UC News

Ada Benua Lain Tersembunyi Di Bawah Eropa

Ada Benua Lain Tersembunyi Di Bawah Eropa
Referensi pihak ketiga
Live Science.com (11/9/2019) - Ada benua hilang yang tersembunyi di bawah Eropa selatan. Dan para peneliti telah menciptakan rekonstruksi yang paling detail.

Benua yang hilang itu bernama "Greater Adria" muncul sekitar 240 juta tahun yang lalu, setelah terputus dari Gondwana, sebuah benua yang terdiri dari Afrika, Antartika, Amerika Selatan, Australia dan daratan utama lainnya.

Greater Adria besar, membentang dari apa yang sekarang menjadi Alpen sampai ke Iran, tetapi tidak semua berada di atas air. Kemungkinan juga serangkaian pulau atau kepulauan, kata pemimpin penulis Douwe van Hinsbergen, ketua tektonik global dan paleogeografi di Departemen Ilmu Bumi di Universitas Utrecht di Utrecht, Belanda.

Referensi pihak ketiga

Hinsbergen dan timnya menghabiskan satu dekade mengumpulkan dan menganalisis batuan yang dulunya merupakan bagian dari benua kuno ini.

Sabuk gunung tempat bebatuan Adrian ini terbentang di sekitar 30 negara yang berbeda, kata Hinsbergen kepada Live Science.

"Setiap negara memiliki survei geologi sendiri dan peta mereka sendiri dan kisah mereka sendiri dan benua mereka sendiri," katanya.

Referensi pihak ketiga

Bumi ditutupi lempeng tektonik besar yang bergerak relatif satu sama lain. Greater Adria memiliki lempeng tektonik Afrika (tetapi bukan bagian dari benua Afrika, karena ada lautan di antara mereka), yang perlahan-lahan meluncur di bawah lempeng tektonik Eurasia, di tempat yang sekarang menjadi Eropa selatan.

Topic: #bumi
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot