UC News

Arab Saudi Mendadak Stop Umroh untuk RI, Jokowi Langsung Bilang Begini!

Kementerian Luar Negeri Arab Saudi mengumumkan untuk menghentikan sementara visa umrah di tengah merebaknya wabah corona. Aturan penangguhan ini membuat peziarah tidak bisa mengunjungi Masjid Nabawi, Madinah dan Masjid al Haram, Mekkah untuk sementara waktu.

Penangguhan visa umrah ini juga berlaku bagi pengunjung yang berasal dari negara-negara yang termasuk dalam daftar 'berbahaya' penyebar virus corona.

Arab Saudi Mendadak Stop Umroh untuk RI, Jokowi Langsung Bilang Begini!
Referensi pihak ketiga

Dikutip dari Tribunnews.com (27/02/2020), Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy memastikan bahwa seluruh visa umrah milik calon jemaah Indonesia ditangguhkan akibat penghentian sementara ibadah itu oleh Kerajaan Arab Saudi.

Muhadjir sendiri mengimbau agar seluruh jamaah asal Indonesia untuk bersabar sementara waktu sampai kebijakan visa umrah itu kembali dibuka.

Referensi pihak ketiga

"Enggak [bisa terbang ke Arab Saudi], Jadi sementara ditangguhkan, iya [meski udah keluar visa umrahnya], Kalau di sana tertutup enggak boleh ada perjalanan umroh, ya harus diterima dengan sabar," kata dia.

Sementara itu Presiden Joko Widodo menghargai keputusan pemerintah Arab Saudi yang menghentikan sementara visa umrah tengah merebaknya Virus Corona.

Jokowi meyakini keputusan Arab Saudi itu juga diterapkan ke negara lain. Ia sendiri belum membahas lebih lanjut keputusan tersebut dengan Kementerian Agama selaku pihak yang berwenang mengelola umrah.

Referensi pihak ketiga

"Itu kebijakan dari pemerintah Arab Saudi. Kita menghargai, kita menghormati, karena apapun yang namanya kesehatan itu dinomorsatukan oleh pemerintah Arab Saudi. Kita sangat menghargai,

Saya baru dapat informasi kemarin. Saya kira ini tidak hanya untuk Indonesia, tapi untuk semua negara karena mereka ingin melindungi warga negaranya dari Virus Corona. Kita sangat menghargai itu," katanya.

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot