UC News

Apple Lesu, Huawei Melesat di Kuartal Pertama 3 Wilayah Ini

Apple Lesu, Huawei Melesat di Kuartal Pertama 3 Wilayah Ini

IDNEWS.CO.ID – Laporan IDC tentang pertumbuhan dan pengiriman unit smartphone di Eropa, Timur Tengah, serta Afrika pada kuartal pertama 2019 memperlihatkan lesunya Apple dan Huawei yang melesat.

Menurut laporan itu, yang dikutip GSM Arena, penjualan smartphone di ketiga wilayah itu mencapai 83,7 juta unit selama empat bulan pertama tahun ini. Berdasarkan periode yang sama tahun lalu (year on year/YoY), ada peningkatan 3,3 %.

Adalah Huawei yang mencatatkan pertumbuhan paling besar di wilayah itu dengan peningkatan 66,1 % YoY dalam hal pengapalan unit, diikuti Xiaomi dengan 33,3 %.

Data itu memperlihatkan Huawei sebagai vendor tunggal dengan jumlah pengiriman unit terbesar kedua pada periode ini di ketiga wilayah itu, hanya kalah banyak dari Samsung.

Samsung masih jadi penguasa market share di wilayah-wilayah itu pada kuartal pertama 2019 dengan 29,47 %, meskipun mencatatkan pertumbuhan YoY -6,82 %. Huawei di posisi kedua dalam hal market share, naik satu posisi daripada tahun lalu dengan mendahului Apple.

Menyimak lebih lanjut data itu memperlihatkan lesunya Apple. Dengan pertumbuhan YoY -22,73 % pada kuartal pertama 2019 di Eropa, Timur Tengah, serta Afrika, market share Apple tergerus dan sekarang berada pada angka 14,74 % — meskipun itu masih menempatkannya di posisi ketiga.

“Hasil Apple adalah yang terendah dalam lima tahun dan kita bisa menduga kecenderungan serupa pada kuartal berikutnya mengingat tidak ada ponsel baru yang rencananya akan dirilis (Apple) sampai Q3 nanti,” sebut GSM Arena.

(fat)

Topic: #apple #huawei
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot