UC News

Bangun Kesiangan, Masih Bolehkah Sholat Subuh? ini Jawaban Ustadz Adi Hidayat

Bangun Kesiangan, Masih Bolehkah Sholat Subuh? ini Jawaban Ustadz Adi Hidayat
https://www.islamkaffah.com/

Sholat adalah ibadah wajib bagi umat muslim, lima kali sehari denga rukun dan waktu yang telah ditentukan. yang namanya ibadah wajib tentu jika dilakukan mendapatkan pahala dan jika ditinggalkan akan mendapatkan dosa.

Sholat yang paling sering terlambat dikerjakan umumnya adalah sholat subuh. Waktunya di pagi hari, dimana mata masih enak-enaknya terpejam. Waktunya pun singkat pun demikian jumlah rakaatnya hanya dua rakaat.

Lantas bagaimana jika kita mengerjakan sholat tapi terlambat? Apakah masih boleh mengerjakan sholat subuh? Yuk kita simak ulasan mengenai subuh yang kesiangan ini dari ustadz Adi Hidayat berikut.

Orisinil

Dalam ceramahnya yang dipublikasikan oleh akun youtube audio dakwah, ustadz Adi Hidayat memberikan sebuah contoh pelaksanaan sholat subuh yang seharusnya adalah pukul 4.28 tapi karena terlambat bangun si A baru menunaikan sholat subuh 8.24. Lantas apakah hal ini diperbolehkan?

Tak ada jamaahnya yang menjawab lalu beliau menganalogikan dengan hal lain. Dalam bekerja suatu perusahaan mempunyai aturan masuk kerja jam 8.00 lalu bolehhkah seorang karyawan baru masuk kantor jam 10.00? Tentu saja hal tersbeut menyalahi aturan dan tidak boleh.

Demikian halnya dengan sholat subuh. Menurut ustadz Adi Hidayat, sholat subuh kesiangan sudah pasti tidak boleh tapi belum tentu dosa. Mengapa demikian? Karena hal itu tergantung motif dan sikap orang tersebut usai melakukan kesalahan.

Ketika ia sholat subuh kesiangan karena nonton bola, atau begadang untuk hal yang tidak manfaat lalu ia baru bangun setelah matahari terbit dan menjalankan sholat subuh tentu ini kesalahan besar dan bisa jadi dosa jika tidak segera kembali pada Allah.

Allah memiliki sifat Maha pengampun dosa, dan pemberi rahmat. Jadi ustadz Adi Hidayat menegaskan pada kita untuk segera minta ampun pada Allah, kembali ke jalan Allah agar kesalahan-kesalahan, kelalaian-kelalaian dan dosa-dosa kita di ampuni oleh Allah.

Jangan sampai kita berlarut-larut dalam perbuatan dosa hingga Allah geram lalu menurunkan azab pada kita layaknya umat-umat terdahulu.

Jadi sobat, sebesar apapun dosa dan kesalahan yang kita perbuat jangan berputus asa pada rahmat Allah. Yuk segera istigfar, segera minta ampun pada Allah agar kita tidak berlarut-larut dalam perbuatan salah dan dosa.

Semoga ulasan ini Bermanfaat. jangan lupa like & share juga klik ikuti jika suka postingan ini. Terima kasih. 

Sumber. Ceramah ustadz Ado Hidayat, Lc yang dipublikasikan oleh akun youtube audio dakwah dengan judul 'Bolehkah Sholat Subuh Kesiangan? Karena baru bangun-ustadz Adi Hidayat'

Topic:
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot