UC News

6 Candi terbesar di dunia, indonesia termasuk gak ya ?

Di dunia ini tersebar banyak candi atau kuil yang menyimpan jutaan kisah sejarah. Namun, dari semua candi, ada yang terkenal karena bentuknya yang digadang memiliki ukuran terbesar di dunia. apakah ada di indonesia candi terbesar juga yang termasuk deretan candi terbesar di dunia ?

1. Candi Tikal (Candi IV)

6 Candi terbesar di dunia, indonesia termasuk gak ya ?
Referensi pihak ketiga

Tikal mengandung 6 piramida yang sangat besar. Yang terbesar adalah candi IV, tinggi 72 meter (230 kaki). Kuil IV adalah candi terbesar yang dibangun di wilayah Maya, di luar Piramida Matahari di Teotihuacan.


2. Candi Baalbek

Referensi pihak ketiga

Baalbek atau Heliopolis, adalah situs arkeologi yang spektakuler di timur laut Lebanon. Dari abad ke-1 SM, Romawi membangun tiga kuil di sini: Jupiter, Bacchus, dan Venus.

Kuil itu diciptakan untuk menjadi yang terbesar di kekaisaran Romawi. Kuil Bacchus, yang terbesar, dibangun pada 150 Masehi. Candi ini memiliki panjang 69 meter dan lebar 36 meter. Ada 42 pilar dengan tinggi 62 kaki di dinding.


3. Sri Ranganathaswamy

Referensi pihak ketiga

Pembangunan candi ini didedikasikan untuk Dewa Ranganatha (Dewa Wisnu). Ranganathaswamy terletak di Srirangam.

Bangunan ini dikunjungi oleh jutaan pengunjung dan peziarah setiap tahun. Luasnya 156 are, Sri Ranganathaswamy adalah salah satu kuil terbesar di dunia. Tingginya 73 meter atau (240 kaki).


4. Candi Karnak

Referensi pihak ketiga

Karnak adalah kompleks candi kuno terbesar di dunia. Bangunan ini adalah kombinasi dari banyak generasi pembangun di Mesir. Karnak sebenarnya terdiri dari beberapa candi.

Salah satu yang paling terkenal adalah Hypostyle Hall. Luas awalnya adalah 5.000 meter persegi (50 ribu kaki). Ada 134 kolom besar disusun dalam 16 baris dengan atap sekarang hancur. Tingginya 24 meter (80 kaki).


5. Borobudur

Referensi pihak ketiga

Ini dia Candi di Indonesia yang telah masuk dalam tujuh keajaiban dunia. Borobudur adalah candi Budha terbesar di dunia.

Kuil atau Candi ini dibangun sekitar 75 tahun pada abad ke 8 dan 9 oleh Kerajaan Sailendra. Ada sekitar 2 juta blok batu yang dikumpulkan untuk membangunnya.

Borobudur dapat dibagi menjadi tiga bagian: alas, badan, dan di atas. Bagian bawah memiliki ukuran 123 × 123 meter (403,5 × 403,5 kaki) dengan ketinggian dinding 4 meter (13 kaki). Luas permukaan total sekitar 2.500 meter persegi.

Bagian tubuh terdiri dari 5 platform persegi, yang masing-masing memiliki ketinggian berbeda. Bagian atas adalah stupa monumental dengan kubah utama yang terletak di tengah. Kubah ini tingginya 35 meter (115 kaki) dari tanah.


6. Jetavanaramaya

Referensi pihak ketiga

Candi ini terletak di Kota Anuradhapura, Sri Lanka. Jetavanaramaya adalah stupa terbesar di dunia jika diukur berdasarkan volume.

Kuil ini dibangun oleh Raja Mahasena pada abad ke-3. Perkembangannya selama 15 tahun. Dibutuhkan 93,3 juta bata bakar. Tingginya 122 meter (400 kaki).

Jetavanaramaya ialah candi atau kuil tertinggi ketiga di dunia setelah Piramida Giza. Diameter kubah itu sendiri sekitar 95 meter (312 kaki).

Mungkin itulah beberapa candi terbesar di dunia dan salah satunya ternyata ada di indonesia, kita sepatutnya bangga kepada indonesia yang masih memperlihatkan kekayaan sejarah. jangan sampai serjarah terlupakan ya teman-teman.

Referensi : www.idntimes.com

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot