UC News

Cerita Iwan Tersangka Kerusuhan 22 Mei: 'Dikejar Kejar Kivlan Zein Dan Disuruh Membunuh'

Cerita Iwan Tersangka Kerusuhan 22 Mei: 'Dikejar Kejar Kivlan Zein Dan Disuruh Membunuh'
Para tersangka kerusuhan 22 Mei 2019, Referensi pihak ketiga

Kesaksian tentang peran Kivlan Zen, yang juga jadi tersangka makar Seorang tersangka makar bergelar haji Iwan alias Haji Kurniawan. Dengan wajahnya yang disensor , Haji Iwan nampak mengenakan kaus hitam yang dirangkap dengan kemeja oranye tak dikancing dalam video testimony tersebut. Mengambil posisi duduk di sebuah kursi , tangannya diletakkan di atas meja yang ada di depannya. Dengan suaranya yang sangat jelas, ia mengakui perbuatan makar yang video testimoninya tersebut diputar oleh Polisi bersama TNI saat menggelar jumpa pers di Kemenko Polhukam, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (11/6/2019).

Begini bunyi kesaksian Haji Iwan dalam video testimon yang diputar polisi. “Saya H Kurniawan, biasa dipanggil Iwan, domisili Cibinong, Bogor. Saya diamankan polisi tanggal 21 Mei pukul tiga belas nol nol terkait ujaran kebencian, kepemilikan senjata api, dan ada kaitannya dengan senior saya, jenderal saya yang saya hormati dan saya banggakan, yaitu bapak mayor jenderal Kivlan Zen.”

Selanjutnya, pada pengakuan video testimoni tersebut Haji Iwan juga mengungkap bahwa pada bulan Maret, ia dan Tajudin dipanggil Kivlan Zein untuk bertemu di Kelapa Gading. Di mana dalam pertemuan tersebut dia diberi uang seratus lima puluh juta untuk pembelian alat, senjata, yaitu senjata laras pendek dua pucuk, dan laras panjang 2 pucuk.

Video testimoni Haji Iwan. Referensi pihak ketiga

Dilansir dari detik.com, Selasa (11/06/2019) Uang seratus lima puluh juta dalam bentuk dolar Singapur itu langsung di tukarkan Haji Iwan di money changer. Karena Haji Iwan belum mendapatkan senjata yang dimaksud, dia dikejar-kejar dan ditagih oleh Bapak Kivlan Zen, dan saat ditangkap H Iwan membawa satu pucuk senjata jenis revolver 38 magnum, dengan mengisi sekitar seratus butir, yang dia bawa memang untuk ke lokasi demo.

Ada rencana penembakan dengan senjata laras panjang kaliber 22 dan senjata laras pendek untuk membunuh para tokoh nasional pada kerusuhan 22 Mei nanti. Untunglah polisi segera mengamankan mereka sebelum niat itu terlaksana.

Topic: #kerusuhan
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot