UC News

5 Tips Turunkan Kolesterol Jahat Dalam Darah, Nomor 2 dan 5 Paling Ampuh

5 Tips Turunkan Kolesterol Jahat Dalam Darah, Nomor 2 dan 5 Paling Ampuh
Kolesterol tinggi menjadi penyakit yang tak memandang usia (Foto : health.rakyatku.com)

Kolesterol tinggi menjadi penyakit yang tak memandang usia. Kolesterol yang dulu diderita orang bertubuh gemuk, kini juga banyak diderita oleh orang dengan tubuh kurus.

LDL (Low Density Lipoprotein) dalam darah disebut jahat karena jenis kolesterol ini bisa mengakibatkan penyumbatan. LDL dipercaya sebagai penyebab penyakit jantung dan stroke.

LDL dalam darah, mengutip Layanan Kesehatan nasional, UK, orang dewasa muda yang mengalami peningkatan kolesterol pada usia 18 hingga 39 tahun, mempunya risiko yang lebih tinggi terkena serangan jantung dan stroke. Upaya untuk menurunkan kadar kolesterol perlu dilakukan setiap hari.

Melansir Medical Daily UK, berikut 5 tips sederhana untuk menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam darah :

1. Nikmati bumbu dan rempah-rempah. Beberapa jenis rempah-rempah untuk masakan berkhasiat menurunkan kadar kolesterol jahat antara lain kayu manis, jahe, kunyit, serta kapulaga. Untuk olahan daging panggang atau sayur, berikan lebih banyak potongan bawang putih untuk meningkatkan kesehatan jantung dengan cara menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

Nasi putih mengandung gula dengan kadar tinggi (Foto : indonesian.alibaba.com

2. Kurangi asupan gula. Mengurangi asupan gula dipertimbangkan sebagai tips paling sederhana untuk menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Asupan gula tidak perlu mengurangi gula pasir, karena gula juga ada dalam nasi putih dan roti putih dan minuman kemasan dengan rasa manis. Nikmati kesegaran teh tawar dingin atau air lemon yang diberi es batu.

3. Aktif bergerak. Penelitian selama 14 minggu menyebutkan, aktivitas fisik seperti aerobik, kardio, dan angkat beban signifikan bisa menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam darah. Untuk mendapat hasil optimal, kamu dapat melakukan kardio minimal selama 150 menit dalam per hari.

4. Pilih lemak baik. Kolesterol baik HDL bisa membantu menurunkan kolesterol jahat LDL. Makanan yang dapat menjadi sumber HDL yaitu ikan salmon, makarel, alpukat, biji-bijian, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan minyak kelapa. Penelitian menyebutkan, mengonsumsi makanan dengan kadar lemak sehat yang bisa membantu kadar kolesterol tetap sehat.

Perbanyak konsumsi sayur dan buah (Foto : liputan6.com)

5. Perbanyak konsumsi sayur dan buah. Buah dan sayur mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin E, folat, dan selenium. Penelitian yang melibatkan 4.000 orang menyebutkan, memperbanyak konsumsi buah dan sayuran berkhasiat menurunkan jumlah kolesterol jahat di dalam darah. Menurut penelitian, partisipan yang mengonsumsi empat porsi buah dan sayur setiap hari mempunyai kandungan kolesterol jahat yang jauh lebih rendah dibandingkan mereka yang hanya mengonsumsi satu porsi setiap hari. Kadar LDL menjadi rendah, kadar antioksidan pada tubuh menjadi lebih tinggi, yang akhirnya membuat jantung lebih baik.

Semoga bermanfaat. Ayo klik ikuti dan beri komentar ya, Sahabat UC News lovers agar penulis terus termotivasi untuk berkarya.

Sumber : cnnindonesia.com (4/10/19) / health.rakyatku.com / indonesian.alibaba.com / liputan6.com


Topic: #kolesterol
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot