UC News

Ada Kehidupan di Dasar Samudra Paling dalam?

Ada Kehidupan di Dasar Samudra Paling dalam?
Sumber: idntimes.com

Palung Mariana membentang dan membelah samudra pasifik sepanjang 1500 mil, tepatnya dekat dengan pulau guam. Palung Mariana dikenal dengan palung terdalam di dunia. Dasar palung tersebut ialah 7 mil atau 11,3 km di bawah permukaan samudra selalu dalam kondisi gelap dan sangatlah dingin.

Di saat mencapai dasar palung para pendarat menunggu apa ada hal yang luar biasa akan terjadi sampai para pendarat menemukan hal yang menabjubkan. Semua hal yang dilihat disana belum pernah terlihat sebelumnya dan tak henti-hentinya para ilmuwan terpukau melihatnya. Mulai dari ikan yang besar,sirip yang menyerupai sayap, ikan dengan buntut seperti belut dan lainnya.

Sumber: mongabay.co.id

Ilmuwan menemukan salah satu ikan disana dan menamainya ghost fish atau ikan hantu dikarenakan ikan tersebut memiliki wujud yang tembus pandang. Tampaknya yang mereka temukan disana ialah spesies baru dari snailfish yang hidup 5 mil dibawah permukaan samudra. Para pendarat memasang perangkap berumpan agar ikan-ikan tersebut dapat dengan jelas tertangkap dengan kamera.

Sumber : mongabay.co.id

Sayangnya ikan tersebut tidak mengambil umpannya namun yang mengambil umpan tersebut bukanlah ikan melainkan sekumpulan amfipoda yang berbentuk seperti udang. Sedangkan perangkap lainnya menangkap spesies lainnya yang merupakan spesies baru dari snailfish. Namun demikian, beberapa hewan yang dibawa dari dasar samudra tidak bisa bertahan di permukaan.

Alasan ikan ini hanya bertahan di dasar samudra ialah tekanan air yang ribuan kali tekanan permukaan laut adalah zat khusus yang ada dalam tubuh ikan tersebut. Zat ini adalah trimethylamine oxide yang menjaga dinding sel-sel ikan dan amfipoda tersebut secara fleksibel.

Jangan lupa bagikan artikel ini agar berguna serta bermanfaat kepada banyak orang. Seluruh informasi diatas dilansir oleh mongabay.co.id (10/09/2015).

Sumber: mongabay.co.id

Sumber: idntimes.com

Topic: #belut
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot