UC News

7 Rekomendasi Wisata yang Ramah Anak di Jogja

Lagi liburan bersama anak di Jogja? kesini aja yuk, Ma!

7 Rekomendasi Wisata yang Ramah Anak di Jogja

Saat memasuki liburan sekolah atau akhir pekan, tentu anak-anak ingin sekali menghabiskan waktu liburan dengan bermain dan jalan-jalan. Mama bingung karena di Jakarta tempat wisatanya hanya sedikit? Tenang, Mama bisa pergi ke luar kota untuk mengajak si Anak liburan ke Jogja.

Kenapa harus ke Jogja?

Sebab banyak sekali tempat wisata yang ramah anak di kota ini, selain itu Mama dan anak dapat menikmati suasana yang asri di sana.

Jika Mama sudah ada rencana untuk menghabiskan waktu liburan bersama anak di Jogja, tetapi belum tahu ingin mengunjungi tempat apa saja.

Kali ini Popmama.com punya rekomendasi tempat untuk membuat liburan Mama bersama anak-anak tersayang jadi lebih menyenangkan lho, dibaca yuk!

1. Bermain gokart di taman bermain kids fun park

Instagram.com/Benita.wulan

Anak-anak hobi sekali bermain, terlebih jika diajak ke sesuatu tempat yang memiliki banyak wahana permainannya. Ia akan gembira ketika mencoba permainan yang belum pernah diketahui sebelumnya.

Salah satu tempat bermain yang populer di Jogja yaitu Kids Fun Park.

Tempat ini terletak di Jl. Wonosari Km 10, Sitimulyo, Piyungan. Jika Mama pernah mendengar gunung kidul, tempat itu satu arah dengan Kids Fun Park.

Permainan yang ditawarkan oleh tempat ini sangat beragam, mulai dari aqua splash waterboom, gokart, flying fox, wall cimbing, komedi putar hingga arung jeram. Banyak sekali wahana yang bisa mengasah keberanian dan fisik si Anak.

Harga tiket masuknya sebesar Rp55.000, wisata ini buka setiap hari dari jam 08.00-18.00 WIB.

Selain itu di tempat ini terdapat pula kafe yang memberi pengetahuan cara untuk membuat piza lho, Ma.

2. Bermain sambil belajar sains di taman pintar

Instagram.com/Tamanpintar_yogyakarta

Mau pergi ke tempat liburan yang bisa memberi edukasi untuk si Anak? Taman Pintar jawabannya. Tempat ini bisa menjadi favorit si Anak untuk bermain, lokasinya di Jl. Senopati No 1-3, Yogyakarta.

Tempat ini memiliki science teater dimana si Anak bisa menambah ilmu terkait sains, belajar alat peraga fisika, astronomi dan sebagainya. Di sini anak bisa melihat berbagai lukisan tokoh nasional untuk menumbuhkan kembali jiwa nasionalisme.

Taman rekreasi ini dilengkapi rumah pohon, istana pasir, jungkat-jungkit, dan jembatan goyang. Wah, pasti si Anak akan bahagia bila Mama mengajaknya liburan ke sini.

Tiket masuk yang dikenakan Rp12.000 untuk anak sedangkan orang dewasa Rp20.000. Namun, harga tiket masuk belum termasuk wahana-wahana yang terdapat di dalamnya.

3. Melihat atraksi hewan di kebun binatang gembira loka

Instagram.com/Gembiraloka

Kalau di Jakarta memiliki kebun binatang ragunan, di Jogja nggak kalah seru sebab memiliki Gembira Loka Zoo. Pergi mengunjungi tempat wisata binatang bisa membuat si Anak mengetahui lebih banyak tentang hewan.

Anak bisa melihat berbagai macam hewan mulai dari zebra, jerapah, kuda nil, buaya, dan sebagainya. Tidak cuma bisa melihat tetapi si Anak bisa untuk berinterkasi memegang dan berfoto secara langsung bersama hewan-hewan yang ada di sana.

Atraksi interaksi seperti pertunjukan burung, reptil, dan pinguin bisa dinikmati di tempat ini. Selain itu terdapat wahana rekreasi ATV, terapi ikan, speed boot, skuter air, dan perahu kayu.

Banyak banget ya wisata yang bisa dicoba di sini, tempat ini berlokasi di Jl. Kebun raya, Yogyakarta, Indonesia. Harga tiket masuk hari libur Rp35.000 dan hari biasa Rp30.000. Jangan lupa untuk membawa si Anak berkunjung ke sini ya, Ma!

4. Berkunjung ke merapi park Yogyakarta

Instagram.com/Merapipark.jogja

Jika Mama ingin mengenalkan berbagai bangunan yang terkenal di dunia, Mama bisa pergi ke Merapi Park Yogyakarta yang terletak di Jl. Kaliurang, Sleman, Jogja. Tempat ini sangat instagramable untuk Mama mengabadikan momen bersama si Anak.

Sebab banyak sekali replika bangunan seperti kincir angin khas Belanda, Menara Eifffel Paris, Menara Pisa Italia, Patung Liberty, hingga Big Ben London. Jadi berasa lagi liburan keliling dunia ya, si Anak juga menjadi lebih luas wawasannya mengenai bangunan bersejarah yang ada di berbagai dunia.

Bukan cuma terdapat bangunan, di tempat ini pun ada Cowboy Town, Kids Water Park, dan taman bermain anak. Lengkap banget kan, jangan lewatkan wisata ini ya jika sedang berada di Jogja.

5. Desa wisata kampung teletubbies

Instagram.com/Wonderfulsleman.id

Teletubbies merupakan salah satu film kartun anak-anak, mungkin Mama juga tidak asing dengan film tersebut sebab tayangan tersebut sangat mendunia. Desa ini disebut sebagai desa Teletubbies sebab suasana alam dan bentuk rumah yang disuguhkan mirip dengan kartun tersebut.

Lokasi ini dipenuhi oleh rumah-rumah unik yang berwarna-warni. Kesejukan di tempat ini membuat pikiran segar kembali, anak-anak bisa berlari dan melakukan berbagai kegiatan di sini.

Permainan papan seluncur, kereta mini, ayunan, dan sebagainya juga melengkapi tempat ini. Jika Mama mengajak si Anak pergi berwisata ke tempat ini pada hari libur, si Anak bisa berfoto bersama badut Teletubbies.

Lokasinya terletak di Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

6. Belajar membuat kerajinan gerabah di desa wisata kasongan

Instagram.com/Nangsib_keramik

Kerajinan gerabah adalah seni mengolah tanah liat untuk dijadikan berbagai barang-barang seperti guci, pot bunga, hiasan rumah, dan miniatur mobil. Jika ingin mengetahui cara membuat kerajinan ini, Mama bersama anak bisa mendapatkan ilmunya di Desa Wisata Kasongan.

Tempat ini terkenal sebagai penghasil kerajinan gerabah yang berkualitas, si Anak bisa belajar dan berkreasi membuat sesuatu dari tanah liat. Dengan wisata sepeti ini mampu meningkatkan kreativitas si Anak lho,Ma!

Alamat tempat ini di Jl. Raya Kasongan No.3, Bantul.

7. Jalan-jalan melihat candi prambanan yang bersejarah

Instagram.com/Prambananpark

Tidak sah rasanya bila liburan bersama anak tersayang ke Jogja, tetapi tidak pergi ke Candi Prambanan. Candi merupakan kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia, bukan cuma warga lokal yang takjub dengan keindahan bangunan ini warga mancanegara juga sering ke sini.

Pergi ke sini berarti Mama menambah pengetahuan si Anak tentang kebudayaan bersejarah, saat mengelilingi setiap sudut tempat ini Mama bisa sambil menceritakan sejarah tempat ini.

Banyak hal yang bisa dilakukan Mama bersama si Anak seperti mengenal seni sastra dan berbagai candi. Jangan lupa untuk mengabadikan momen liburan bersama anak saat berada di tempat ini ya, Ma!

Itulah rekomendasi tempat wisata yang ramah anak yang bisa melengkapi liburan bersama si Anak, semoga bermanfaat ya!

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot