UC News

Akhirnya terungkap! ini rahasia mengapa bangunan jaman Belanda sangat kokoh

Akhirnya terungkap! ini rahasia mengapa bangunan jaman Belanda sangat kokoh
Referensi pihak ketiga

Setelah melihat gambar di atas, kamu pasti mikir: kok bisa jembatan jaman Belanda enggak ambruk kayak yang disebelah?

Meskipun bikinan belanda, tapi sebenarnya yang ngerjain bangunan kala itu tetap aja orang indonesia juga, cuman mungkin dari segi pengelolaan sumber daya serta disain kontruksi yan ngerjain orang Belanda asli karena mereka kan pinter kalau soal bangun membangun, khususnya pada jaman itu dimana orang indonesia masih rada-rada.

Sekarang setelah kita merdeka, masih banyak banget bangunan peninggalan Belanda yang eksis dan masih digunakan hingga kini bahkan tetap bertahan ketika bangunan buatan negri sendiri yang baru aja dibangun kemarin sore amblas, lah? kok bisa?

Ya bisa dong.

Dibilang teknologi jaman dulu lebih baik? ya pastinya enggak mungkin, atau orang Indonesia masih rada-rada sampai sekarang? ya enggaklah, banyak kok orang indonesia yang go internasional dalam hal bangun membangun, contohnya aja kontruksi cakar ayam yang kini banyak digunakan di seluruh dunia yang nyatanya ditemuin sama orang indonesia, kurang canggih apa lagi?

Referensi pihak ketiga

Trus kenapa bangunan bikinan sendiri yang baru aja dibikin bisa amblas. rubuh, ancur dan sebagainya dalam kurun waktu yang enggak lama setelah dibangun?

Untuk menjawab pertanyaan pelik ini (cealaah), inilah rahasia bangunan di jaman Belanda sangat kokoh berdiri hingga kini:

Berani jor-joran

Referensi pihak ketiga


Namanya juga bule jaman dulu, mereka tuh sebenarnya bersaing satu sama lain buat mengesankan pemimpin mereka atau pesaing sesama penjajah lainya, jadi estetika dan fungsi itu penting banget, makanya mereka enggak peduli keluar duit banyak buat membangun sesuatu karena itu bisa mendongkrak popularitas diri mereka di negara mereka atau dimana pemimpin maupun pesaing mereka.

Kalau bangunan sekarang tau sendiri kan? bahan baku diginiin, gaji pekerja digituin, ya itulah.

Memperhatikan tata letak

Referensi pihak ketiga


Kebanyakan bangunan yang sekarang suka ambruk itu karena entah pondasinya atau tata letak. jaman belanda dulu, mereka sangat memperhatikan tata letak, mereka enggak masalah kalau harus bongkar lagi semisal peletakkan bangunan yang salah, pokoknya mereka tuh enggak cuman mentingin keindahan dan bahan baku terbaik, tapi juga peletakkan bangunan itu sendiri.

Bangunan sekarang dibikin di parit juga enggak masalah asal kelarnya tepat waktu.

Fungsi jangka panjang

Sombong dan mikir mereka bakal nempatin bangunan yang mereka bikin selamanya, jadi para kompeni ini bikin bangunan yang anti buat hancur/ lagian mereka bikin bangunan di jaman perang pastinya setiap bangunan yang mereka bikin harus mampu menahan gempuran musuh, enggak lucu kan kalau jembatan tiba-tiba amblas dan bikin tank-tank mereka nyungsep ke sungai?

Referensi pihak ketiga

Nah itu dia beberapa alasan mengapa bangunan jaman Belanda sangat kokoh dan masih digunakan hingga kini.

Intinya sih, teknologi jaman dulu enggak mungkin jauh dari sekarang, masalahnya cuman di pengelolaan sumber daya aja, entah itu bahan baku, SDA, tata letak, dan sebagainya.


Sumber referensi:

https://www.boombastis.com/rahasia-bangunan-belanda/

Topic:
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot