UC News

5 Jenis Tsunami Yang Ada Di Bumi

5 Jenis Tsunami Yang Ada Di Bumi
Pemilik hak cipta: Media Masa

Cnnindonesia.com (12/03/2020) - Tsunami adalah gelombang air besar yang diakibatkan oleh gangguan di dasar laut, seperti gempa bumi, penyebab lainnya adalah longsor, letusan gunung, dan jatuhnya benda besar seperti meteor ke dalam air.

Berikut 5 jenis tsunami yang ada di bumi.

1. Mikrotsunami

republika.co.id

Jenis Tsunami ini tak bisa dideteksi oleh mata dan relatif berbahaya. Jenis ini memiliki amplitudo yang kecil sehingga sulit dideteksi lebih awal dan harus menggunakan alat tertentu.

Baca juga : 5 Potret Happy Asmara Natural Banget

2. Tsunami Lokal

republika.co.id

Jenis ini memiliki dampak menghancurkan terbatas pada radius 100 km dari sumber gempa. Pada umumnya, Tsunami lokal timbul karena gempa bumi, tanah longsor, dan aliran lahar vulkanik.

Baca juga : 5 Manusia Purba Yang Di Temukan DI Indonesia

3. Tsunami Regional

republika.co.id

Tsunami jenis ini lebih besar 10 kali lipat dari Tsunami lokal dan dampaknya mencapai mencapai 1.000 km dari sumbernya. Tsunami ini memiliki waktu perjalanan 1-3 jam dari titik sumbernya.

Baca juga : 5 Negara Dengan Muslim Terbanyak Di Indoensia

4. Tsunami Jauh

republika.co.id

Bermula sebagai Tsunami lokal, teletsunami atau Tsunami jauh merupakan gabungan gelombang lokal yang melintasi samudera dengan energi besar. Dampak kehancuran dapat mencapai radius lebih dari 1.000 km, salah satunya terjadi di Aceh pada 2004 lalu.

5. Tsunami Atmosfer

republika.co.id

Bukan hanya berdampak di daratan, Tsunami juga menimbulkan tekanan atmosfer melaju cepat di atas laut dangkal. Kecepatan ini hampir sama dengan kecepatan gelombang sehingga keduanya berkemungkinan beriringan.

Peneliti Geofisika Kelautan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Nugroho Dwi Hananto sebelumnya menjelaskan Tsunami sangat memengaruhi kondisi pesisir dan bawah laut karena gelombangnya bersifat menghantam.

Itu tadi jenis tsunami yang ada di bumi, semoga artikel ini bisa menjadi pembelajaran dan ilmu yang bermanfat untuk kita semua.

Sumber : cnnindonesia.com


READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot