UC News

Bau Badan Tak Sedap? Usir Bau Badan dengan Deretan Bahan Alami Ini!

Bau Badan Tak Sedap? Usir Bau Badan dengan Deretan Bahan Alami Ini!
Gambar: hellodoctor.com

Salah satu hal yang membuat seseorang merasa tidak percaya diri adalah permasalahan si BB, alias bau badan. Sebenarnya bukan sekadar rasa percaya diri orang tersebut, tetapi juga masalah bagi orang-orang di sekitarnya. Siapa sih, yang tahan berlama-lama bersama sosok yang bau badannya begitu tak sedap dan tajam menyengat?

Bau badan tak sedap disebut juga bromhidrosis, osmidrosis atau ozochrotia. Apa sebabnya? Dilansir dari medicalnewstoday.com (15/2/2017) bau badan muncul karena adanya aktivitas bakteri pada kelenjar keringat yang mengubah keringat menjadi zat asam tertentu, biasanya asam propionat dan asam isovalerat.

Kedua jenis asam tersebut, memiliki bau yang khas. Menurut lifestyle.kontan.co.id (4/4/2012) asam propionat merupakan bau badan yang seperti cuka. Asam propionat merupakan hasil penguraian keringat oleh Propionibacteria. Sedangkan asam isovalerat merupakan penguraian keringat oleh bakteri Staphylococcus epidermidis. Bau keringatnya berubah seperti bau keju.

Rajin mandi alias membersihkan badan secara rutin, merupakan cara efektif untuk mengatasi bau badan. Demikian juga memakai deodoran yang bisa menghambat aktivitas kelenjar keringat.

Beberapa bahan alami yang bisa membantu mengatasi bau badan antara lain tersebut di bawah ini.

Kunyit

Foto: hellosehat.com

Resep menghilangkan bau badan yang secara turun menurun diwariskan dari nenek moyang kita adalah kunyit/kunir. Agar kunyit terasa lezat dan nikmat, bisa diminum dalam bentuk kunyit asam. Atau juga minuman serbuk kunyit, yang saat ini sudah banyak dijual di pasar.

Selain bisa menghilangkan bau badan, kunyit juga mengandung antioksidan berupa kurkumin. Antioksidan ini efektif mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker dan mencegah kerusakan jaringan akibat radikal bebas.

Daun Kemangi

Foto: dutaminang.com

Lalapan kemangi tentu merupakan favorit kebanyakan orang. Kemangi yang dicocolkan ke sambal terasi, sungguh lezat. Tetapi, lebih dari itu, senyawa aktif pada kemangi terbukti sukses menghilangkan bau badan yang mengganggu.

Jahe

Foto: drweil.com

Kemampuan mengusir bau badan pada jahe, disebakan karena aktivitas antibakteri yang dimiliki, yang mampu menghambat aktivitas bakter penyebab bau badan. Sama seperti kunyit, sekarang bubuk jahe-jahean sudah banyak dijual di pasaran, dan kita manfaatkan sebagai minuman.

Bahan-bahan tersebut tidak sulit dijumpai. Jadi, yuk kita coba!

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot