UC News

8 Ide Bisnis Rumahan Paling Kreatif di Tahun 2020

8 Ide Bisnis Rumahan Paling Kreatif di Tahun 2020

Untuk menjadi seorang pengusaha memanglah tidak mudah, berbagai tantangan harus dihadapai. Terutama dijaman yang semakin maju ini, sangat sulit untuk memulai sebuah usaha rumahan. Begitu banyaknya persaingan menjadikan kita sebagai pengusaha pemula binggung untuk menentukan sebuah usaha yang paling cocok untuk ditekuni. Untuk menjadi seorang pengusaha pemula anda haruslah kreatif dan inovatif untuk menentukan sebuah ide bisnis rumahan yang berbeda dengan yang lainya. Bahkan untuk menjadi seorang pengusaha sukses pun kita perlu berani dalam mengambil resiko dan nekat. Menciptakan hal yang baru tentu sangat disarankan agar anda mampu bersaing dalam dunia bisnis.

Nah kira-kira apa sih usaha rumahan yang unik, kreatif dan inovatif untuk dijadikan pilihan dijaman modern ini? Nampaknya bisnis rumahan paling kreatif yang kekinian bisa dijadikan pilihan usaha yang menjanjikan. Melihat prospek kedepan dari tahun ke tahun usaha kreatif akan selalu relevan dengan perkembangan jaman. Mengapa begitu? Melihat dari pangsa pasar kini kebanyakan masyarakat lebih menyukai akan hal-hal baru yang unik dan kreatif. Bahkan kini mulai bermunculan dan menjadi trend beberapa usaha rumahan yang kreatif tersebut. Melihat dari perkembangan bisnis tersebut anda patut untuk mencontoh pula untuk memulai usaha tersebut.

Untuk memulai memutusakan usaha rumahan yang kreatif perlu dilakukan persiapan dan ide-ide menarik mengenai usaha yang akan anda bangun sesuai minat dan bakat anda. Berikut ini contoh ide bisnis rumahan yang kreatif bisa anda jadikan sebagai referensi untuk membuka usaha, yakni :

  1. Usaha Rumahan Kreasi Mahar dan Hantaran

Usaha untuk membuat mahar, kotak hantaran maupun kotak cincin sedang trend akhir-akhir ini. Sekarang ini sudah mulai bermunculan para pengusaha yang menjadikan usaha ini sebagai pilihan usaha yang menjanjikan. Belum begitu banyak yang menekuni bisnis ini, maka dari itulah anda patut untuk mencobanya pula. Anda bisa mengkreasikan berbagai mahar, kotak hantaran dan kotak cincin dengan tema retro menjadi pilihan. Desain dengan sentuhan bunga-bunga, kayu dan daun sehingga terasa nuansa unik.

  1. Usaha Rumahan Henna

Bagi anda yang memiliki kegemaran menggambar atau melukis patut dicoba untuk mencoba usaha ini, yitu henna atau melukis tangan dengan henna ditangan pengantin. Ini dapat dijadikan pilihan untuk anda dalam memilih usaha yang cocok sesuai minat dan bakat anda. Meskipun terkesan hanya menuangkan segala kreatifitas dalam menggambar namun tanpa anda sadari hobi anda tersebut merupakan usaha sampingan yang dapat menghasilkan uang.

  1. Usaha Rumahan Fotografer

Usaha menjadi seorang fotografer dapat anda jadikan pilihan, belum begitu banyak orang-orang yang menekuni bidang ini. Bagi anda yang ingin manjadi pengusaha yang kreatif dan unik usaha ini mungkin patut anda coba. Apalagi bagi anda yang memiliki hobi tersebut, anda bisa jadikan hobi anda tersebut sebagai peluang usaha yang dapat menghantarkan anda sebagai pengusaha yang sukses. Anda bisa menjadi fotografer prewedding, fotografer pernikahan bahkan seiring berjalannya waktu anda bisa membuka studio foto kecil-kecilan dirumah anda.

  1. Usaha Rumahan Makeup

Nah untuk anda yang memiliki bakat dan minat dalam bidang makeup anda bisa jadikan pilihan usaha rumahan ini. Anda bisa membuka jasa makeup untuk wisuda, pernikahan, prewedding, maupun makeup acara-acara resmi lainya.

  1. Usaha Rumahan Paper Flower (Bunga Kertas)

Usaha rumahan paper flower bisa anda jadikan pilihan usaha bagi anda yang menyukai bidang dekor. Anda bisa menuangkan ide-ide unik anda untuk membuat berbagai macam bunga kerajinan tangan dari kertas untuk acara-acara seperti ulang tahun, lamaran, syukuran, dsb. Usaha ini mulai bermunculan dan dijadikan salah satu peluang usaha yang menjanjikan karena banyaknya permintaan.

  1. Usaha Rumahan Souvenir

Usaha rumahan membuat souvenir ini merupakan salah satu usaha yang menjanjikan sehingga patut untuk anda coba. Banyaknya permintaan akan souvenir dapat anda jadikan ide bisnis untuk mengambil usaha yang satu ini. Anda bisa membuat souvenir yang unik dan lucu untuk memberikan inovasi yang berbeda, seperti membuat souvenir gantungan kunci unik, gelas dengan desain unik dan menarik, tas kanvas atau dompet kanvas dengan desain kekinian bisa anda jadikan pilihan.

  1. Usaha Rumahan Desain Undangan

Salah satu jenis usaha ini patut anda jadikan pilihan usaha rumahan yang menjanjikan, dilihat dari banyaknya permintaan kosumen yang tak pernah sepi. Bila anda yang memiliki kemampuan untuk mendesain hanya dengan bermain corel ataupun photoshop anda bisa menuangkan ide-ide anda sambal anda jadikan peluang usaha menarik yang yang dapat menghasilkan uang.

  1. Usaha Rumahan Sewa Dekorasi PhotoBooth

Pernahkah anda menjumpai stand photobooth dipernikahan? Nah salah satu usaha ini bisa anda coba untuk dijadikan ide bisnis yang menjanjikan. Namun modal yang anda keluaran pun lumayan agak besar untuk membeli berbagai peralatan untuk dekorasinya seperti lampu, bunga, serta perlengkapan tambahan lainya. Namun usaha menyewakan dekorasi photobooth ini cukup menjanjikan sekali.

Nah itu tadi beberapa contoh ide bisnis rumahan yang kreatif yang bisa anda coba dan dijadikan salah satu pilihan peluang usaha. Tinggal anda pilih mana yang lebih cocok untuk anda dan mudah untuk dijalankan. Mulai dari yang modal kecil hingga yang dengan menggunakan modal lumayan besar. Semua usaha rumahan kreatif tersebut apabila mampu anda tekuni dengan sungguh-sungguh akan membawa anda pada kesuksesan. Hal yang terpenting adalah selalu kemangkan kreatifitas dan inovasi anda dalam membuka sebuah usaha agar mampu bersaing dalam dunia bisnis.

Kiat-Kiat Memasarkan Ide Bisnis Rumahan Kreatif Yang Efektif

Seperti yang kita tahu beberapa cara memasarkan produk harus dilakukan untuk mengenalkan produk anda kepada konsumen. Beberapa hal ini cara memasarkan bisnis rumahan kreatif ini, diantaranya :

  1. Menawarkan di Media Sosial

Dijaman sekarang ini siapa sih yang tidak memiliki gadget? Terutama anak muda milenial sudah pasti menghabiskan watu berjam-jam untuk bermain gadget. Mereka bisa bermain Instagram seharian penuh. Nah media ini bisa anda gunakan sebgai tempat promosi.

  1. Memberikan Promo Menarik

Sesekali buatlah promo menarik untuk konsumen agar mereka tertarik untuk membeli produk anda. Anda bisa memberikan diskon 10-20% pada bulan-bulan tertentu.

  1. Memasang Iklan Pada E-Commerce

Memasang iklan e-commerce pada marketplace ataupun di Instagram bisa menjadi pilihan agar produk anda semakin dikenal khlayak umum. Berikan konten-konten yang unik dan menarik agar konsumen tertarik dengan produk atau jasa yang anda tawarkan.

  1. Memberikan Free Ongkir (Gratis Ongkir)

Salah satu cara mempromosikan agar konsumen melirik jasa atau produk anda adalah dengan memberikan free ongkir atau gratis ongkir.

  1. Memberikan Kupon

Nah satu hal ini bisa anda coba yaitu dengan memberikan kupon dikson atau undian kepada konsumen untuk menarik pelanggan ataupun kosumen baru. Trik ini juga banyak diterapkan pada beberapa depertemen store.

Nah 5 point tersebut merupakan beberapa cara jitu dan paling efektif untuk memasarkan produk maupun jasa yang anda tekuni. Cara ini pun dianggap cocok bagi para pengusaha yang ingin menekan biaya promosi.

Topic: #kayu
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot