UC News

Berikut Daftar Top Speed MotoGP Tes Sepang Day-1, Kecepatan Siapa Tertinggi?

Berikut Daftar Top Speed MotoGP Tes Sepang Day-1, Kecepatan Siapa Tertinggi?
Referensi pihak ketiga

RiderTua.com - Tim-tim MotoGP meluncurkan paket motor baru untuk musim ini pada tes Sepang hari pertama. Aprilia adalah salah satu pabrikan yang meluncurkan motor dengan mesin 'All New'. Konfigurasi mesin 90 derajat memungkinkan tim Italia itu untuk menggali top speed lebih tinggi lagi.

Tujuan power mesin bukan hanya untuk percepatan saja namun saat perlambatan juga dibutuhkan. Masalah terbesar yang dihadapi oleh Aprilia adalah fase pengereman dalam trek lurus. Karena engine brake Aprilia-nya tidak efektif. Untuk menjawab permasalahan itu tim Italia meracik mesin yang sama sekali baru untuk 2020: V4 90 derajat ..

Kelebihan dari mesin V4 90 derajat adalah pada performa mesin. Tidak hanya dalam hal percepatan /akselerasi tetapi juga dalam perlambatan (engine brake). Berkat konfigurasi yang lebih baik, akan menghilangkan kebutuhan akan poros keseimbangan yang mengkonsumsi tenaga mesin. Aprilia mengklaim peningkatan power mencapai 280 tenaga kuda. Sedemikian rupa sehingga diharapkan membuat motor memiliki performa di trek lurus yang kompetitif. Apakah top speed Aprilia benar-benar kuat saat tes Malaysia di hari pertama?

Berikut Hasil Tes dan Top Speed Tes MotoGP Sepang Hari Pertama:

Referensi pihak ketiga

Dari data diatas terlihat: Rekor kecepatan tertinggi ditorehkan oleh Andrea Iannone tahun 2015. Dengan speed: 339,6 Km/Jam. Tentunya saat itu Iannone mengendarai Ducati Desmosedici GP15 alias motor Ducati. Hari ini di tes Sepang ternyata catatan top speed motor baru 2020 masih dipegang oleh Ducati dengan Jack Miller ( Pramac).. Dengan kecepatan 331,2 Km/ Jam..

Lalu bagaimana dengan top speed motor baru lainnya?.. Berikut daftarnya...

Referensi pihak ketiga

Berikut wakil 6 pabrikan dalam hal top speed..

  1. Jack Miller mewakili Ducati dengan speed : 331,2 Km/Jam
  2. Marc Marquez dengan Motor Honda top speed: 330,2 Km/Jam
  3. Aleix Espargaro dengan mesin baru Aprilia berada di urutan ketiga: 329,2 Km/Jam
  4. Setara dengan KTM Pol Espargaro.. 329,2 Km/Jam
  5. Joan Mir mewakili Suzuki dengan kecepatan puncak: 327,2 Km/Jam
  6. Valentino Rossi pembalap dengan top speed tertinggi di Yamaha: 327,2 Km/Jam

Kesimpulan Awal:

  • Top Speed sejauh ini, sembilan motor dengan mesin V4 90 derajat berada di posisi teratas. Aprilia sudah memiliki kecepatan di trek lurus yang cukup baik..
  • Selisih top speed motor mesin V4 dan Inline-4 tertinggi adalah: 4 Km/ Jam

Referensi: Tissot-motogp.com( 07/02/20)

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot