkemahan dan area outbond juga disediakan pihak pengelola untuk memenuhi kebutuhan pengunjung Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

14. Bukit Karang Numpang

Sumber gambar: instagram.com/mufid086

Sering kali dijadikan spot foto pre-wedding, nyatanya popularitas Bukit Karang Numpang tidak hanya berhenti sampai di situ saja. Tempat wisata di Sukabumi ini semakin ramai diperbincangkan pengguna media sosial karena penampakan alam di sekitarnya yang sangat indah.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Bukit Karang Numpang adalah menjelang sunrise di pagi hari, atau jelas sunset di sore hari. Pada waktu-waktu tersebut kamu bisa menyaksikan pemandangan yang luar biasa kerennya di Bukit Karang Numpang.

15. Gunung Kayu Damar

Sumber gambar: instagram.com/photofoliomy_official

Berlokasi di Desa Cibolang, Kecamatan Gunungguruh, tempat wisata di Sukabumi ini adalah yang terbaru dan cukup populer di kalangan pengunjung. Sejak dibuka untuk umum pada tahun 2017 silam, Gunung Kayu Damar menjadi spot terbaik untuk menikmati pemandangan alam dari atas ketinggian.

Ada cukup banyak fasilitas menarik di tempat ini, seperti menara tenjo laut, pintu ke mana saja, kapal ferry GKD, dan beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk duduk dan bersantai. Spot-spot tersebut juga sangat keren untuk dijadikan latar belakang foto yang akan menghiasi feed Instagram kamu.

16. Santa Sea Waterpark

Sumber gambar: instagram.com/isharsamriphy

Tempat wisata di Sukabumi yang satu ini sangat ramah untuk dijadikan destinasi berlibur bersama keluarga. Apalagi Santa Sea Waterpark berlokasi di pusat kota Sukabumi, tepatnya di Jalan Lio, Santa, Kelurahan Gedong Panjang.

Selain menyediakan kolam renang dengan beragam ukuran kedalaman, di sini juga tersedia beberapa fasilitas permainan air yang unik dan menarik. Mulai dari Asian Hot Spring, Amazon River, Forest Jungle, serta Racing Slide yang selalu jadi andalan pengunjung Santa Sea Waterpark.

Jangan lupa, kamu bisa berfoto dengan Kapten Bart selaku maskot dari Santa Sea Waterpark ini. Kamu tertarik berkunjung? Harga tiket masuk Santa Sea Waterpark Sukabumi berada dikisaran harga Rp40.000 untuk kunjungan di hari Senin – Jumat, Rp60.000 di hari Sabtu dan Minggu, sementara untuk hari libur nasional harga tiketnya dipatok Rp70.000 per orang.

17. Bukit Karang Para

Sumber gambar: instagram.com/hilmanmhrm

Rasanya tak cukup menjelajah seluruh tempat wisata di Sukabumi hanya dalam kurun waktu 1 – 2 hari saja. Pasalnya, kota ini memiliki banyak destinasi Instagrammable yang sayang untuk dilewatkan oleh wisatawan. Termasuk Bukit Karang Para yang terletak di area Kampung Padaraan, Desa Kebonmanggu, Sukabumi.

Lahan seluas 12 hektare ini menyajikan panorama alam yang begitu hijau dengan suhu udara sejuk. Dijamin kamu betah berlama-lama menghabiskan waktu liburan di sini. Apalagi banyak spot instagenic yang siap bikin kamu semakin hits, seperti jembatan hati. Berwisata ke Bukit Karang Para relatif terjangkau, tiket masuknya hanya dibanderol dengan harga Rp2.000 saja untuk setiap pengunjung.

18. Kawah Ratu

Sumber gambar: instagram.com/dedi_susanto

Bagi para pecinta alam, Kawah Ratu mungkin sudah tidak asing lagi. Kawah yang terletak di lereng Gunung Salak ini menawarkan jalur trekking yang cukup menantang. Kamu bisa melalui jalur bumi perkemahan Cidahu – Sukabumi dengan panjang jalur trek sekitar 4.5 kilometer. Untuk jalur treking menuju Kawah Ratu yang lebih pendek bisa kamu lakukan melalui Gunung Bunder via Pasir Rengit sejauh 3.5 kilometer. Waktu tempuhnya hanya sekitar 2.5 jam berjalan kaki.

Tentu saja, rasa lelah akan terbayar tuntas begitu kamu tiba di kawasan Kawah Ratu. Pemandangan alam di sekitarnya begitu indah dan layak diabadikan dalam lensa kamera. Oh ya, di spot-spot tertentu kamu juga bisa menemukan lapisan belerang yang bisa dibawa pulang secara cuma-cuma.

19. Sabana Puncak Pilar

Sumber gambar: instagram.com/fanyrifany

Sabana Puncak Pilar merupakan studio alam di mana kamu dapat berfoto ria di berbagai spot dengan alam asri sebagai latar. Spot foto yang terbuat dari bambu dan kayu tersebut hadir dalam berbagai bentuk sehingga kamu dapat menciptakan variasi foto yang asyik dan menarik. Dari puncak bukit kamu bisa berdiri menikmati pemandangan hijau yang sangat indah menyelimuti sekitar Sukabumi.

Untuk melihat panorama yang lebih memukau, datanglah pada saat sunrise, sehingga kamu dapat merasakan sensasi berada di atas awan. Matahari akan muncul dari balik gunung dengan dengan kilauan emas yang terpantul di lautan awan.

20. Taman Rekreasi Selabintana

Sumber gambar: instagram.com/cue_family

Objek wisata yang satu ini berada satu kawasan dengan Selabintana Conference Resort Sukabumi. Tempat wisata berupa taman rekreasi ini menjadi salah satu destinasi terbaik yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga. Baik untuk sekadar duduk santai menikmati keindahan alam, atau menemani anak-anak menghabiskan waktu liburan.

Taman Rekreasi Selabintana juga dikelilingi dengan pepohonan pinus yang lebat, sehingga suhu udara di sekitarnya terasa sejuk. Tersedia pula kolam bermain anak hingga fasilitas permainan flying fox yang bisa digunakan oleh pengunjung Taman Rekreasi Selabintana.

21. Bravo Adventure

Sumber gambar: instagram.com/anggarino19

Menawarkan bumi perkemahan dengan fasilitas hotel bintang lima, Bravo Adventure menantang kamu menjadi petualang sejati, tanpa harus mengesampingkan kenyamanan. Di area perkemahannya terdapat tenda-tenda menyerupai bawang yang didukung dengan fasilitas penyejuk udara, kamar mandi dengan air panas, dan menu sarapan pagi yang menarik.

Tempat wisata di Sukabumi ini juga menawarkan area permainan yang bisa memacu adrenalin kamu. Coba rasakan keseruan bermain paintball atau arung jeram menyusuri Sungai Citarik yang sangat menantang. Tenang saja, kedua aktivitas tersebut akan dipandu oleh instruktur terlatih dan berpengalaman.

22. Pasir Datar Indah

Sumber gambar: instagram.com/nina_wati_nsz

Pasir Datar Indah memberi kesempatan untuk kamu menikmati lukisan lami nan hijau berupa kebun dan ladang milik petani setempat. Deretan tanaman milik penduduk setempat yang berbaris rapi di pundak bukit-bukit hijau menciptakan gelombang alam yang indah tak tertandingi.

Perpaduan alam yang indah tersebut juga layak diabadikan dengan kamera yang akan membuat Instagram kamu makin hits. Ingin menghabiskan lebih banyak waktu dengan alam yang indah dan asri ini? Kamu bisa bermalam di Villa Lavender yang terletak tidak jauh dari Pasir Datar Indah.

23. Karang Aji Beach Villa

Sumber gambar: instagram.com/elnaagusti

Menawarkan dua kenikmatan alam dalam satu lokasi, Karang Aji Beach Villa adalah tempat wisata di Sukabumi yang bisa kamu kunjungi. Di sini kamu bisa dimanjakan oleh pemandangan laut yang menghipnotis serta mengagumi karya seni rupa dan arsitektur sekaligus. Lokasinya berada persis di Jalan Raya Cisolok KM 20 – 22, Sukabumi.

Dengan menggunakan kayu sebagai bahan utama, bangunan villa ini didesain dalam bentuk unik dengan dome berwarna-warni menghiasi bagian tengahnya. Dari interior, kamu bisa menemukan berbagai lukisan unik bernuansa oriental dan tempat bersantai di mana pemandangan laut terlihat megah dan menakjubkan.

24. Pantai Cimaja

Sumber gambar: instagram.com/captainbarto

Ingin berselancar di garis pantai Sukabumi? Lokasi terbaik yang bisa kamu kunjungi berada di Pantai Cimaja. Bahkan tempat wisata ini sudah cukup populer di kalangan peselancar dunia. Hal ini dikarenakan ombak Pantai Cimaja bisa mencapai ketinggian hingga 4 meter. Tak heran kalau pantai ini dijadikan lokasi selancar yang ideal.

Berbeda dari kebanyakan pantai yang menjadikan pasir putih sebagai daya tariknya, daya tarik lain Pantai Cimaja adalah jejeran batuan alami yang indah. Bagi yang tidak ingin berselancar, pemandangan alam yang disajikan pantai ini cukup memanjakan mata. Kamu bisa menikmatinya sambil bersantai di salah satu saung yang banyak terdapat di sana.

25. Pantai Pangumbahan

Sumber gambar: instagram.com/monicanitaa

Menikmati pemandangan indah, menyusuri pasir putih bersilika tinggi, mengunjungi penangkaran penyu, dan belajar berselancar. Seluruh kegiatan tersebut bisa kamu lakukan di Pantai Pangumbahan. Biasanya anak-anak penyu hasil penangkaran ini dilepaskan pada waktu sore hari, sekitar pukul 17.00. Untuk mengunjunginya kamu bisa berkendara menuju Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap. Harga tiket masuk Pantai Pangumbahan cukup terjangkau, hanya Rp5.000 saja per orangnya.

Bagaimana ShopBackers, keren kan beberapa tempat wisata di Sukabumi yang direkomendasikan di atas? Kamu bisa menjelajah Sukabumi dan sekitarnya lebih mudah jika awali dengan ShopBack untuk memenuhi segala kebutuhan akomodasimu.

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot