UC News

5 Bukti Bahwa Night Mode iPhone 11 Series Terlalu Sempurna, Android Babak Belur!

5 Bukti Bahwa Night Mode iPhone 11 Series Terlalu Sempurna, Android Babak Belur!

Pada ajang Apple Event 2019 kemarin, dirilislah produk smartphone terbaru dari Apple, iPhone 11. Total, ada tiga varian pada seri terbaru ini.

Salah satu fitur yang menjadi banyak bahan pembicaraan adalah adanya fitur Night Mode yang dimiliki oleh kameranya, baik di iPhone 11, iPhone 11 Pro, maupun iPhone 11 Pro Max.

Kali ini, Jaka akan kasih kamu beberapa bukti bahwa Night Mode dari iPhone 11 jauh lebih baik dari Android!

Bukti Night Mode iPhone 11 Lebih Baik

Persaingan antara iPhone melawan smartphone Android memang tidak ada habisnya. Jika ada yang sesuatu yang baru, pasti akan selalu dibandingkan.

Termasuk fitur Night Mode yang satu ini. Seperti yang kamu tahu, beberapa smartphone Android telah memiliki fitur ini duluan seperti Google Pixel 3 dan Huawei P30 Pro.

Untuk kamu yang belum tahu, Night Mode adalah sebuah fitur yang membuat kamera mampu mengambil gambar dengan cerah walau dalam keadaan segelap apapun.

Meskipun begitu, nyatanya Apple mampu memberikan Night Mode yang lebih baik. Kenapa bisa begitu? Dilansir dari berbagai sumber seperti 9to5Mac, PCWorld, dan iMore inilah alasannya!

1. Automatic Night Mode

Sumber foto: iMore

Pada HP Galaxy S10, Pixel 3 XL, hingga One Plus, kamu diharuskan untuk melakukan swipe ke samping untuk menggunakan fitur Night Mode.

Pada iPhone 11, kamu tidak perlu melakukan hal tersebut. Fitur ini akan tersedia secara otomatis ketika cahaya yang tersedia dirasa tidak cukup.

Kamu cukup menekan tombol ikon berbentuk setengah bulan yang terletak di sudut kanan atas (dekat lampu kilat) untuk menggunakan fitur ini.

Jika kamu mengambil gambar di tempat yang benar-benar terlalu gelap, maka secara otomatis mode ini akan beralih ke flash.

Tentu fitur ini sangat bagus karena kita bisa tahu kapan waktu yang tepat untuk menggunakan fitur ini.

2. Indikator Hitung Mundur Lebih User-Friendly

Secara umum, Night Mode bekerja dengan meningkatkan eksposur dan mengurangi waktu shutter. Hal ini mengakibatkan waktu proses foto menjadi sedikit lebih lama.

Pixel akan menampilkan indikator hitung mundur di tengah layar agar kita menahan posisi HP hingga watunya selesai.

Di sisi lain, Galaxy S10 dan OnePlus 6T tidak memiliki indikasi berapa lama harus menjaga HP yang kita pegang. Bagaimana dengan iPhone 11?

Sama seperti Pixel, iPhone memberikan indikator hitung mundur, namun terletak di bagian bawah layar sehingga tidak menghalangi apa yang sedang kita tangkap.

3. Waktu Proses Gambar Lebih Cepat

Sumber foto: Pocket-lint

Tidak hanya itu, proses yang dilakukan oleh iPhone juga lebih cepat dibandingkan dengan para kompetitornya.

Smartphone ini akan menampilkan angka 1 hingga 3 yang menunjukkan berapa lama kamu harus memegangnya.

Kamu juga bisa secara manual melakukan penyesuaian hingga 28 detik untuk mendapatkan gambar yang lebih sempurna.

Mode manual ini bisa kamu gunakan untuk mengambil gambar dengan exposure yang panjang atau kalau kamu ingin mengambil panorama langit yang luas.

Perlu kamu ingat, semakin kurang cahaya, semakin banyak waktu yang digunakan untuk menghasilkan sebuah foto.

4. Mampu Memahami Apa yang Dipotret

Kamera iPhone 11 dilengkapi dengan AI yang mampu memahami apa yang sedang kita potret. Kamera juga mampu membedakan bagian-bagian berbeda pada gambar, terutama orang.

Dengan itu, foto yang dihasilkan menjadi tampak lebih alami. Warna yang diambil juga begitu tajam dan cerah, seolah-olah memang sedang diambil dalam keadaan cukup cahaya.

Sistem yang dimiliki oleh Apple akan menggabungkan beberapa gambar untuk menghasilkan foto terbaik. Dengan begitu, foto blur pun mampu diminimalisir dengan memaksimalkan jumlah detail.

Satu-satunya smartphone yang menjadi pesaing serius dalam aspek ini adalah Google Pixel 3, yang juga mampu menampilkan detail gambar secara luar biasa.

Mungkinkah Google akan melakukan serangan balik menggunakan Pixel 4? Menarik untuk ditunggu.

5. Live Preview

Sumber foto: Pocket-lint

Sama seperti Portrait Mode yang telah ada pada iPhone generasi sebelumnya, pada Night mode kamu juga akan mendapakatkan live preview sebelum mengambil gambar.

Dengan ini, kamu bisa menentukan ingin mengambil gambar yang seperti apa. Kamera akan menghasilkan gambar persis seperti yang kamu lihat di preview-nya.

Sayangnya, Night Mode ini tidak akan berfungsi pada lensa ultra-wide karena belum dilengkapi dengan Pixel Fokus, teknik penyesuaian fokus otomatis yang dimiliki oleh Apple.

Akhir Kata

Night Mode pada iPhone 11 ini benar-benar unik, intuitif, dan mungkin memberikan inovasi yang lebih baik jika dibandingkan dengan smartphone lain.

Banyak yang berpendapat Night Mode yang dimiliki oleh iPhone 11 membuat fitur serupa pada HP Android terlihat amatir.

Jaka tidak sepenuhnya setuju pada pendapat tersebut karena Night Mode yang dimiliki oleh HP Android juga tidak terlalu buruk, walau Jaka akui Night Mode dari iPhone 11 adalah yang terbaik saat ini.

Kalau menurutmu mana yang lebih bagus? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca juga artikel seputar iPhone atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah.

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot