UC News

4 Mobil Keluarga untuk Kamu Pemilik Gaji Rp 10 Juta

4 Mobil Keluarga untuk Kamu Pemilik Gaji Rp 10 Juta
Referensi pihak ketiga

Sedang mencari mobil keluarga? Pilihannya memang sangat banyak, tapi yang mana sih yang memang pas dan ideal untuk pemilik gaji Rp 10 juta?

Gak dipungkiri, besaran gaji tentu bakal memengaruhi pilihan mobil keluarga di kemudian hari. Meski ada fasilitas kredit kendaraan bermotor, mencicil mobil itu gak bisa sembarangan.

Setiap yang namanya kredit, tentu ada beban bunga yang harus kamu tanggung.

Kira-kira seperti apa sih mobil keluarga yang pas untuk mereka pemilik gaji Rp 10 juta? Yang jelas, secara finansial ya kriterianya harus seperti ini.

Referensi pihak ketiga

Pertanyaannya adalah mengapa harus Rp 172 juta? Pasalnya, harga kendaraan di atas Rp 172 juta sulit mencari mobil ideal yang cicilan maksimalnya Rp 3 juta selama empat tahun. 

Utang maksimal yang bisa diambil seseorang adalah 30 persen dari total penghasilan bulanan, jadi bila penghasilannya Rp 10 juta, utang maksimalnya Rp 3 juta. 

Mengapa harus DP 30 persen? Karena jika lebih kecil, maka pokok utangmu jadi besar. Otomatis, cicilannya pun bakal terasa berat. 

Mengapa harus baru dan tenor cicilan maksimalnya 48 bulan? Karena dengan membeli mobil baru, biaya perawatannya cenderung terukur gak seperti mobil bekas yang sudah waktunya ganti onderdil. 

Tenor cicilan empat tahun atau 48 bulan juga terbilang ideal. Karena jika terlalu lama, akumulasi bunganya juga makin besar. Males banget kalau mobil belum lunas tapi sudah banyak jajan sparepart.

Kira-kira mobil yang dimaksud seperti apa ya? Cek di bawah sini yuk:

1. Toyota Calya

Referensi pihak ketiga

Toyota Calya

Setelah sukses merilis Kijang dan Avanza, PT Toyota Astra Motor di 2016 memperkenalkan Toyota Calya. 

Jelas banget, mobil keluarga satu ini memang ditujukan sebagai mobil sejuta umat, namun tentunya dengan segmentasi pasar yang berbeda, tentu saja buat mereka yang bergaji Rp 10 jutaan.

Bisa dibilang, tampangnya memang agak mirip Avanza-Innova. Hanya saja dimensinya 4.070 mm, lebar 1.655 mm dan tinggi 1.600 mm. Mobil ini memiliki tiga baris, itu artinya bisa mengangkut sebanyak tujuh penumpang.

Dengan mesin berkode 3NR, yang berkapasitas 1,2 liter, Calya menggunakan transmisi manual 5-percepatan, otomatis 4-percepatan. Tenaga maksimalnya 88 PS.

Harga mobil ini di pasaran berkisar di angka Rp 144,9 juta hingga Rp 163,4 juta.

2. Daihatsu Sigra

Referensi pihak ketiga

Daihatsu Sigra

Jika kembarannya Avanza adalah Xenia, dan Rush adalah Terios, maka kembarannya Calya adalah Sigra. Mobil ini merupakan produk rilisan Daihatsu.

Mobil dibanderol di harga yang lebih murah ketimbang Cayla, yaitu Rp 117,5 juta hingga Rp 158,25 juta. Kok bisa?

Pasalnya, Sigra menawarkan dua pilihan mesin. Pertama adalah tipe 1KR-VE, DOHC VVT-i berkapasitas 998 cc (1.0 Liter) di varian terendah, dan yang kedua adalah 3NR-VE, DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.197 cc (1.2 Liter).

3. Suzuki APV Arena

Referensi pihak ketiga

Suzuki APV Arena

Produk Suzuki satu ini masih bisa jadi pilihan untuk kamu yang mencari mobil keluarga. Selain kabin APV terkenal lapang, mobil ini juga didesain tanpa bonnet

Mobil yang menggendong mesin empat silinder berkapasitas 1.493 cc ini sanggup memuntahkan daya maksimum 94.5PS/6,000rpm dengan torsi maksimum 126Nm/3.000rpm.

Soal kapasitas, APV Arena sanggup menampung delapan orang. Harganya mulai dari Rp 158 jutaan. 

4. Wuling Confero

Referensi pihak ketiga

Wuling Confero

Gak bisa dipungkiri, mobil China satu ini punya harga yang cukup menarik. Namun, jika memang pilihanmu jatuh ke Wuling Confero, maka cuma ada dua Confero yang bisa kamu pilih, pertama adalah tipe 1,5 MT Double Blower, dan satu lagi Lux MT. 

Harga mobil ini berkisar antara Rp 150 juta hingga Rp 172 jutaan. Pas banget ya! 

Sama seperti APV, kapasitas maksimal mobil ini adalah delapan orang. Sementara itu, mesinnya adalah 1.408 cc.

Apakah Confero cukup menarik buatmu? Tes drive dulu saja, dan coba tanya-tanya sama mereka yang sudah punya mobil ini.

Itulah empat pilihan kendaraan keluarga yang kiranya pas buat mereka yang bergaji Rp 10 juta. Intinya, beli mobil dengan kredit harus patokan harga. Memaksakan kehendak untuk membeli mobil yang kita suka bukanlah hal yang bijak.

Mengapa? Gak seperti properti yang harganya terus naik, membeli aset satu ini, maka harga terus menurun seiring berjalannya waktu. 

Lantas, bagaimana jika DPnya ditinggikan saja biar cicilannya murah? Lebih baik jangan deh, pada pembayaran pertama, gak cuma DP yang harus kamu bayarkan, melainkan ada biaya administrasi serta cicilan pertama juga.

Jika mobil yang kamu beli harganya Rp 172 juta, maka DP 30 persennya adalah Rp 51,6 juta. Maka, total pembayaran pertamamu bisa sampai Rp 55 jutaan lho.

Source: lifepal.co.id

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot