UC News

5 Keunikan santri yang harus kamu ketahui-bagian ke 2

Zhemary- Selamat datang kembali! Bagaimana kabarnya? Semoga sehat-sehat selalu ya. Semoga yang belum punya kerjaan, segera mendapatkan pekerjaan, rejekinya berkah, dan yang masih jomblo semoga segera dipertemukan dengan jodohnya.

Kali ini kita akan membahas 5 keunikan santri bagian kedua, tapi sebelum membaca, jangan lupa langganan dulu ya! Klik tombol Follow di atas ya! gratis kok, biar temen-temen tidak ketinggalan artikel terbaru kami. Lanjut ke pembahasan keunikan santri bagian kedua:

  1. Ta'zir
5 Keunikan santri yang harus kamu ketahui-bagian ke 2
sumber: yukepo.com

Ta'zir ini istilah hukuman bagi santri yang melanggar aturan pesantren. Ta'zir di setiap pesantren berbeda-beda, ada yang direndam, baca yasin, bahkan ada yang sampai dijemur dan gundul. Hayoo! Siapa yang pernah direndam dan digundul Ustaznya?

2. Setoran

sumber: kabarcirebon.co.id

Di setiap pesantren memiliki target hapalan, sehingga mewajibkan semua santri untuk setoran kepada Ustaz pembimbing atau wali kelas. sehingga kegiatan setoran ini terkadang menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar santri, karena mereka dituntut harus bisa menghapal ribuan bait, ayat dan juga hadist yang jumlahnya sangat banyak. Tapi jangan salah, Ada juga santri yang sangat menikmati setoran, bukan karena mereka tidak kesulitan dalam menghapal! Tapi karena mereka percaya, di setiap hapalan yang mereka hapalkan, ada keberkahan di dalamnya. Yang sudah hapal alfiyyah komen ya! Pasti istrinya cantik!

3. Bandongan atau Sorogan

sumber: datdut.com

Meski berbeda metode. Kedua kegiatan santri ini, digunakan Pesantren untuk memahami kitab salaf, dimana mereka diharuskan belajar membaca dan memahami isi kitab salaf atau biasa disebut kitab gundul. Tapi selalu ada yang istimewa di setiap mengaji bandongan, baik karena isi bab di dalam kitab yang dibahas, atau saat melihat santri tertidur disela-sela mengaji, karena ngaji bandongan ini biasa dimulai malam hari. Hayo yang sering tidur saat ngaji, wajib share artikel ini?

4. Sowan

sumber: badriologi.com

Sowan adalah istilah yang digunakan kaum santri untuk silaturahmi ke ndalem atau rumah Kyai, baik karena ada keperluan atau izin untuk keluar pondok. Karena di Pesantren, ketika santri baru daftar, maka ia wajib sowan, agar Kyai tahu dan kenal dengan santri serta walinya, begitupula ketika ia akan pergi dari Pesantren, sowan adalah kewajiban.

5. Boyong

sumber: santriyai.com

Boyong adalah istilah untuk santri yang sudah memutuskan untuk pulang ke rumah, sudah tidak tinggal di Pesantren. Tentu saja, santri yang boyong wajib sowan kepada Kyai, kenapa? Agar mendapatkan ridhonya guru, karena ridhonya guru bisa mendatangkan manfaat dan barokah ilmu yang selama ini dipelajari di Pesantren.

Yang masih di Pesantren, jangan lupa ngaji yang rajin! Tidak usah mikir jodoh, apalagi pacaran. Yang sudah boyong, semoga ilmunya manfaat dan barokah! Aamiin (-Zhey)


https://www.dream.co.id/unik/11-fakta-unik-seputar-kehidupan-santri-151023c.html


Topic:
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot