UC News

Anies Koordinasi Ke Jokowi Soal Penanganan Wabah Covid-19. Skenario Ini Yang Disiapkan!

Kepala Daerah paling sibuk di saat wabah virus Corona semakin meningkat intensitasnya di Indonesia, bisa jadi adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan. Status Jakarta sebagai ibukota negara, menjadikan wilayah yang dipimpinnya menjadi salah satu titik perhatian utama penanggulangan wabah virus mematikan itu. Apalagi data menunjukkan bahwa jumlah pasien yang dipastikan positif mengidap Covid-19, terbanyak berada di Jakarta.

Anies Koordinasi Ke Jokowi Soal Penanganan Wabah Covid-19. Skenario Ini Yang Disiapkan!
Referensi pihak ketiga

Untuk efektifitas tugas-tugasnya itu, Gubernur yang sudah hampir dua tahun bekerja tanpa Wakil Gubernur itu pun tidak melupakan pesan Presiden Jokowi, untuk selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat. Saat berjumpa dengan para juru warta, Selasa (24/3), Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengakui bahwa bossnya telah berkoordinasi dengan Presiden terkait penanganan Covid-19 di wilayahnya.

Seperti diungkap Widyastuti, Anies melaporkan kepada jokowi terkait kesiapan Jakarta menghadapi kemungkinan terburuk, dengan mengajukan skema penanganan krisis. 'Gubernur menyampaikan bahwa DKI Jakarta telah menyiapkan skenario jika kasus Covid-19 semakin meningkat,' paparnya.

'DKI Jakarta sudah menyiapkan skenario untuk menangani, ketika kasusnya berjumlah 500, 1.000, bahkan sampai dengan 8.000 orang terkonfirmasi positif,' lanjutnya. Dijelaskannya, akan ada pemisahan 3 kelompok bagi mereka yang terindikasi positif, yang dibedakan berdasarkan gejala yang dialami.

'Kelompok pertama, parah/kritis sebesar 8%. Kelompok kedua, berat sebesar 12%, dan kelompok ketiga, ringan sebesar 80%,' ujarnya. Kepada ketiga kelompok itu, metode penanganannya berbeda. Ditegaskannya, kelompok pertama dan kedua harus mendapat perhatian khusus, karena butuh fasilitas kesehatan lengkap yang levelnya setara ICU dan IGD. Menurutnya, perawatan intensif diberikan kepada yang 20 persen (kelompok pertama dan kedua), sedangkan 80 persen yang gejalanya ringan, bisa menggunakan fasilitas minimum, termasuk Wisma Atlet atau RS lainnya.


Sumber artikel :

news.detik.com/berita/d-4952092/anies-siapkan-skenario-terburuk-tangani-corona-sampai-8000-kasus-positif?_ga=2.51138848.821993429.1584964345-574354155.1575285442

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot