UC News

5 Game yang Menampilkan Easter Egg GTA

5 Game yang Menampilkan Easter Egg GTA

Kalau ngaku gamer, kalian enggak mungkin enggak tahu Rockstar Games. Perusahaan game ini telah menghasilkan berbagai waralaba populer, salah satunya adalah Grand Theft Auto (GTA). Grand Theft Auto bisa dibilang sebagai waralaba Rockstar Games yang paling populer. Keseluruhan seri ini bahkan telah terjual sebanyak lebih dari 250 juta unit.

Kesuksesan GTA tentunya ikut menarik perhatian perusahaan game lainnya. Enggak mengherankan jika perusahaan lain ingin memberikan penghormatan kepada GTA dalam bentuk easter egg ke dalam game besutan mereka. Bahkan, Rockstar Games pun juga enggak luput memasukkan berbagai easter egg GTA ke dalam waralaba lainnya.

Nah, game apa saja, sih, yang menampilkan berbagai easter egg GTA di dalamnya? Yuk, simak daftarnya!

1. Spider-Man

GTA IV mengambil latar tempat di Liberty City, sebuah kota fiksi yang didasarkan pada New York City. Di sisi lain, Spider-Man juga mengambil latar tempat di New York City. Di game besutan Insomniac Games tersebut, Spider-Man diceritakan selalu berpatroli mengelilingi berbagai tempat di New York untuk menggagalkan rencana kriminal.

Pada suatu misi, Spider-Man diperlihatkan sedang menguping pembicaraan dua orang yang merencanakan sebuah kejahatan. Yang mengejutkan, salah satu orang tersebut bernama Niko. Buat yang pernah main GTA IV, kalian pasti tahu jika antagonis di game ini bernama Niko Bellic. Lalu, mengapa banyak gamer begitu yakin jika Niko yang ada di Spider-Man sama dengan Niko di GTA V?

Pada percakapan antara Niko dengan Deshaun, Niko menyebut nama Roman yang akan membantu mereka dalam melaksanakan rencana mereka. Di GTA IV, kalian juga bisa menemukan karakter bernama Roman yang merupakan sepupunya Niko. Alih-alih sebagai sepupu, Roman malah menjadi keponakan Niko di Spider-Man.

2. The Division

GTA IV yang dirilis pada 2008 telah meninggalkan kesan yang mendalam di industri game. Sebelum Insomniac Games, Massive Entertainment dan Ubisoft terlebih dahulu memasukkan easter egg GTA IV pada salah satu game mereka, yaitu The Division. Nah, easter egg satu ini bakal berhubungan dengan boling, loh.

Di salah satu lokasi yang ada di The Division, kalian bisa menemukan sebuah bola boling yang bertuliskan “Cousin” di atasnya. Di GTA IV, Roman diceritakan selalu ingin bermain boling bersama sepupunya, Niko. Itulah sebabnya, Massive Entertainment membuat sebuah easter egg dalam bentuk sebuah bola boling yang bertuliskan “Cousin”. Apalagi, The Division juga berlatar tempat di New York City.

3. Mass Effect 2

Via Istimewa

Walau menghasilkan kesuksesan yang besar, GTA memang enggak pernah lepas dari kontroversi. Waralaba ini sering mendapatkan kecaman karena unsur kekerasan di dalamnya. Seakan ingin “memanaskan suasana”, pengembang Mass Effect 2, yaitu BioWare, membuat sebuah easter egg yang berhubungan dengan kontroversi GTA.

Kalau kalian berkunjung ke Game Shop yang terletak di Citadel, kalian akan bertemu dengan Game Salesman. Jika kalian mengajak ngobrol Game Salesman tersebut berulang kali, ada satu kutipannya yang cukup menarik. Jika diartikan, Game Salesman ini berkata, “Saya enggak mendapatkan keluhan seputar game Grim Terminus Alliance. Jadi bagaimana jika kalian bisa menangkap dan memukul para budak? Itu hanyalah sebuah game.”

Game Salesman memang enggak menyebutkan secara gamblang nama Grand Theft Auto. Namun, kalau Grim Terminus Alliance disingkat, kalian akan menemukan GTA.

4. Burnout Paradise Remastered

Via Istimewa

Pada tahun lalu, Criterion Games dan Electronic Arts merilis versi remaster dari salah satu game andalannya, Burnout Paradise. Bisa main Burnout Paradise di platform game generasi terbaru bukan satu-satunya hal keren yang bisa kalian temukan di game ini. Di Burnout Paradise Remastered, kalian juga menemukan sebuah easter egg yang berhubungan dengan GTA.

Di game ini, kalian bisa menemukan sebuah papan reklame yang bertuliskan “Brucies Used Autos”. Kalau kalian perhatikan dengan saksama, tulisan “Used Autos” menggunakan font yang mirip dengan font GTA. Enggak hanya itu saja. Kata “Brucies” yang ada di papan tersebut merujuk pada Brucie Kibbutz, salah satu karakter di GTA IV.

5. Red Dead Redemption 2

Via Istimewa

Sebagai pengembang GTA, Rockstar Games juga enggak mau ketinggalan untuk memasukkan easter egg seputar game tersebut di game besutannya yang lain. Pada Oktober lalu, Rockstar Games akhirnya merilis sekuel yang paling dinanti-nantikan, yaitu Red Dead Redemption 2. Enggak perlu diragukan lagi, kalian bakal menemukan banyak easter egg seputar GTA di game ini.

Salah satu easter egg GTA yang bisa kalian temukan di Red Dead Redemption 2 adalah ketika geng Van der Linde terdampar di Guarma. Saat terdampar, mereka langsung berhadapan dengan kaki tangan gembong kriminal yang ada di pulau tersebut. Ketika ditanya namanya, Dutch malah menyebut dirinya sebagai Aiden O’Malley. Buat kalian yang belum tahu, Aiden merupakan karakter yang muncul di misi Tunnel of Death di GTA IV.

Itulah berbagai game yang menampilkan easter egg GTA di dalamnya. Apakah lo menyadari kelima easter egg tersebut ketika memainkan game-game di atas?

Topic:
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot