UC News

5 Cara Berpikir Gila Ala Bob Sadino Untuk Yang Ingin Sukses

Sahabat UCers kita semua tentu kenal dengan Almarhum Bob Sadino, seorang pengusaha sukses yang tajir, rendah hati dan berpenampilan nyentrik. Bob Sadino memulai karir bisnisnya dengan menjadi seorang penjual telur ayam (Beliau adalah orang pertama yang memperkenalkan ayam negeri dan telurnya di pasar Indonesia), pada masa awal usahanya beliau merasa kesulitan karena masyarakat Indonesia belum akrab dengan jenis telur yang dijualnya sehingga Bob Sadino berani menjualnya dengan cara menyambangi rumah pelanggan "Dor to dor". Kemudian Apa sih kiat sukses Bob Sadino? Sahabat UCers berikut ini tips sukses ala Bob Sadino yang saya kumpulkan dari beberapa sumber.

5 Cara Berpikir Gila Ala Bob Sadino Untuk Yang Ingin Sukses
Referensi pihak ketiga

1. jangan Banyak Berpikir Tapi Kerjakan Saja

Bob Sadino sering mengajarkan kepada semua orang, untuk jangan terlalu banyak mikir dalam memulai sebuah usaha, cukup kerjakan saja. Banyak mempertimbangkan hal justru akan menghambat usaha kita. Dikutip dari Bangka.com Bob Sadino mengatakan "Membuat rencana yang matang justru bisa menjadi bencana" karena menurut Bob Sadino "Rencana yang matang hanya bisa dilakukan oleh mereka yang belajar ilmu manajemen. Urusan gagal atau tidak itu belakangan, "Just do it" Lakukan saja.

2. Cari Kegagalan dan Kerugian

Bagi Bob Sadino, kegagalan dan kerugian adalah tabungan untuk mencapai kesuksesan, jadi jangan pernah takut untuk rugi dan gagal. Dalam bukunya "Belajar Goblog Dari Bob Sadino" Beliau mengatakan bahwa kebanyakan pengusaha berpikir linier, dimana untuk mencapai kesuksesan harus untung dan berhasil padahal itu salah, justru pikiran seperti itu yang membuat kita tidak berkembang.

Referensi pihak ketiga

Menurut Bob, kesuksesan dalam bisnis adalah puncak dari sekian banyak kegagalan yang kita lewati.

3. Jangan Terlalu Banyak Menganalisis

Dalam dunia usaha, pasar selalu berubah, sulit diterka apa lagi dipetakan, selaras dengan istilah "Kerjakan saja" maka terlalu banyak analisis justru menghambat usaha kita, Bob Sadino berpendapat bahwa dalam dunia usaha kita hanya perlu "mengalir saja" justru dengan pikiran seperti itu beliau sukses dengan usaha telurnya.

Referensi pihak ketiga

4. Orang Bodoh Jadi Bos

Istilah jni sangat populer dari Bob Sadino, orang bodoh tidak diterima kerja di perusahaan karena kebodohannya, kemudian mereka membangun usaha hingga sukses dan mempekerjakan orang pintar untuk menjalankan usahanya. Cara berpikir seperti ini yang membuat Bob Sadino sukses seperti saat ini, dia tidak minder tapi tidak jumawa, keterbatasan pendidikan bukan masalah, karena justru kekurangan kita yang membuka jalan kesuksesan.

Bob Sadino juga pernah mengatakan "Setinggi apapun jabatanmu, kamu adalah anak buah, tapi sekecil apapun usahamu, kamu adalah Bosnya".

Referensi pihak ketiga

Pikiran seperti itu yang akhirnya membawa almarhum Bob Sadino untuk kembali dari perantauannya ke Indonesia dan menjadi wiraswasta sukses yang kaya raya.

5. Peka Melihat Peluang Di jalan

Bob Sadino adalah pengusaha yang merakyat, baginya hidup di jalan adalah realita sebenarnya, ilmu yang didapat juga adalah ilmu yang kongkrit, berbeda dengan pengusaha lulusan perguruan tinggi yang tidak mau turun kejalan (tidak semua) ilmu yang didapat terlalu banyak teori sehingga ketika terjun di lapangan tidak aplikatif.

Jalanan mengandung banyak inspirasi usaha, peluang, dan pelajaran yang sangat berlimpah di sana sehingga wajar saja almarhum Bob Sadino mengatakan seperti itu, beliau memang sudah berpulang di sisiNya namun ilmunya senantiasa diwariskan kepada kita.


Sumber: bangkapos.com


READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot