UC News

5 Hal Pembatal Puasa yang Salah Kaprah di Masyarakat. Jangan-Jangan Kamu Melakukan Juga

5 Hal Pembatal Puasa yang Salah Kaprah di Masyarakat. Jangan-Jangan Kamu Melakukan Juga
Referensi pihak ketiga

Puasa sudah pasti kita melakukan setiap tahun utamanya bagi umat muslim. Meski demikian nyatanya masih banyak mitos di masyarakat yang pantas diperbaiki utamanya masalah hal-hal pembatal puasa. Ada 5 hal yang sering terdengar ditelinga sejak padahal itu tidak benar dilansir dari laman konsultasisyariah. com(20 /07). Diantara kelimanya tersebut adalah

1. Menangis

Memang ada yang Ustadz yang menjelaskan jika menangis itu bisa membatalkan puasa tapi bukan tangisannya melainkan air mata yang masuk mulut sehingga tertelan berdasarkan ceramah Ustadz M. Ali Zainal Abidin di laman suara. Com (20 /04 /2020). Namun jika "air mata keluar saat memotong bawang atau disebabkan aroma bawang, tidak membatalkan puasa" (fatawa Syabakah Islamiyah, no 106644)

2. Berkumur

Referensi pihak ketiga

Berkumur-kumur tidak membatalkan puasa selama airnya tidak tertelan selama secara sengaja maka puasanya tidak batal. Ibnu Qudamah menegaskan, ulama sepakat "berkumur tidak membatalkan puasa tanpa ada perselisihan, baik ketika wudhu maupun di luar wudhu" (Al-Mughni, 3/123)

3. Menelan Ludah

Dari Ibnu Qudamah menjelaskan jika sesuatu yang tidak mungkin dihindari adalah menelan ludah, tidak membatalkan puasa. Karena menghindari hal semacam ini sangat memberatkan. Kasusnya sebagaimana debu Dijalanan atau tebaran tepung.

4. Membersihkan Lubang Telinga

Tidak ada penjelasan ulama yang mengatakan jika membersihkan lubang telinga dengan suatu benda membatalkan puasa.

5. Keluar Darah

Ustadz Ammi Nur Bait menjelaskan bila mengeluarkan darah dengan sengaja, sekalipun dalam jumlah banyak tidak membatalkan puasa, kecuali jika dikhawatirkan menyebabkan badan lemas, hukumnya terlarang sebagaimana keterangan Anas bin Malik Radhiyallahu'anhu.

Referensi pihak ketiga

Inilah 5 kesalahan yang terjadi dimasyarakat padahal tidak membatalkan puasa. Semoga ilmu ini bermanfaat agar puasanya sempurna.

Sumber:suara. Com dan konsultasisyariah .com/ yang-bukan-pembatal-puasa-bagian-03.html

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot