UC News

Beberapa Tips Cara Merawat Tali Pusar Bayi Yang Benar

Beberapa Tips Cara Merawat Tali Pusar Bayi Yang Benar
cussonsbaby.co.id

Bayi yang baru lahir, mempunyai tali pusar yang menghubungkan antara bayi dengan Ibunya. Untuk Ibu yang baru mempunyai bayi, ataupun yang baru melahirkan, sering tidak mengetahui tentang cara perawatan tali pusar bayi agar tidak terjadi infeksi atau terkena penyakit.

Bayi menerima makanan dan oksigen melalui tali pusar yang menempel di dinding rahim. Setelah melahirkan, tali pusar dan juga ari-arinya tidak diperlukan lagi. Tali pusar akan dipotong 2 hingga 3 cm, dan tali pusar inilah yang harus dijaga dan dirawat, dengan maksud agar cepat kering dan juga tidak akan terjadinya infeksi, maka rawatlah tali pusar bayi dengan baik dan benar. Proses pelepasan tali pusar ini terjadi antara 1 – 3 Minggu lamanya. Berikut Beberapa Tips Cara Merawat Tali Pusar Bayi Yang Benar :

1. Jaga agar tetap bersih

Meski tali pusar bayi dapat kering dan terlepas dengan sendirinya, namun orang tua perlu merawatnya supaya tetap dalam keadaan yang bersih. Selain mempercepat proses pengeringan juga agar terhindar dari kemungkinan timbulnya infeksi. Bersihkan dengan alkohol di area sekitar pusar, perhatikan sebelum menggunakan alkohol oleskan perut bayi dengan lotion terlebih dahulu. Hal ini karena alkohol dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi dan membuat bayi rewel.

2. Jaga agar tetap kering

Tali pusar bayi yang lembab akan membuatnya lebih lama terlepas sehingga akan membutuhkan perawatan yang lebih lama juga. Karenanya disarankan untuk membuat sirkulasi udara di bagian tali pusat dapat terjaga dengan baik. Dan jika menggunakan popok bayi usahakan tali pusat tidak tertutup popok agar terhindar dari kelembaban. Bila perlu gunakan popok sekali pakai yang berbahan tipis dan biarkan mendapat udara agar tali pusat cepat mengering.

3. Jangan mandikan dalam bak penuh air

Sebelum tali pusat kering dan lepas dengan sendirinya usahakan jangan memandikan bayi dalam bak mandi penuh air. Gunakan saja waslap atau spons mandi khusus bayi, alasmandikan bayi di tempat khusus yang telah di berbayidi dan aman untuk bayi. Hal ini karena air dapat membuat tali pusat lembab dan mudah terkena infeksi, seperti demam.

4. Biarkan lepas dengan sendirinya

Meskipun tali pusar bayi tinggal seutas benang saja perlu diingat bahwa jangan sekalipun pernah mencoba untuk menariknya baik sengaja atau tidak. Sebab bila tali pusat terlepas sebelum waktunya hal tersebut dapat mengakibatkan pendarahan di bagian tersebut. Dan tentu akan membuat bayi menangis kesakitan. Pada kasus yang lebih parah hal tersebut dapat menyebabkan kondisi yang dapat mengakibatkan kematian pada bayi baru lahir.

Sumber : hamil.co.id

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot