UC News

Baguskah Tidur Setelah Makan?

Baguskah Tidur Setelah Makan?
https://unsplash.com/photos/w6mOTviYz2w

Pernahkah anda merasa ingin tidur setelah makan? Pasti sebagian besar dari kita pernah merasakannya dan juga pernah melaksanakannya.

Tapi apakah hal ini dapat membahayakan kesehatan kita? Jika anda adalah salah satu orang yang mencari jawaban dari internet, semua jawaban yang anda temui adalah iya.

Alasan utama kenapa kita tidak boleh tidur setelah makan adalah karena makanan yang berada di dalam perut kita belum sepenuhnya tercerna. Permasalahan dengan tidur setelah makan adalah perut lebih mudah mencerna makanan ketika dalam posisi badan tegak.

Jadi, jika kita langsung tidur setelah makan akan terjadi masalah gangguan pencernaan yang dapat menyebabkan penyakit di sistem pencernaan.

Penyakit yang sering muncul adalah naik asam lambung, dengan nama saintifik penyakit refluks gastroesofagus (Gastroesophageal reflux disease, GERD). Ciri-ciri penyakit ini adalah ketika kita merasakan isi perut naik ke kerongkongan, yang menyebabkan asam lambung naik dan menciptakan sensasi rasa terbakar di kerongkongan.

Poin paling penting adalah ketika kita sudah selesai makan lebih baik jika kita mencerna makanan dalam posisi badan tegak, tidak dalam posisi berbaring agar tidak menyebabkan gangguan percernaan.


Sumber:

https://www.thesleepjudge.com/is-it-bad-to-sleep-after-eating/

https://hellosehat.com/penyakit/gerd-adalah-penyakit/


READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot