UC News

Belum Usai Kasus Penyelundupan Harley, Kini Viral Video Pesawat Garuda Indonesia Angkut Mobil Ferrari, Perusahaan Buru-buru Buat Klarifikasi

Belum Usai Kasus Penyelundupan Harley, Kini Viral Video Pesawat Garuda Indonesia Angkut Mobil Ferrari, Perusahaan Buru-buru Buat Klarifikasi

Suar.ID - Menteri Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) Erick Thohir akan memberhentikan Direktur Utama (Dirut) PT Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Ashkara, Kamis (5/12/2019).

Keputusan Erick ini diambil setelah sebelumnya Ari Ashkara ditengarai menyelundupkan onderdil Harley Davidson keluaran tahun 1972 serta dua sepeda Brompton.

Barang-barang tersebut ditemukan saat petugas melakukan pengecekan di hanggar pesawat milik PT GMF AeroAsia Tbk di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Minggu (17/11/2019).

Tak lama setelah kejadian itu, sebuah video beredar viral di media sosial, khususnya Twitter, Kamis (5/12/2019).

Dalam video yang beredar itu, terlihat pesawat Garuda Indonesia yang diduga membawa mobil Ferrari.

Sejumlah petugas terlihat melakukan pemeriksaan terhadap mobil tersebut.

Video yang menampilkan pesawat Garuda Indonesia yang membawa mobil Ferrari itu diunggah oleh sejumlah akun di Twitter.

Salah satu unggahan, menuliskan, "Mobil masuk cabin apa bagasi, Min?".

Video berdurasi sekitar 7 detik tersebut juga memperlihatkan sejumlah petugas tengah mengecek mobil berperforma tinggi dari pabrik Italia itu.

Hingga Sabtu (7/12/2019) siang, tercatat ada 387 akun yang telah membagi ulang dan ada 363 akun Twitter yang menyukai unggahan tersebut.

Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia, M Iksan Rosan, membenarkan bahwa Garuda Indonesia pernah mengangkut mobil Ferarri pada 9 Oktober 2018.

Diketahui mobil mewah tersebut diangkut dengan nomor penerbangan GA086 jenis B-777-300ER.

Ikhsan mengatakan, Ferrari yang dibawa kargo Garuda itu dilakukan secara legal.

"Bersama ini kami konfirmasikan bahwa mobil tersebut merupakan barang kargo yang secara legal diangkut dari Jakarta tujuan London Heathrow dengan pesawat Garuda Indonesia GA086 jenis B-777-300ER pada tanggal 9 Oktober 2018," ujar Ikhsan melalui keterangan resmi, seperti diberitakan Kompas.com, Sabtu (7/12/2019).

Selain itu, Ikhsan menyebutkan, mobil tersebut telah melalui prosedur kepabeanan resmi.

Menurut dia, mobil merah itu milik seseorang yang menggunakan jasa kargo Garuda Indonesia.

Ia menjelaskan, lokasi pengambilan video viral tersebut berada di Bandara Heathrow London.

"Adapun lokasi pengambilan gambar adalah di Bandara Heathrow London ketika kargo berupa mobil Ferarri tersebut diturunkan dari pesawat," ujar dia.

Terkait proses pengangkutan barang atau jasa kargo, Ikhsan menjelaskan, Garuda Indonesia kerap memberikan layanan jasa kargo, seperti Panda dari China ke Jakarta pada 2017. (Retia Kartika Dewi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul [KLARIFIKASI] Ferrari Diangkut Kargo Pesawat Garuda Indonesia secara Legal

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot