UC News

5 Fakta Tentang Miom Pada Rahim yang Harus Anda Waspadai

Apa itu Miom atau Mioma? Dilansir dari sciencedirect.com, Miom atau Mioma adalah tumor fibroid jinak yang ada pada reproduksi wanita. Untuk mengetahui apakah seorang wanita memiliki Miom atau tidak, maka harus diperiksakan ke dokter kandungan dengan menggunakan USG.

Inilah lima fakta tentang Miom yang sering terjadi pada sistem reproduksi wanita.

  1. Kebanyakan kasus Miom atau Mioma adalah jinak
5 Fakta Tentang Miom Pada Rahim yang Harus Anda Waspadai
everydaywellness.org

Dilansir dari medicinenet.com, kebanyakan kasus Mioma adalah tumor atau fibroid yang jinak, dan sangat berbeda dengan kasus kanker. Namun meski begitu, Mioma juga membahayakan karena dapat menyebabkan pendarahan pada saat datang bulan.

2. Penderita Mioma bisa saja tidak mengalami gejala apapun

familydoctor.org

Penderita Mioma bisa saja tidak merasakan gejala apapun. Seperti dilansir mayoclinic.org, banyak wanita yang tidak menyadari bahwa dirinya menderita Mioma karena memang tidak merasakan gejala apapun.

3. Gejala lainnya bisa timbul sangat intens

fibroids.com

Meskipun ada yang tidak merasakan gejala sama sekali, namun Mioma sebetulnya dapat menampakkan gejala-gejala intens yang spesifik. Jika memiliki atau merasakan gejala-gejala ini sebaiknya segera periksakan ke dokter spesialis.

Masih dalam laman mayoclinic.org, gejala-gejala Mioma diantaranya adalah pendarahan menstruasi, haid yang lebih dari seminggu, sering buang air kecil, nyeri panggul, dan merasakan sakit atau nyeri berlebihan saat datang bulan.

4. Penyebab Miom

verywellfamily.com

Dilansir dari healthline.com, beberapa penyebab Mioma adalah karena faktor ketidak seimbangan hormon, faktor genetis/keturunan, dan beberapa kasus pada kehamilan yang meningkatkan kadar estrogen dapat memunculkan Miom pada rahim.

5. Cara mengatasi dan mengobati

dudleysmiles.com

Dilansir dari flo.health, Mioma sebetulnya dapat mengecil dengan sendirinya jika wanita sudah masuk pada masa menopause. Namun beberapa tindakan medis yang biasanya diambil adalah Miomektomi (bedah pengangkatan Miom), Histerektomi (angkat rahim), Laparaskopi (bedah kecil), dan mungkin terapi hormonal.

Itulah lima fakta tentang Miom atau Mioma yang sering terjadi pada wanita. Sebaiknya konsultasikan ke dokter jika terdapat tanda atau gejala, jangan menunda sampai parah.

Sumber:

Https://flo.health/menstrual-cycle/health/symptoms-and-diseases/myoma-causes-symptoms-treatment

Https://www.healthline.com/health/uterine-fibroids

Https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/uterine-fibroids/symptoms-causes/syc-20354288

https://www.medicinenet.com/uterine_fibroids/article.htm

Topic: #rahim
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot