UC News

8 Sarapan Yang Bikin Kenyang Lama dan Tinggi Serat

8 Sarapan Yang Bikin Kenyang Lama dan Tinggi Serat

Ingin Kenyang Lebih Lama? Konsumsi Makanan Tinggi Serat Berikut Ini untuk Sarapan

Sarapan merupakan hal penting yang tidak boleh kamu lewatkan di pagi hari sebelum memulai aktivitas. Tak terkecuali untuk orang yang sedang melakukan diet sekalipun, sarapan tetap dibutuhkan.

Sarapan berperan dalam metabolisme tubuh dan membantu kamu dalam pembakaran kalori. Supaya kebutuhan nutrisi kamu terpenuhi, kamu pun memerlukan sarapan dengan menu yang sehat.

Apabila kamu sedang dalam program diet, kamu membutuhkan sarapan yang bikin kenyang lama dengan menu tinggi serat dan kaya protein. Jadi pemilihan menu sarapan untuk diet itu penting banget. Nah berikut ini Gotomalls sudah merangkum beberapa menu sarapan yang bikin kenyang lama.

Apel

Image source: halodoc.com

Apel adalah salah satu buah yang bisa dijadikan untuk menu sarapan yang bikin kenyang lama. Kamu bisa mengonsumsi apel untuk menu sarapan tanpa harus didampingi nasi. Diketahui bahwa apel mengandung pektin yang memperlambat proses pencernaan dan memberi efek mengenyangkan.

Hanya saja, kamu harus mengonsumsi apel utuh ya, bukan buah apel dalam bentuk jus. Lebih baik lagi kalau kamu tidak membuang kulitnya agar tubuh lebih banyak mendapatkan nutrisi. Dalam sebutir apel terdapat 4,4 gram serat yang akan mengisi perut kamu sehingga porsi makan siang kamu pun menjadi lebih sedikit.

Alpukat

Image source: feedme.id

Coba deh kamu intip menu sarapan para fitness influencer di media sosial, kamu pasti akan menemukan alpukat dalam menu sarapan mereka. Alpukat adalah salah satu buah yang sering dijadikan menu diet karena memang bikin kenyang lama. Selain itu alpukat mengandung lemak baik yang dapat membantu proses pembakaran lemak menjadi lebih maksimal.

Alpukat juga tinggi serat dan kaya akan asam folat. Satu ukuran sedang alpukat mengandung sekitar 140 kalori dan 13,5 gram nutrisi mengenyangkan. Kamu sebaiknya mengonsumsi buah ini tanpa tambahan gula atau susu sebagai menu sarapan yang bikin kenyang lama.

Telur

Image source: hype.grid.id

Telur juga bisa menjadi menu sarapan yang bikin kenyang lama. Telur dikenal sebagai makanan yang kaya protein dan 9 asam amino esensial. Selain alpukat, telur menjadi favorit lainnya yang sering dijadikan menu makanan sehari-hari oleh para fitness enthusiast.

Asam amino yang terkandung pada telur berperan dalam mendorong pelepasan hormon dalam usus yang dapat meminimalisasi rasa lapar. Penelitian terbaru dari Biomedical Research Center di Baton Rouge LA menemukan bahwa orang yang sarapan telur memiliki tingkat ghrelin (hormon nafsu yang memerintahkan otak untuk makan) yang rendah dan tingkat PPY (hormon yang bikin kenyang) yang lebih tinggi.

Sup Kaldu Hangat

Image source: hellosehat.com

Makanan yang mengandung banyak air seperti sup kaldu hangat juga bisa bikin kenyang lama lho! Sup kaldu dengan sayuran kaya akan serat dan tidak bikin badan gemuk. Diketahui semangkuk sup kaldu dengan sayuran
mengandung tidak lebih dari 150 kalori.

Sejumlah penelitian menemukan bahwa kombinasi cairan dan zat padat pada sup kaldu hangat dapat menekan nafsu makan. Cairan hangat pada sup akan memakan banyak ruang di perut kamu sehingga bikin kamu kenyang dengan lebih sedikit asupan kalori. Boleh juga nih, makan sup kaldu hangat sebagai menu sarapan yang bikin kenyang lama.

Oatmeal

Image source: triadtowellness.com

Menu sarapan yang bikin kenyang lama berikutnya adalah oatmeal. Makanan ini mengandung karbohidrat kompleks yang selain bikin kenyang lama juga tidak bikin berat badan kamu naik. Oatmeal juga mampu mengolah gula lebih lambat, efeknya dapat menekan rasa lapar.

Oatmeal yang kaya akan serat akan membuat proses metabolisme tubuh lebih baik. Supaya sarapan oatmeal kamu lebih menarik, kamu bisa menambahkannya dengan susu rendah lemak, buah segar dan almond.

Pisang

Image source: lifestyle.okezone.com

Siapa di antara kalian yang suka menyantap pisang untuk sarapan? Ternyata pisang juga bisa menjadi menu sarapan yang bikin kenyang lama. Pisang mengandung pati resiten yang dapat menjaga kesehatan pencernaan.

Sebaiknya kamu memilih pisang yang masih berwarna kehijauan atau belum terlalu matang karena mengandung lebih banyak pati resiten. Sebaliknya pisang yang sudah matang lebih banyak memiliki gula alami.

Kacang-Kacangan

Image source: idntimes.com

Kamu lebih suka makanan camilan untuk sarapan? Daripada makan makanan yang belum tentu sehat dan bikin berat badan naik, kamu lebih baik mengganti camilan kamu dengan kacang-kacangan. Kacang-kacangan seperti kedelai dan almond kaya akan karbohidrat kompleks yang butuh waktu lama untuk dicerna, sehingga kamu akan merasa kenyang lebih lama.

Kacang-kacangan terutama kedelai dapat mencegah kamu untuk ngemil makanan yang kurang sehat. Indeks glikemiknya yang rendah tidak akan bikin kadar gula naik dengan cepat setelah makan. Kalau kadar gula stabil, otomatis hal tersebut akan mengurangi rasa lapar kamu dan mengurangi jumlah kalori yang disimpan sebagai lemak di tubuh.

Tidak hanya itu, kacang-kacangan juga kaya akan kandungan lemak baik dan protein. Jadi kacang-kacangan bisa menjadi sumber protein pengganti untuk kamu yang tidak makan daging.

Kentang Panggang

Image source: food.detik.com

Mungkin selama ini kamu beranggapan bahwa kentang tinggi akan karbohidrat dan akan membuat berat badan cepat naik. Sebetulnya kentang juga kaya akan serat, vitamin dan nutrisi lainnya. Kandungan serat yang tinggi pada kentang bisa kamu jadikan pilihan menu sarapan yang bikin kenyang lama.

Kentang juga sah-sah saja kamu konsumsi ketika sedang menjalankan program diet. Dalam satu buah kentang mengandung tidak lebih dari 160 kalori, jadi tidak usah khawatir untuk mengonsumsinya.

Itu dia deretan menu sarapan yang bikin kenyang lama. Mulai sekarang kamu tidak perlu bingung lagi untuk memilih menu sarapan yang sehat dan tentunya mengenyangkan dengan kandungan serat yang tinggi. Dapatkan makanan tinggi serat yang fresh di supermarket terdekat di kotamu.

Brands

Jangan lupa selalu cek website Gotomalls.com. Di sini kamu bisa temukan ratusan info promo, diskon, kupon, dan event-event yang ada di mall.

Articles

Malls

featured image source: twohealthykitchens.com

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot