UC News

Begini Detik-Detik Septic Tank Meledak Tewaskan Satu Orang, Polisi Ungkap Penyebabnya!

Begini Detik-Detik Septic Tank Meledak Tewaskan Satu Orang, Polisi Ungkap Penyebabnya!

Video rekaman CCTV yang memperlihatkan detik-detik tragedi petugas sedot tinja tewas terkena ledakan septic tank di Cakung, Jakarta Timur viral di media sosial Twitter.

Polisi juga memberikan penjelasan terkait penyebab ledakan mengerikan itu bisa terjadi sehingga memakan korban jiwa. Salah satunya dikarenakan gas yang mengendap selama puluhan tahun.

Seperti apa kejadian septic tank meledak ini? Simak laporannya.

Detik-detik septic tank meledak di Cakung

twitter.com

Dalam sebuah video yang viral di Twitter, sebuah rekaman video CCTV menunjukkan proses ledakan septic tank yang terjadi di sebuah rumah kawasan Cakung, Jakarta Timur.

Baca Juga: Jijik Banget, Dinkes Lakukan Razia Warung Makan Ayam Berbelatung di Polewali Mandar!

Video yang diunggah oleh akun @PenjahatGunung dengan durasi 42 detik itu memperlihatkan dua petugas sedot tinja yang tengah menunggu proses pembersihan septic tank.

Namun, mereka dibuat terkejut ketika lantai yang dipijak tiba-tiba meledak dan membuat satu orang petugas sedot tinja terperosok masuk ke dalam septic tank.

Sedangkan petugas lainnya terlihat kebingungan setelah ledakan terjadi. Untungnya, si petugas berhasil selamat dengan menderita sejumlah luka ringan.

Baca Juga: Aduh! Petugas Sedot Tinja Tewas Akibat Septic Tank Meledak di Cakung

Polisi ungkap penyebab septic tank meledak

metro.sindonews.com

Dilansir dari Detik.com, Selasa (5/11), Kanit Reskrim Polsek Cakung AKP Tomi Sirait menjelaskan penyebab terjadinya ledakan septic tank di Cakung.

Berdasarkan penyelidikan kepolisian, ledakan tersebut berasal dari endapan gas yang menumpuk di dalam septic tank yang lalu dipicu oleh api yang dilemparkan petugas masuk ke dalam septic tank.

“(Ledakan karena) gas yang terendap puluhan tahun dalam septic tank kena api,”

Limbah manusia sendiri memang menghasilkan sejumlah gas yang mudah terbakar jika mengendap begitu lama. Beberapa diantaranya adalah gas metana, karbondioksida, hidrogen sulfida, dan amoniak.

Tak heran ketika petugas sedot tinja memasukkan koran yang dibakar ke dalam septic tank memicu ledakan berdaya ledak kuat yang membuat tanah terangkat.

Baca Juga: Gempar Pria Bugil Tolak Hukum Syariah Muncul di Google Maps, Pemkot Aceh Meradang!

Polisi pun memastikan jika kejadian tersebut merupakan kecelakaan kerja dan tidak menyebabkan adanya api usai ledakan terjadi.

“Kecelakaan kerja itu sebenarnya, pelakunya dia, korbannya dia,” jelas AKP Tomi.

Peristiwa septic tank meledak di Cakung, Jakarta Timur memang sangat menggemparkan. Hal ini karena tidak lepas dari adanya korban jiwa saat peristiwa terjadi.

Semoga kejadian ini bisa membuat seluruh masyarakat waspada dan berhati-hati ketika melakukan pembersihan septic tank karena terdapat banyak gas yang mudah terbakar dan bisa menyebabkan ledakan.

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot