UC News

Advina Ratnaningsih, Melangkah dari Depan ke Belakang Panggung

Advina Ratnaningsih, Melangkah dari Depan ke Belakang Panggung

Berkecimpung di dunia modeling selama 15 tahun, Advina kini mulai memijakkan kaki di dunia karier yang lain.

“Halo, apa kabar?” sapa model kenamaan Indonesia yang bernama Advina Ratnaningsih, saat pertama kali bertemu dengan GLITZMEDIA.CO di studio milik fotografer Albert Prabowo. Tidak lama setelah datang, GLITZMEDIA.CO langsung mengajaknya berbincang terutama soal perjalanan kariernya.

“Aku pertama kali terjun ke dunia model itu waktu SMP. Coba-coba daftar ELITEMODELLOOK, eh ternyata lolos. Sempat aktif tapi kemudian vakum karena sekolah. Kemudian pas kuliah baru aktif lagi. Saat itu aku mendaftar ke agensi modelnya mas Adjie Notonegoro. Perjalanan karier modelku yang kedua kali berawal dari sini,” tuturnya.

Setelah kontraknya dengan Adjie Notonegoro berakhir, perempuan kelahiran Jakarta 10 September 2019 ini membuka kesempatan dengan mengikuti ajang pemilihan Wajah Femina. Sejak itu, kariernya di dunia modeling melesat hingga sekarang.

Kemulusan panggung mode ternyata tidak semulus perjalanan karier Advina di dunia model. Ia mengaku sempat mengalami krisis kepercayaan diri lantaran bentuk tubuhnya yang dianggap tidak sempurna.

“Berat badanku pernah naik lumayan banyak, aku sampai tidak berani mengukur pinggangku. Suatu hari aku pernah terlibat dalam sebuah fashion show. Lalu di sana ada salah satu orang yang memegang kendali show tersebut. Saat dia melihat ke arahku, langsung bilang ‘Advina gendut banget, gimana sih nggak jaga badan’…” ungkapnya sedih.

Karena perlakuan tersebut Advina mengaku sempat down dan stres. Perempuan yang pernah tinggal di Kota Garut dan Purwokerto ini mengaku sempat kehilangan rasa percaya diri karena hal itu. Tapi kemudian ia berusaha untuk positive thinking dengan berpikir ya memang berat badannya sedang naik dan ia harus menurunkan berat badannya tersebut.

Diakui Advina ketika berat badannya naik, jumlah pekerjaan yang datang padanya juga sedikit. Sehingga ia memutuskan untuk konsentrasi menurunkan berat badannya demi kebaikan dirinya sendiri. GLITZMEDIA.CO kemudian bertanya pada Advina, “Menyenangkannya berkarier di industri ini apa sih Advina?” lalu Advina menjawab:

“Bisa memakai baju dari berbagai desainer. Termasuk ketika mereka mengadakan show di luar negeri. Karena aku pernah, ikut sama beberapa desainer ke luar negeri ketika mereka ada show di sana. Itu salah satu prestasi dan pencapaian dalam karierku sebagai model.”

Tidak berhenti di situ, Advina mengungkapkan sebagai model pencapaian terbesar dalam kariernya adalah bisa melenggang di sebuah pagelaran fashion di Milan, Italia. Bagaimana ceritanya?

“Aku itu senang sekali belajar tentang hal-hal baru, termasuk di dunia modeling. Suatu hari aku iseng, tiba-tiba kepikiran untuk mencoba jalan di fashion show luar negeri. Akhirnya aku kirim email ke setiap mother agency di luar negeri. Lalu ada salah satu mother agency membalas emailku dan menawarkan aku untuk tinggal di Milan, Italia selama satu bulan untuk fashion show di sana.”

Author: Asti Ajani


Tidak berpikir dua kali Advina langsung menerima tawaran tersebut. Karena, di waktu yang berdekatan Advina juga akan liburan akhir tahun di Belgia. Semua begitu pas, makanya ia memutuskan untuk berangkat melenggang di kancah mode internasional.

Tahun ini, karier Advina di dunia modeling sudah mencapai usia 15 tahun. Ia mengaku bosan dengan rutinitas modeling, tetapi tidak pernah sekalipun berpikir untuk berhenti. Baginya dunia modeling adalah hatinya, sulit untuk meninggalkan dunia itu.

Prinsipnya, selama masih ada desainer atau klien yang ingin memakai jasanya maka ia akan bertahan. Tetapi bukan berarti ia tidak mempersiapkan hal lain untuk kestabilan kariernya. Advina diketahui memiliki kesibukan baru sebagai penanggung jawab divisi seragam di butik milik desainer Ivan Gunawan.

“Aku sama kak Ivan Gunawan itu dekat sekali. Waktu aku dikontrak oleh agensi modelnya mas Adjie Notonegoro, kak Ivan yang juga ponakannya mas Adjie banyak mengajarkan aku soal jalan. Beliau adalah guru jalanku pada saat itu. Singkat cerita suatu hari kak Ivan bertanya langkah karier apalagi yang mau aku buat. Lalu dia menawarkan pekerjaan ini, dia butuh orang untuk mengurus divisi seragam di butiknya. Karena aku suka tantangan dan senang belajar hal baru akhirnya aku terima.”

Advina sudah menjadi tim Ivan Gunawan sejak empat bulan lalu. Sejauh ini semua terasa menyenangkan karena banyak hal harus ia pikirkan dan persiapkan agar klien-klien merasa senang dan terbantu.

“Misalnya mau pitching, aku pasti bantuin kak Ivan untuk mempersiapkan semua yang dibutuhkan. Benar-benar banyak sekali hal baru yang aku pelajari selama ngantor ini. Pusingnya ada saja sih, tetapi secara keseluruhan sangat menyenangkan.”

Selain itu, bergabung dengan butik Ivan Gunawan juga membuat kehidupan Advina menjadi segar. Sebab, ia tidak hanya bertugas di kantor untuk mengurus semua yang ada di divisi seragam, tetapi Ivan Gunawan juga melibatkan ia di berbagai kegiatan penting.

“Kalau kak Ivan mau ada show, aku pasti dilibatkan di setiap persiapannya. Pengalaman yang sangat menarik, karena kalau mau show aku biasanya ada di depan untuk audisi atau casting. Tapi sekarang aku yang bertugas mengaudisi, it’s interesting karena aku jadi tahu proses di balik audisi atau casting itu seperti apa,” tutupnya.

Penulis: Andiasti Ajani

Pengarah Gaya: Meichella Nancy

Fotografer: Albert Prabowo

Rias Wajah: Carlos Shu

Tata Rambut: Noeari

Author: Asti Ajani

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot