UC News

Box office raup pendapatan global US$42 miliar, ini penopangnya

Box office raup pendapatan global US$42 miliar, ini penopangnya

JAKARTA, kabarbisnis.com: Sepanjang tahun 2019, box office global mampu mencatat rekor pendapatan pasar internasional, meski pendapatan pasar domestik Amerika Utara pada saat yang sama mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya.

Dilansir dari The Hollywood Reporter, Minggu (12/1/2020) penjualan tiket di seluruh dunia tercatat sebesar US$42,5 miliar pada akhir 2019 atau naik sekitar 2 persen dari US$41,7 miliar pada akhir 2018.

Lebih rinci, pendapatan itu ditopang oleh US$11,4 miliar dari pasar domestik Amerika Utara dan US$31,1 miliar pendapatan dari pasar internasional.

Angka US$11,4 miliar yang dihasilkan pada pasar domestik mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya, yang berhasil mencatatkan pendapatan sekitar US$11,88 miliar. Tahun 2018 memang menjadi capaian box office tertinggi sepanjang sejarah di pasar tersebut.

Sementara, jumlah US$31,1 miliar di pasar global telah mencatatkan rekor baru. Sepanjang perjalanan industri perfilman dunia, baru pada tahun tersebut box office internasional berhasil menembus penghasilan sebesar US$30 miliar.

Berdasarkan catatan Comscore, pasar internasional pada 2019 yang menymbangkan pendapatan terbesar masih didominasi oleh China, Jepang, Korea Selatan, Perancis, Jerman, Rusia, Meksiko, Spanyol, Brazil, dan Italia.

“Mengingat tingkat persaingan dari sejumlah besar pilihan di berbagai platform, itu seharusnya menjadi kabar yang menggembirakan bagi industri. Bahwa 2019 memberikan pendapatan box office tahunan kedua terbaik dalam sejarah,” kata Paul Dergarabedian, analis Comscore.

Dia menambahkan bahwa film saat ini harus memiliki unsur kesegaran yang kental dan orisinal untuk dapat menarik penonton. Pasalnya, ada banyak konten dan pilihan platform yang saat ini bisa diakses oleh mereka.

Senada, Chief National Association of Theater Owners, John Fithian, menambahkan para pembuat film perlu merayakan keberhasilan ini, tetapi harus tetap meningkatkan inovasi teknologi yang telah berkembang.

“Penerimaan teater telah lebih stabil dan box office berkembang secara konsisten,” tandasnya.

Adapun, penerimaan box office global tahun ini didorong oleh film-film mega-blockbusters dengan penghasilan fantastis. Tercatat, 8 dari 10 film terlaris pada 2019 mampu mencatatkan pendapatan di atas US$1 miliar.

Jumlah itu belum termasuk film Star Wars: The Rise of Skywalker (2019) sebentar lagi akan menembus milestone tersebut. Artinya, tahun lalu akan ada sembilan judul yang menyandang predikat sebagai film miliaran dollar.

Angka tersebut berhasil meninggalkan jarak yang jauh dengan capaian tahun sebelumnya. Pada 2018, hanya ada 5 judul film yang pendapatannya tembus US$1 miliar, pada 2017 hanya ada 4 film, dan pada 2016 juga tercatat ada 4 judul film. kbc10

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot