UC News

Ada Apa Dibalik ARTJOG?

Ada Apa Dibalik ARTJOG?
Peserta Jogja Festivals (istimewa)

YOGYA, KRJOGJA.com - Event ARTJOG MMXIX 2019 Common Space berhasil mengundang banyak mata untuk datang menyaksikan berbagai karya seni instalasi dan buah pemikiran lain dari para seniman yang ditampilkan. Namun, tak banyak yang tahu bagaimana membuat event atau festival yang menyita perhatian dunia tersebut.

Selasa (13/8/2019) kemarin, 15 orang beruntung diajak menyelami lebih dalam event ARTJOG dan melihat apa saja yang terjadi di balik layar mewahnya event tersebut diinisiasi oleh Jogja Festivals. Dinda Intan Pramesti Putri, Direktur Pelaksana Jogja Festivals mengungkap selama ini memang tak banyak yang tahu ada apa sebenarnya di balik penyelenggaraan festival mulai dari manajemen hingga orang-orang di dalamnya.

“Kemarin ada 15 orang yang ikut, selain berkunjung untuk memperoleh pengalaman secara langsung, banyak elemen masyarakat, seperti pelaku usaha hingga penggiat festival muda, yang ingin belajar mengenai seluk beluk berbagai festival tersebut sehingga ruang-ruang untuk terlibat dalam setiap festival ini pun semakin luas dan membuka kemungkinan-kemungkinan baru yang tak terbatas bagi segala pihak. Program ini juga diselenggarakan sebagai sarana transfer ilmu pengetahuan antara penyelenggara festival dengan masyarakat/peserta serta sebagai sarana pendidikan alternatif dalam hal manajemen dan produksi festival,” ungkapnya ketika berbincang dengan KRjogja.com Rabu (14/8/2019).

Perjalanan para peserta sendiri dimulai dari diskusi pagi dengan tulang punggung ARTJOG meliputi Wakil Direktur, Project Manager dan Program Manager. “Kita bahas semua apa yang terjadi di ARTJOG, secara khusus tentang beda festival ini dengan art fair kemudian juga segmentasi pengunjung, edukasi dan manajemen pengunjung,” imbuhnya.

Strategi promosi, bagaimana membangun standar kualitas hingga manajemen serta kuratorial dikupas tuntas dalam agenda tersebut. Jogja Festivals berharap penyelenggaraan ARTJOG bisa membawa inspiasi sehingga nantinya muncul event-event lain yang berkualitas di Indonesia.

“ARTJOG sangat baik dalam memanajemen event dan selalu menjaga kualitas. Ini yang dipelajari dari tur kemarin dan harapannya nanti dari para peserta muncul event-event luar biasa lainnya,” pungkas Dinda. (Fxh)

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot