UC News

Bersemayam 500 Meter di Dalam Gua, Inilah Penampakan Ular Putih Raksasa yang Dipercaya Warga Manggarai Sebagai Ratu Ular, Berikut Ritual Khusus yang Harus Dilakukan Saat Mengunjunginya

Bersemayam 500 Meter di Dalam Gua, Inilah Penampakan Ular Putih Raksasa yang Dipercaya Warga Manggarai Sebagai Ratu Ular, Berikut Ritual Khusus yang Harus Dilakukan Saat Mengunjunginya

Gridhot.ID - Ular merupakan salah satu hewan liar yang terkadang dijadikan peliharaan oleh manusia.

Sejinak-jinaknya ular, namun juga bisa mengancam nyawa manusia.

Keberadaan ular memang diperlukan untuk keseimbangan ekosistem, namun tak bisa dipungkiri jika keberadaannya membuat banyak orang merasa khawatir.

Baca Juga: Darah Keluar dari Paha Tapi Tak Ada Luka, Betrand Peto Alami Kejadian Mistis Sama Seperti Ruben Onsu Dulu, Suami Sarwendah Langsung Katakan Ini

Terlebih lagi, ular bisa hidup di semua habitat termasuk di pemukinan manusia.

Binatang melata bisa menjadi ancaman karena ular memakan mangsanya bulat-bulat. Ditambah adanya bisa yang bisa menyebabkan kematian.

Di Indonesia sendiri banyak kasus ular yang menyerang manusia bahkan menelannya hidup-hidup.

Baca Juga: Nyaris Tak Ada yang Tahu, Didi Kempot Ternyata Punya Anak yang Meninggal Lebih Dulu, Kepala Desa Setempat Sebut Jenazah Sang Maestro Disemayamkan Tepat di Samping Kuburan Buah Hati

Seperti peristiwa seorang ibu rumah tangga yang dimangsa hidup-hidup ular piton di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara.

Bahkan sebelum kejadian itu ada seorang laki-laki bernama Akbar bin Ramli (25) juga dimangsa ular piton raksasa di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Namun, sebelum kedua peristiwa itu ada cerita unik berbalut mistis mengenai ular yang datang dari desa Galang, Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) Nusa Tenggara Timur pada Maret 2018 lalu.

Semuanya dimulai ketika warga lokal dan turis asing memergoki seekor ular putih raksasa sepanjang 23 meter.

Mereka menemukan ular tersebut di gua yang dinamai Istana Ular di desa Galang.

Baca Juga: Dekat dengan Anak Semata Wayang Ariel Noah Hingga Belikan Hadiah, Luna Maya Tak Mau Dilabeli Sebagai Calon Ibu Sambung: Kasian Anak Kecil Nanti Bingung

Penemuan ular putih itu seukuran manusia dewasa tersebut terjadi ketika seorang warga bernama Doroteus Manto menemani delapan turis asal Jerman memasuki gua istana ular.

"Waktu kami temukan ular itu, bule (turis) langsung mengambil alat ukur untuk mengukur panjang ular tersebut," ujar Doroteus seperti dikutip dari Pos Kupang, Minggu (24/3/2019).

"Saat diukur ular itu tidak bergerak. Setelah diukur, baru diketahui persis panjangnya 23 meter," tambah Doroteus.

Baca Juga: Hutang Rp 43 Ribu Triliun Menanti Amerika, Indonesia Justru Diprediksi Akan Bersenang-senang, Begini Nasib Rupiah ke Depan di Tengah Krisisnya Ekonomi Paman Sam

Doroteus mengaku menemukan keberadaan ular tersebut setelah memasuki gua sejauh 200 hingga 500 meter.

Saat ular putih ditemukan, ia dalam keadaan tidak bergerak dengan mata terbelalak.

"Saat masuk ke dalam gua, kami dibagikan tabung oksigen lengkap dnegan alatnya oleh bule sehingga kami masih bisa bernapas lancar walaupun di kedalaman lima ratus meter," papar Doroteus.

Di sana bukan hanya ada ular putih raksasa saja.

Mereka juga melihat beberapa ular lainnya dalam jumlah lumayan banyak dengan beraneka warna.

"Pada kedalaman dua ratus sampai lima ratus meter, ada banyak ular yang berwarna merah, kuning, hitam, dan hanya satu ekor yang putih," tutur Doroteus.

Baca Juga: Mancing Mania! Amerika Sengaja Panas-panasi Taiwan Agar Ikutan Rapat WHO, Sengaja Buat China Murka

"Kami berjalan di atas ular dan tidak bisa menghindar karena gua dipenuhi ular. Kami melangkah sambil menginjak ular, tetapi ular tidak gigit kami," imbuhnya.

Kepala Desa Galang, Ari Samsung, mengungkapkan bahwa ular di gua istana kerap keluar masuk.

Namun bila banyak orang di sana ular enggan untuk keluar.

Baca Juga: Bukannya Tenang Belajar di Rumah Selama Corona, Puluhan Siswa di Gunungkidul Justru Harus Kerjakan Tugas di Atas Gunung, Sinyal Ngadat Buat Mereka Rela Berjuang Demi Nilai

"Biasanya di mulut gua kita bisa temukan dengan mudah banyak ular. Tetapi itu kalau kita datang tidak banyak orang. Kalau banyak orang seperti saat ini, ularnya menghindar," kata Ari.

Dia membenarkan adanya ular besar berwarna putih mendiami gua itu.

"Saya pribadi memang belum pernah melihat langsung ular putih tetapi warga saya cukup banyak yang sudah melihat langsung ular putih itu," ucapnya.

"Sejak lama, sudah sering warga kami melihat ular besar warna putih itu," imbuh Ari.

Warga setempat menamai gua Istana Ular karena di dalamnya terdapat banyak ular yang dipimpin oleh ular putih raksasa tersebut.

Baca Juga: Hobinya Sama Seperti Sang Ayah, Abidzar Akui Rindukan Momen Ini Bersama Uje, Putra Umi Pipik Minta Dinanti di Surga

Penduduk desa juga menceritakan selama musim hujan ular-ular tersebut akan 'kelayapan' keluar dari gua.

Setelahnya mereka memangsa ternak macam ayam, anjing, kambing, dan lainnya.

Untuk memasuki gua pun juga ada tata caranya.

Baca Juga: Selama Ini Terlihat Akur dengan Anak Tiri, Laudya Cynthia Bella Pernah Bongkar Sifat Asli Aleesya, Ternyata Begini Kelakuan Putri Engku Emran Saat Tak Ada yang Melihat

Para pengunjung harus mendapat izin dari tetua desa yang mengetahui seluk beluk gua Istana Ular dan mengorbankan seekor ayam sebagai ritualnya, kata warga setempat.(*)

Artikel ini telah tayang di Gridpop.id dengan judul "Menguak Mistisnya Gua Istana Ular di NTT, Terdapat Ular Putih Raksasa Sepanjang 23 Meter dan Ritual Khusus saat Mengunjunginya"

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot