UC News

5 Keunggulan MPV ini, Targetkan Bunuh Avanza

100KPJ – Pasar mobil berjenis Low Multi Purpose Vehicle (MPV) bukan hanya digandrumi masyarakat Indonesia, begitu juga di India. Oleh sebab itu, Mahindra sebagai salah satu pabrikan otomotif terbesar di Negeri Bollywood tersebut meluncurkan Marazzo.

5 Keunggulan MPV ini, Targetkan Bunuh Avanza
Referensi pihak ketiga

Meski bentuknya lebih mewah, namun jika masuk pasar Indonesia Marazzo akan berhadapan dengan Toyota Avanza. Namun apakah Marazzo akan masuk Tanah Air atau tidak? Sampai saat ini RMA Group sebagai distributor Mahindra masih menutup diri.

Nah sebelum masuk pasar Tanah Air, tidak ada salahnya untuk mengetahui 5 fakta kelebihan Mahindra Marazzo yang lebih unggul dari pada Avanza.

1. Mesin

Referensi pihak ketiga

Dari sektor dapur pacu, MPV buatan India tersebut dibekali mesin diesel empat silinder berkapasitas 1.500cc yang dapat memuntahkan tenaga maksimal hingga 121 daya kuda dan torsi 300 Newton meter di putaran 1.750-2.500 rpm.

Tenaga besarnya itu disalurkan melalui transmisi manual 6 percepatan ke roda depan. Sementar Avanza ditawarkan dengan mesin bensin empat silinder DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.500cc, dengan tenaga maksimal 102,5 dk di 6.000 rpm.

Artinya butuh putaran mesin yang cukup tinggi untuk mencapai tenaga puncaknya, sedangkan torsinya hanya 136,3 Nm di 4.200 rpm. Tenaga tersebut dialirkan melalui transmisi manual 5 percepatan ke roda belakang.

2. Dimensi

Referensi pihak ketiga

Mahindra Marazzo memiliki ukuran yang cukup gambot, dimensi panjangnya mencapai 4.585 mili meter dengan lebar 1.866 mm dan tinggi 1.774 mm. Sementara Avanza panjangnya hanya 4.190 mm, lebar 1.660 mm, dan tinggi 1.695 mm.

Artinya dengan perbandingan dimensi tersebut, Marazzo memiliki ruang kabin yang lebih luas serta kapasitas bagasi belakang lebih besar. Untuk daya tamping bahan bakar, kedua mobil keluarga tersebu memiliki kapasitas tangki 45 liter.

Untuk velg Marazzo tipe MS, M4 dan M6 memiliki lingkar roda sebesar 16 inci dibalut ban berukuran 215/65 depan belakang. Namun untuk tipe M8 dibekali ukuran velg lebih besar, yakni 17 inci dengan profile ban 215/60 depan belakang.

Sedangkan Avanza varian 1.3 ukuran velgnya hanya 14 inci dengan balutan ban 185/70, dan untuk tipe 1.5 termasuuk Veloz ukuran velgnya 15 inci dengan ban 185/65 depan belakang. Maka secara jarak pijak terendah Avanza hanya 200 mili meter. 

3. Fitur

Referensi pihak ketiga

Untuk sistem hiburan, Marazzo tipe M6 dan M8 sudah dibekali head unit layara sentuh berukuran 7 inci yang dapat terkoneksi Android Auto dan Apple CarPlay. Selain itu didukung iPOD connectivity, penunjuk arah atau GPS, handsfree call, USB, dengan 4 speaker dan 2 tweeters.

Sementara Avanza tipe G 1.5 juga memiliki sistem hiburan yang tak kalah canggih, head unitnya juga sudah didukung T-link mirroring yang dapat terhubung ke smartphone, emergency call, DVD, iPod atau iPone connec, Bluetooth dan USB, dengan 6 speaker.

Sementra untuk fitur-fitur menarik pada MPV buatan India tersebut, yakni dapat mengingatkan waktu service, mengingatkan pengemudi untuk beristirahat jika berkendara selama 2 jam setengah. Ada juga personal reminder untuk pengingat ulang tahun si pemiliknya.

Untuk sistem pengereman, MPV buatan Mahindra itu sudah didukung disk brake depan belakang untuk semua varian lengkap dengan ABS (Anti-Lock Braking System). Sedangkan sitem pengereman Avanza depan disk brake, belakang masih model tromol.

Fitur lain yang hanya dimiliki Marazzo antara lain, berkat penanaman radar dan sensor pada sekeliling tubuhnya maka akan terdeteksi jika ada objek yang mendekat. Selain itu, jika pengendara lengah lalu ada kendaraan atau orang melintas di depannya mobil akan melaukan pengereman otomatis.

4. Harga

Referensi pihak ketiga

MPV asal Negeri Bollywood tersebut ditawarkan dengan konfigurasi 7 penumpang dan 8 penumpang dengan harga yang berbeda-beda. Namun untuk tipe M2 yang jadi varian terendah, versi 7-seater dan 8-seater dibanderol 9,99,900 Rupee atau setara Rp191,9 juta.

Sedangkan M4 7-seater harganya Rp222 juta, dan vesi 8-seaternya Rp223,5 juta. Berbeda dengan M6 7-seater banderolnya setara Rp251,2 juta, untuk 8-seater dilego Rp252,7 juta. Kemudian M8 7-seater Rp281,8 juta, dan vers 8-seaternya setara Rp283,4 juta.

Namun secara harga Avanza lebih mahal, terutama untuk tipe terendahnya yang dibanderol Rp197,1 juta. Sementara tipe tertinggi dilego Rp227,3 juta yang ditawarkan dalam lima varian. Berbeda dengan Veloz yang harganya mulai dari Rp221,7 juta sampai Rp245,5 juta.

5. Desain

Referensi pihak ketiga

Soal desain sebenarnya balik lagi kepada selera masing-masing, karena subjektif. Jika diperhatikan memang bentuk MPV buatan Mahindra tersebut tampil lebih elegan dan mewah, dengan penerangan utama yang sudah projektor LED dan grill krom.

Spion juga sudah dilengkapi lampu sein dengan fitur retractable, atau dapat terlipat otomatis. Pada sektor belakang juga terlihat seksi, lampu rem yang memanjang hingga kaca dikombinaskan dengan reflektor seakan-akan seperti buritan mobil premium.

Sumber : 100KPJ.com

Artikel ini sebeluknya telah tayang dengan judul "Komparasi, 5 Kelebihan MPV Terbaru Calon Pembunuh Avanza"

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot