UC News

Abdul Somad Ditolak Ceramah di Jerman, Penolaknya dari Kelompok yang Sama

Setelah ditolak ceramah di Universitas Gajah Mada, Ustad Abdul Somad ditolak ceramah di sejumlah kota besar jerman. Rencananya ia akan tablig akbar tanggal 20 Oktober, namun ada petisi yang disusul oleh surat penolakan. Surat itu berasal dari orang-orang yang mengatasnamakan Kelompok Masyarakat Indonesia di Jerman.

Abdul Somad Ditolak Ceramah di Jerman, Penolaknya dari Kelompok yang Sama
Ustad Abdul Somad (dok).

Dari komunikasi yang terlihat di facebook, kelompok ini tampaknya sama dengan yang mereka yang selama ini meneriakkan Pancasila dan NKRI. Mereka beralasan menghargai perbedaan dan toleransi.

Namun faktanya mereka justru menolak perbedaan dengan bukti menolak UAS ceramah di Jerman. Hingga akhirnya bukan hanya membuat petisi tetapi juga surat tertanggal 14 Oktober.

Surat itu ditujukan ke Indonesische Weisheits- und Kulturzentrum (IWKZ) Al-Falah, yaitu masjid dan pusat budaya Islam Indonesia yang telah berdiri lebih dari 20 tahun di Jerman (Kumparan, 18/10/2019).

Namun ada versi lain yang menyebut alasan UAS batal ceramah. Versi pertama pihak masjid yang membatalkan, versi lainnya menyebut UAS sendiri yang meng-cancel jadwalnya di Frankfurt.

Terlepas dari kisruh undangan ceramah UAS di Jerman, penolakan ini kalau memang benar, tak mengurangi sedikitpun langkah Somad dalam berdakwah.

Penolakan terhadap UAS justru makin melambungkan namanya, dan tak ada yang mampu menghalanginya untuk tetap ceramah agama. Tak dapat hadir secara fisik, publik masih bisa mendengarkan ceramahnya melalui media sosial maupun youtube. Jadi percuma saja menolak orang mengajak kebaikan. (fur/18/10/2019).

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot