UC News

7 Game Luar yang Memasukkan Unsur Indonesia, No. 6 Kok Menghina?

7 Game Luar yang Memasukkan Unsur Indonesia, No. 6 Kok Menghina?

Geng, jaman sekarang siapa, sih, yang nggak suka main game? Dari bocah SD sampai ibu-ibu di bis, semua orang pasti suka main video game untuk sekedar mengisi waktu.

Kita juga sudah nggak lagi terbatas di main game luar lho, geng, karena sudah lumayan banyak game Indonesia seperti DreadOut yang kualitasnya sudah bertaraf internasional.

Nah, yang bikin Jaka senang, ternyata bukan cuma game lokal saja yang mengusung budaya Indonesia. Nggak sedikit juga game dari luar yang mengandung unsur Indonesia!

7 Game Luar yang Mengandung Unsur Indonesia

Di kancah internasional, representasi Indonesia memang bisa dianggap masih minim, tapi di beberapa tahun terakhir situasinya sudah berubah, lho!

Sebagai contoh, sudah ada beberapa anime yang mengandung unsur Indonesia, meskipun tidak secara terang-terangan.

Definisi unsur Indonesia di sini luas lho, geng! Ada game yang secara terang-terangan berlokasi di Indonesia atau memiliki karakter yang memang orang Indonesia.

Tapi ada juga game yang hanya mengandung referensi kecil atau tidak langsung ke budaya atau sejarah Indonesia.

Kalau kalian sudah penasaran, langsung simak aja, geng, daftar game yang mengandung unsur Indonesia!

1. Man of Medan (2019)

Nah, game horor interaktif dari developer asal Inggris Supermassive Games ini memang memiliki nama yang menyinggung ibukota Sumatera Utara itu, geng!

Sayangnya, Man of Medan tidak berlatar langsung di kota Medan tapi di kapal hantu yang bernama Ourang Medan.

Jadi, Ourang (dibaca orang) Medan itu merupakan kapal dari zaman kolonial Belanda dulu yang dikabarkan tenggelam di dekat Kepulauan Marshall.

Di game ini, kalian akan bermain sebagai beberapa orang yang terperangkap di reruntuhan kapal tersebut dan harus melarikan diri dari penampakan yang muncul.

2. Uncharted: Drake's Fortune (2007)

Seri ikonik kebanggaan Sony yang satu ini juga mengandung beberapa unsur Indonesia, lho, geng!

Yang pertama adalah karakter kelahiran Indonesia Eddy Raja yang muncul sebagai salah satu antagonis di Uncharted: Drake's Fortune pada tahun 2007.

Sayangnya, di game tersebut Eddy diperlihatkan menemui ajalnya. Tapi, karakter fan-favorite ini tetap muncul di Uncharted 2, 3, dan 4 sebagai skin di mode multiplayer.

Game ini juga mengandung beberapa dialog bahasa Indonesia. Salah satunya yang bikin Jaka paling ngakak adalah saat Eddy mengeluarkan umpatan yang Indonesia banget.

3. Far Cry 3 (2012)

Seri game open-world FPS ini memang suka menempatkan pemain dalam lokasi-lokasi eksotis nan indah dan di Far Cry 3, Indonesia dipilih sebagai latar.

Sebenarnya, game ini tidak terang-terangan menyebut Indonesia, tapi karakter dan fauna yang terdapat di game ini hampir semuanya berbasis di budaya Indonesia.

Sebagai contoh, salah satu karakter yang akan ditemui di game adalah Citra Talugmai, seorang perempuan yang menjadi memimpin suku Rakyat di game ini.

Selain itu, kalian bisa menemukan binatang khas Indonesia seperti Komodo, Macan Sumatera, Burung Cendrawasih, dan Burung Kasuari.

4. Civilization 6 (2016)

Di seri Civilization, kalian bermain sebagai pemimpin sebuah bangsa dari zaman kerajaan ke zaman modern melawan beberapa bangsa lainnya.

Nah, di Civilization 6, Indonesia menjadi satu bangsa tambahan yang dapat dipilih dan dipimpin oleh Dyah Gitarja, salah satu ratu Kerajaan Majapahit.

Sejalan dengan reputasi Majapahit sebagai kerajaan maritim, kelebihan bangsa Indonesia dinamai Great Nusantara dan berkisar di bidang maritim.

Di sini, Indonesia memiliki infrastruktur unik kampung yang bisa dibangun di atas air dan kapal unik Jong yang desainnya diambil dari Kapal Borobudur.

5. Front Mission 3 (1999)

Seri keluaran Squaresoft (sekarang Square-Enix) ini memang sudah agak terlupakan, tapi di jaman PS1 dulu, Jaka suka banget sama seri turn-based SRPG ini.

Seri ini memiliki gameplay yang mirip dengan game seperti Final Fantasy Tactics. Tapi alih-alih orang, kamu menggunakan robot yang diberi nama Wanzer.

Nah, di Front Mission 3, kamu diberi kesempatan untuk mengunjungi beberapa lokasi di Indonesia seperti Sumatera dan Kota Palopo di Sulawesi.

Selain itu, salah satu karakter di game ini, Linny Barilar memiliki lahan pertanian di Sulawesi dan disebut sebagai lulusan universitas di Toraja.

6. Splinter Cell: Pandora Tomorrow (2004)

Sayangnya, geng, representasi Indonesia nggak selalu positif dan Splinter Cell merupakan contoh di mana Indonesia mendapat gambaran yang buruk.

Di game yang mengusung genre stealth ini, kamu bermain sebagai Sam Fisher melawan grup teroris Indonesia yang diberi nama Darah dan Do'a.

Grup teroris tersebut dipimpin oleh Suhadi Sadono yang nanti bisa kamu temui di misi yang bertempat di mantan ibukota kita, Jakarta.

7. Mobile Legends: Bang Bang (2016)

Buat kalian yang di waktu kosong kerjaannya cuma push rank, seharusnya sudah kenal baik dong sama Gatotkaca, salah satu hero di Mobile Legends?

Iya, jadi salah satu tokoh paling terkenal di wayang Jawa itu memang sudah menjadi salah satu hero tank di Mobile Legends.

Mengingat popularitas Mobile Legends di sini, sampai-sampai dijadikan salah satu event di SEA Games 2019, nggak heran kalau budaya Indonesia bisa masuk di game ini.

Akhir Kata

Nah, demikian adalah daftar 7 Game dari luar yang mengandung unsur Indonesia. Gimana, geng? Kalian bangga nggak melihat representasi Indonesia di game luar?

Memang budaya Indonesia masih minim, geng, di kancah video game internasional dan Indonesia juga nggak selalu digambarkan positif.

Makannya, geng, kita semua sebagai insan muda Indonesia harus selalu mengharumkan nama negara ber-flower ini!

Baca juga artikel seputar Games atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot