UC News

6 Makanan Sehat Yang Bisa Membahayakan Tubuh Kalau Dimakan Secara Keliru

6 Makanan Sehat Yang Bisa Membahayakan Tubuh Kalau Dimakan Secara Keliru

Harus hati-hati yah.

Ada beberapa makanan, seperti jamur, yang bisa sangat berbahaya bagi kesehatan. Tapi, beberapa makanan yang paling sehat sekalipun, jika dikonsumsi secara keliru, tentu juga memiliki efek berbahaya pada kesehatan tubuh manusia. Simak sederet daftar makanan sehat yang dapat berbahaya bagi kesehatan, jika kita tidak mengonsumsinya dengan hati-hati.

1. Daging dan seafood


via depositphotos.com

Saat membakar daging maupun makanan laut, suhu tinggi membuat protein dalam daging berubah dan menjadi berbahaya bagi kesehatan. Untuk menghindari risiko, kalian harus memasak daging pada suhu yang lebih rendah. Dengan cara ini, suhu rendah akan mengurangi penumpukan karsinogen dalam makanan. Kalian juga harus mempertimbangkan untuk mengasinkan daging dan membaliknya sesering mungkin. Ini dapat membantu meminimalkan senyawa yang mengakibatkan kanker.

2. Madu


via depositphotos.com

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa madu mengandung racun. Setelah dikumpulkan, madu menjalani proses pasteurisasi untuk menghilangkan racun ini. Namun, makan madu yang tidak dipasteurisasi bisa sangat berbahaya bagi kesehatan. Satu sendok teh madu yang tidak dipasteurisasi atau madu yang tidak dipasteurisasi dengan benar dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, dan muntah.

3. Elderberry


via depositphotos.com

Elderberry adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat kesehatan dan sangat umum digunakan dalam selai, anggur, dan teh. Namun, apa yang kalian tidak ketahui tentang tanaman elderberry adalah bahwa biji dan daunnya mengandung racun dan konsentrasi glikosida yang mematikan, senyawa yang menghasilkan sianida.

Jika dikonsumsi dalam keadaan tidak matang, elderberry dapat menyebabkan mual, koma, dan bahkan menyebabkan kematian. Untungnya, zat beracun yang ditemukan dalam elderberry dapat dihilangkan secara efektif dengan cara memasaknya. Gejala penyakit yang ditimbulkan akibat makan elderberry mentah di antaranya adalah mual, muntah, dan diare.

4. Kentang

via depositphotos.com

Jika kentang diletakkan dalam sebuah tempat dengan kondisi yang buruk, seperti ruang lembab dan terang, kentang akan mulai tumbuh. Jika kentang benar-benar tumbuh, sangat disarankan untuk membuang kentang ini. Kentang yang tumbuh bisa mengandung racun, dan dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti muntah, sakit perut, dan diare.

5. Kacang almond


via depositphotos.com

Ada 2 jenis almond: manis dan pahit. Almond pahit mengandung jumlah hidrogen sianida yang relatif besar. Mengonsumsi 5 hingga 10 almond pahit mentah saja dapat menyebabkan masalah bagi orang dewasa dan bisa berakibat fatal pada anak-anak.

Tapi, almond pahit yang diproses masih aman dikonsumsi selama semua hidrogen sianida diekstraksi selama proses penghilangan. Btw, saat kalian berada di hutan dan melihat pohon almond, jangan coba-coba memakan kacangnya karena akan berisiko.

6. Kerang


via depositphotos.com

Kerang adalah makanan yang bagus untuk diet sehat karena kaya akan protein, asam lemak omega-3, lemak baik, dan banyak mineral seperti magnesium, seng, besi, dan tembaga. Semua nutrisi super sehat ini memberikan manfaat besar bagi tubuh. Namun, kerang dapat menjadi salah satu makanan paling sulit untuk dimasak dengan benar, dan jika kurang matang atau mentah, kerang dapat mengandung kontaminan yang berbahaya bagi kesehatan.

Kerang juga sangat sensitif. Busuk sedikit saja, maka kerang dapat menyebabkan infeksi bakteri dan racun. Jadi, sangat penting untuk memberi perhatian ekstra saat makan kerang. Pastikan kalian memakannya jika kalian 100% yakin bahwa kerang itu dalam kondisi segar dan dimasak dengan baik.

Manakah dari fakta-fakta tadi yang paling berpotensi membahayakan kesehatan kalian? Apakah kalian tahu fakta lain tentang makanan sehat yang dapat berdampak negatif bagi kesehatan? Jangan lupa untuk membagikan informasi yang bermanfaat yah!

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot