UC News

Benarkah Makan Durian Bisa Memabukkan Dan Menyebabkan Kematian?

Benarkah Makan Durian Bisa Memabukkan Dan Menyebabkan Kematian?
Referensi pihak ketiga
Referensi pihak ketiga

Buah durian si buah berduri yang selalu dicari dan diburu oleh banyak penggemarnya karena rasa dan aromanya yang lezat dan menyengat.Meskipun banyak juga yang menyebut durian berbahaya,terutama untuk kesehatan.Durian masuk dalam buah yang cukup berbahaya, khususnya untuk orang-orang yang memiliki riwayat kolestrol tinggi, diabetes, penyakit jantung, darah tinggi, dan gangguan pencernaan pada lambung.

Apakah ada efeknya bagi tubuh jika Kita makan durian? Benarkah makan durian bisa bikin mabuk? Istilah mabuk durian pasti sudah tidak asing lagi di telinga para penggemar buah berduri ini, karena katanya durian mengandung alkohol. Anggapan ini salah. Buah durian tidak mengandung alkohol, sehingga tentu tidak akan membikin Kita benar-benar mabuk layaknya mabuk minuman keras.

Makan durian baru berbahaya apabila Kita mengkonsumsinya secara berlebihan. Orang yang mempunyai kelebihan berat badan atau obesitas, juga orang-orang yang memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi), penyakit jantung, dan diabetes harus bisa membatasi diri.Kebanyakan makan durian bisa menyebabkan ganguan pencernaaan,meningkatkan gula darah,dan berat badan bertambah.

Apakah makan durian bisa menyebabkan kematian? Sejak beberapa hari ini media ramai memberitakan tentang meninggalnya seorang pria di Minahasa setelah mengkonsumsi durian dan kopi. Banyak pihak yang meyakini bahwa pria di Provinsi Sulawesi Utara tersebut meninggal dunia gara-gara mengkonsumsi durian dan kopi secara bersamaan. Sebelumnya juga pernah diberitakan seorang sopir angkot ditemukan tewas setelah diduga kebanyakan makan durian.Bahkan pernah dikabarkan di Malaysia sejumlah orang harus dibawa ke rumah sakit karena mengonsumsi kopi durian.

Jika Anda seorang penggemar durian sekaligus kopi, bolehkah minum kopi setelah makan durian? Rupanya, minum kopi sesudah menikmati durian sah-sah saja, boleh karena hal ini bukanlah hal yang mematikan.

Namun, bila ada orang meninggal karena makan durian, perlu adanya pengecekan riwayat kesehatan korban. Misalnya,apakah korban memiliki riwayat penyakit diabetes, obesitas atau riwayat peyakit lainnya.Jadi, kalau ada orang makan durian langsung meninggal, itu bukan karena makan durian sebenarnya. Mungkin orang tersebut sudah memiliki faktor risiko kematian.Orang yang meninggal mendadak umumnya disebabkan oleh serangan jantung. Untuk diingat, hal ini tidak disebabkan oleh durian.Durian menjadi penyebab kematian atau meningkatkan detak jantung hanya mitos saja.

Tapi akan lain ceritanya jika kita makan buah durian sambil menenggak minuman keras. Selain membuat mabuk (dari minum keras yang diminum), makan durian sambil minum minuman keras ternyata bisa menyebabkan kram perut ringan sampai parah. Keparahannya akan tergantung pada berapa banyak durian dan alkohol yang dikonsumsi. Kombinasi keduanya bahkan dapat menyebabkan kematian dalam beberapa kasus. Ini karena durian mengandung senyawa sulfur yang disebut dietil disulfida yang dapat menghambat kerja enzim aldehyde dehydrogenase (ALDH) dalam hati yang berfungsi untuk memecah alkohol. Ditambah lagi, durian sudah tinggi kalori, jadi menambahkan alkohol akan membuat sulit bagi perut dan hati untuk mencerna makanan.

Disamping itu, kadar alkohol dalam darah yang gagal dipecah oleh tubuh karena dihambat oleh durian akan berubah menjadi sangat beracun. Kita dapat menjadi sangat kebingungan, tidak responsif, mengalami pernapasan pendek, bahkan kehilangan kesadaran hingga koma.

Selain itu, meski durian tidak mengandung kolesterol dan lemak jenuh, makan durian bersama minuman keras tetap bisa meningkatkan tekanan darah. Kadar alkohol yang terlalu tinggi dalam tubuh bisa makin menyebabkan tekanan darah melonjak di luar batas. Menyebabkan hipertensi, kemudian meningkatkan risiko seseorang mengalami serangan jantung, stroke, atau gagal jantung kongestif.

Tingkat alkohol dalam darah yang melebihi batas wajar juga dapat melemahkan otot-otot jantung, yang juga akan mempengaruhi paru, hati, otak, dan sistem organ dalam tubuh lainnya.Kadar alkohol yang terlalu tinggi dalam darah dapat menyebabkan kerusakan otak permanen dan menyebabkan jantung berdetak tidak normal (aritmia jantung), yang telah dikaitkan dengan kematian mendadak.

Jadi kesimpulannya makan durian tidak menyebabkan mabuk dan kematian mendadak asalkan dimakan sewajarnya, tanpa dicampur minum beralkohol dan bagi yang mempunyai riwayat penyakit seperti yang disebutkan diatas harus lebih hati-hati dan bijaksana dalam mengkonsumsi buah durian.


Sumber : kompas. com 02-04-18,kompas.com 09-02-19,tribuntimur.com 11-02-19









Topic: #durian
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot