UC News

Daftar Negara Termiskin di Dunia, Apa Indonesia Juga Salah Satunya?

Daftar Negara Termiskin di Dunia, Apa Indonesia Juga Salah Satunya?

Apa yang ada dalam bayanganmu saat mendengar negara miskin? Mungkin dalam benakmu Indonesia bisa saja masuk dalam daftar merahnya. Kita patut bersyukur. Berdasarkan data World Bank 2018, Indonesia tidak masuk dalam daftar 10 negara termiskin di dunia yang teridentifikasi dari angka Gross National Income (GNI) yang disarikan melalui metodologi Atlas.

Negara mana saja yang masuk dalam urutan negara termiskin di dunia? Jika bisa dirangkum, kebanyakan adalah negara yang baru merdeka dan negara yang mengalami masalah keamanan serius serta administrasi pemerintah yang kelewat korup.

Daftar negara termiskin di dunia terbaru

Agar lebih jelas dan tak lagi bertanya-tanya, silakan simak rangkuman daftar negara termiskin di dunia di bawah ini. Semoga keadaan di sana bisa jadi lebih baik, ya.

Burundi

www.unocha.org

Urutan negara termiskin di dunia pertama ditempati oleh Burundi. Jika ditilik dari sejarahnya, Burundi pernah dilanda perang saudara hebat pada 90-an, sama seperti Rwanda, sebuah negara di Afrika yang ternyata sudah lama mengalami masalah ketahanan pangan.

Ini membuat harga bahan pangan pokok melonjak naik tanpa diimbangi dengan kenaikan pendapatan yang sepadan. Belum lagi komoditas ekspor berupa kopi terus menurun dari tahun ke tahun membuat pendapatan nasional Burundi terjun bebas hingga mencapai angka terendah di dunia.

Angka harapan hidupnya tergolong rendah. Yakni ada di antara 190 negara yang tercantum dalam data rilisan World Bank

Malawi

fieldcraftstudios.com

Merdeka dari Inggris pada 1960-an, Malawi ternyata belum mampu menjadi negara makmur dari segi ekonomi. Malawi termasuk negara yang stabil dalam hal politik dan keamanan, tetapi ketahanan pangannya cukup rendah.

Padahal sebagian besar dari penduduknya hanya bertumpu pada pertanian sebagai mata pencaharian utamanya. Belum lagi Malawi masih harus menghadapi wabah HIV yang merajalela membuat angka anak yatim di sana cukup tinggi pula.

Niger

www.travelsvenue.com

Mirip dengan negara di Afrika lainnya, Niger mengalami masalah ekonomi karena kondisi alamnya yang kurang mendukung. Negara yang berbatasan langsung dengan Gurun Sahara ini belakangan terus meluas akibat desertifikasi atau degradasi lahan.

Belum lagi keberadaan kelompok militan Boko Haram yang terus jadi duri dalam kestabilan keamanan. Komoditas Niger juga tak jauh dari emas dan uranium. Meski berharga, tetap tak bisa menjamin kesejahteraan rakyatnya.

Kebanyakan warganya masih hidup di wilayah pinggiran dan pedesaan. Sementara yang berhasil pindah ke kota berakhir di pemukiman kumuh.

Mozambique

www.bloomberg.com

Urutan negara termiskin di dunia berikutnya ditempati oleh Mozambique. Masih di benua Afrika dan termasuk negara muda karena baru merdeka pada 1975. Bahkan negara ini masih tercabik oleh perang saudara hingga 2002 yang membuat perkembangan ekonomi ikut tersendat.

Selain masalah HIV, komoditas ekspornya juga tak banyak. Gas alam baru ditemukan di 2011 memang cukup membantu, tetapi tetap belum bisa melepaskan Mozambique dari daftar negara termiskin di dunia hingga kini.

Sierra Leone

justhopeinternational.org

Sama seperti negara di Afrika Barat lainnya, Sierra Leone pun mengalami kutukan sumber daya alam. Mineral dan intan belum mampu mempengaruhi kesejahteraan rakyat. Ini justru menimbulkan konflik saudara hingga 2002.

Sierra Leone juga terkenal sebagai negara yang korup dibanding negara lain di Afrika apalagi dunia. Belum lagi negara ini masih harus menghadapi gizi buruk dan wabah penyakit ebola pada 2014 lalu.

Republik Demokratik Kongo

www.nytimes.com

Sudah beberapa tahun ini Kongo masuk dalam daftar negara paling tak stabil dalam segi keamanan. Negara yang merdeka dari Belgia pada 1960 ini sempat mengalami perang besar di awal 2000-an karena perebutan kekuasaan.

Parahnya, perang membuat para masyarakat penyintas harus hidup dengan kekurangan gizi dan wabah penyakit menular ebola. Hal ini diperparah dengan kekurangan sumber pangan yang berbanding terbalik dengan potensi logam yang melimpah.

Central African Republic (CAR)

globalriskinsights.com

Daftar negara termiskin berikutnya ditempati CAR. Negara ini kaya akan sumber daya alam logam mulia seperti emas, uranium, dan intan. Bahkan komoditas minyaknya pun lumayan melimpah.

Sayangnya, pemerintah yang korup membuat rakyat CAR harus hidup dalam kemiskinan. Apalagi masih dipecah belah oleh tensi antar agama.

Untuk menangani masalah ini, sebenarnya sudah ada beberapa langkah strategis yang diambil otoritas setempat. Seperti meningkatkan produksi kayu dan pertanian dalam negeri.

Negara ini mencoba untuk mengobral harga intan untuk menarik konsumen. Industri intannya sempat jatuh karena perselisihan antar kelompok mayoritas dan minoritas di sana.

Madagascar

pagtour.info

Negara ini boleh dibilang kaya akan sumber daya alam dengan keragaman alam liarnya yang luar biasa. Namun, itu semua bukan jaminan ia mampu keluar dari daftar 10 negara termiskin di dunia.

Mayoritas warganya masih bertumpu pada sektor pertanian, ini adalah salah satu ciri khas negara miskin. Meski sudah merdeka sejak 1960-an, Madagascar ternyata belum bisa menyusul negara baru di Eropa seperti Kosovo yang sudah masuk kategori negara dengan GNI menengah. K

ondisi ini dipengaruhi pula oleh situasi politik yang tak jelas. Setiap periode pemilu, selalu diwarnai sengketa dan kecurangan.

Afghanistan

fordhampoliticalreview.org

Negara yang dilanda perang saudara berkepanjangan ini juga harus puas masuk dalam daftar negara dengan GNI terendah di dunia. Sejak pendudukan Uni Soviet pada 1970-an hingga saat ini, Afghanistan masih menjadi negara paling tak aman untuk ditinggali.

Pemerintahnya pun terkenal korup dan masih cuek akan kesejahteraan penduduknya. Jangan tanya pula wilayah yang masih dikuasai kelompok Taliban.

Komoditas pertanian seperti kapas dan opium yang ilegal masih jadi daya tumpu, bahkan menyaingi minyak. Namun, itu tak cukup untuk mengentaskan warga dari kemiskinan karena kurangnya air bersih dan langkanya listrik.

Liberia

www.challenges.fr

Termasuk negara tertua di Afrika, ternyata Liberia masih masuk dalam 10 negara termiskin di dunia. Negara ini termasuk dalam wilayah yang terdampak wabah ebola beberapa tahun lalu dan masih mengalami kesulitan untuk melakukan recovery dari bencana kemanusiaan tersebut.

Hingga kini, Liberia masih tergantung pada bantuan IMF dan investasi luar negeri. Pada 2017, seorang pesepakbola profesional terpilih menjadi presiden Liberia dan memiliki program yang menjanjikan.

Jika selama ini kamu merasa Indonesia layak masuk dalam urutan negara miskin di dunia teratas, coba tengok data dari World Bank di atas. Ternyata banyak indikator yang harus diperhitungkan sebelum menentukan kategori kesejahteraan sebuah negara.

Untunglah kita termasuk negara yang sudah established dan stabil dalam hal politik dan keamanan. Kondisi ekonomi pun bisa bertumbuh baik, meski belum layak pula masuk dalam golongan negara makmur.

Daftar di atas juga disarikan World Bank dari 190 negara saja. Belum termasuk beberapa wilayah yang sekarang masih dilanda perang dan bencana ekonomi dahsyat seperti Yaman, Sudan Selatan, Somalia, Venezuela, Eritrea, Suriah, dan lain sebagainya. Beberapa negara tersebut pun diprediksi bisa mengisi daftar negara termiskin di dunia di masa depan.

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot