UC News

5 Resiko tidak mempunyai NPWP

Ini 5 Kerugian tidak mempunyai NPWP

5 Resiko tidak mempunyai NPWP
Sumber gambar : Kartu NPWP Klikpajak.com

Kita sebagai warga negara Indonesia mungkin sudah pernah mendengar tentang NPWP. Tapi banyak yang masih belum paham tentang NPWP, NPWP adalah nomor yang diberikan dari ditjen pajak kepada wajib pajak sebagai identitas diri jika mau mengurus perpajakan.

Seperti yang dilansir di laman moneysmart.id (12/06/2019) warga negara indonesia wajib punya NPWP baik itu perorangan maupun badan usaha. Jika tidak memiliki NPWP kita akan kesulitan dalam memenuhi perayaratan administrasi seperti pengajuan kredit, pembuatan paspor, dan sebagainya.

Kurang nya pemahaman tentang NPWP banyak orang beranggapan jika mempunyai NPWP pendapatan kita akan banyak di pangkas untuk pajak. Dan mereka gak rela jika uang hasil jerih payah mereka di potong untuk membayar pajak. Padahal dengan gak punya NPWP justru kita harus membayar pajak lebih tinggi dibanding mereka yang memilikinya. Bahkan kita bisa di pidana penjara paling singkat 6 bulan dan paling lama 6 tahun karena dinilai tidak taat pajak. Hal itu sesuai dengan Undang-Undang No.6 Tahun 1983 Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan, dengan perubahan terbaru pada Undang-Undang No.28 Tahun 2007.

Berikut lima Kerugian jika kita tidak mempunyai NPWP

1. Sulit mengajukan kredit ke Bank

Sumber gambar : loan rejected Klik pajak.com

Risiko utama tidak mempunyai NPWP adalah sulit mengajukan kredit ke bank. Pasalnya, NPWP merupakan syarat penting dalam mengurus semua keperluan perbankan. Daftar rekening perorangan, yayasan, perusahaan harus ada NPWP, pihak Bank tidak akan menyetujui pinjaman jika tidak ada NPWP.

  • Berikut ajuan kredit yang memerlukan NPWP
  • Kredit Kendaraan Bermotor (KKB)
  • Kredit Tanpa Agunan (KTA)
  • Kredit Multi Guna
  • Kartu Kredit
  • Rekening Tabungan dan Deposito
  • Investasi Saham

2. Terkena potongan pajak penghasilan yang tinggi

Sumber gambar : Pajak tinggi klikpajak.id

Bagi kita pekerja yang terikat atau tidak terikat kita tetap diwajibkan bayar pajak. Besaran bayar pajak untuk pekerja yang punya NPWP sesuai pph pasal 21 hanya 5 persen dari penghasilan kena pajak kita tiap bulannya. Namun bagi pekerja yang tidak mempunyai NPWP dikenakan pajak lebih tinggi yaitu 20 persen dari penghasilan.

3. Potongan pajak tinggi saat terkena PHK

Sumber gambar : Potongan pajak PHK klikpajak.id

Tahun 2019 banyak perusahaan yang memberhentikan karyawan nya. setiap perusahaan yang memberhentikan karyawannya wajib memberikan pesangon kepada karyawan yang di PHK. bagi karyawan yang tidak punya NPWP akan dikenakan pajak atau potongan sebesar 20 persen. Tapi jika kita mempunyai NPWP kita di kenakan pajak di bawah itu.

4. Pajak tinggi saat belanja barang di luar negeri

Sumber gambar : pajak belanja online shuterstock.com

Bagi yang suka berlibur keluar negeri dan berbelanja barang barang merk luar baik langsung atau pun online alangkah baiknya mempunyai NPWP. Karena jika kita tidak mempunyai NPWP kita hanya dikenakan pajak 7,5 persen dan jika kita tidak memiliki NPWP kita akan dikenakan pajak sebesar 15 persen

5. Dipersulit dalam pengurusan visa atau pasport

Sumber gambar: visa rejected onederland.com.au

NPWP juga menjadi salah satu syarat administrasi untuk pengajuan paspor atau visa. Jadi jika kita mau bepergian keluar negeri namun kita tidak mempunyai NPWP kita otomatis pengajuan visa atau pasport di tolak.


Topic: #npwp
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot