UC News

Daftar Produk Skincare yang Tidak Cocok di Kulit Berjerawat

Biasanya orang-orang (termasuk gw sendiri) nulis review mengenai produk skincare atau produk make-up yang cocok dengan kulitnya. Tapi tulisan kali ini berbeda karena gw akan menulis mengenai beberapa produk skincare dan make-up yang TIDAK COCOK sama sekali di gw, bahkan menimbulkan bruntusan, jerawatan dan kadang malah dibarengi dengan gatal-gatal.

Disclaimer :

TIDAK COCOK di gw, bisa aja cocok banget di orang lain kan. So tulisan ini based on my personal experience ya cin. Banyak faktor juga yang menyebabkan kenapa produk tersebut tidak cocok di kulit gw.

SK II

Entah kenapa produk premium yang terkenal dengan kandungan zat Pitera ini tidak cocok di kulit gw. Bahkan toner FTE yang legendaris itu begitu dioles ke kulit wajah gw pertama kali, langsung dong beberapa jam berikutnya muncul lah itu bruntusan kecil-kecil di pipi, pertanda emang enggak cocok. Walhasil produk yang udah dibeli mahal itu (hiks) gw hibahkan ke pak Arief, suami tercinta. Tentu saja dia gak apply sendiri, dibawah tekanan istri yang merasa rugi udah beli produk mahal tapi gak cocok, maka kulit pak Arief menjadi kanvas akhir dari setiap produk skincare gw ahahahaha.

Hamdallah cocok dong SK II di suamik. Tapi sayang dia gak mau melanjutkan perawatan, hanya mau sampai produk itu habis. So gantengnya ya rada luntur dikit deh hauahahaha Ups!

Daftar Produk Skincare yang Tidak Cocok di Kulit Berjerawat

RNA Essence

FTE

Produk yang gw pakai :

  • Facial Treatment Essence (FTE)
  • Radical New Age Essence (RNA)

Huxley Secret of Sahara Oil Essence

Gw pun bingung awalnya pas tahu kalau Huxley ternyata gak cocok di kulit gw. Secara ya bok banyak yang pakai dan mereka claim COCOK. Akhirnya gw coba deh essence rasa oil (atau oil rasa essence, atau hydbrid, whatever) yang konon paling bagus dari brand ini. Ternyata begitu pakai perdana, langsung dong besoknya bruntusan. Yes! Kalau enggak cocok dengan suatu produk, kulit gw langsung bereaksi besoknya. Biasanya langsung bruntusan putih-putih, atau kalau parah siy bakal bikin jerawat cystic nongol. Gw enggak begitu percaya dengan istilang ‘purging’. Menurut pendapat gw siy kalau gak cocok ya gak cocok aja, gak ada tuh nunggu adaptasi dulu atau gimana. So Huxley pun berakhir didiamkan begitu saja. Entahlah mau gw apain tu produk, ada ide?

Huxley

Estee Lauder ANR II (Advanced Night Repair)

Nah kalau yang ini pasti banyak yang gak menyangka kalau gw GAK COCOK dengan ANR. Hampir semua selebgram beauty dan teman-teman gw yang pakai ANR pun bilang cocok di kulit mereka. Bikin moist dan hydrate banget kulitnya. Sebagai wanita dengan usia ‘dewasa’ tsaaahh segitunya gak mau ngaku tua ya buk ahahaha udah saatnya dong gw pakai produk skincare yang memiliki kinerja ciamik untuk menunda penuaan dini. Alias ada unsur anti agingnya gitu. Konon si ANR ini paling OK untuk kulit dewasa dan memiliki zat anti aging yang mumpuni. Akan tetapi saudara, begitu udah dipakai hari 1st ternyata KULIT EMANG BAGUS BERCAHAYA. WOW! langsung bahagia karena produk ini sukses mengkinlcongkan kulit gw. Etapi begitu memasuki hari ke-3, yawlaaaaahh langsung deh jerawat cystic gede-gede banget NONGOL gak kira-kira. Gw googling dong masa iya siy efeknya begitu. Ternyata habis baca forum femaledaily, banyak juga yang mengalami hal serupa dengan gw. Baru muncul tanda-tanda ketidakcocokan di hari ke-3 dan seterusnya pemakaian. Gak langsung dikasi tanda bruntusan pas dipakai pertama kali.

ANR

Ckckckck….untung masih baru beli ukuran sample. Jadi enggak keki-keki banget deh ahahaha.

Leegiham Tea Tree Essence

Skincare yang banyak mengandung zat Tea Tree katanya ampuh banget mencegah munculnya jerawat, membunuh bakteri jerawat dan fungsi lainnya terkait jerawat. Tentu saja gw coba dong ya secara kulit gw kan jerawatan selalu. Daannn kembali lagi bruntusan muncul begitu pemakaian hari pertama. Yawlaaaahhhh gak cocok lagi sodarah. Kalau udha muncul bruntusan, gw siy langsung skip ya gak mau pakai lagi. Soalnya ngeredain bruntusan itu susah ciiin dan lama. Mending rugi duit deh daripada malah bete gegara kudu ngebenerin kulit wajah dulu.

LGH Tea Tree

Sepertinya unsur teh yang COCOK dengan gw adalah hanya kandungan BLACK TEA. Kalau teh hijau, tea trea atau lainnya teh-teh gitu gak cocok deh. Pernah pakai Bodyshop yang teh apa gitu, dan sama efeknya, bruntusan.

Goodal

Gw pernah coba produk Goodal udah lama sebenarnya sekitar 2015-2016 lah pas gw masih awal-awal teracuni dengan skincare Korea. Beli paketan Moisture Barrier dari mba bening bersinar, kalau gak salah isinya toner, cream dan lotion semacam emulsion gitu. Gw coba dong tonernya. Teksturnya kentel dan watery. Enak siy wanginya. Pas pakai toner siy sepertinya gak ada bruntusan, begitu ditimpa sama cream wiiihhhhh langsung bruntusan pipi gw. Akhirnya gw hentikan aja deh. Meski abis itu toner masih sesekali gw pakai, tapi karena udah trauma ama bruntusannya akhirnya gw hentikan semua aja. Meskipun katanya mah kalau enggak cocok dengan 1 produk dari 1 brand, BUKAN BERARTI gak cocok dengan semua produk dari brand tersebut. akan tetapi sodarah ku kan udah parno duluan, jadi hentikan sajalah ahahaha.

Cream

Toner

Produk yang gw pakai adalah :

  • Goodal Moisture Barrier Cream
  • Goodal Moisture Barrier Rich Mist

Sulwhasoo

Sejujurnya gw agak heran kok gw gak cocok dengan Cushion Sulwhasoo, karena toner dan first essence dia sangat cocok di gw saat itu. Ini bukti bahwa kecocokan dengan 1 produk dari 1 brand, tidak menjamin cocok dengan produk lainnya dari brand yang sama. Begitu gak tau kalau cushion Sulwhasoo bikin kulit gw bruntusan, gw pikir karena gw emang gak cocok aja dengan make-up tipe Cushion. So sejak saat itu gw gak pernah coba lagi cushion sampai akhirnya gw tertarik mencoba cushion dari JSM. Pakai cushion JSM gw cocok banget dan gak menimbulkan bruntusan, menunjukkan bahwa ya gak cocok bukan tipe cushion tapi bisa saja cushion Sulwhasoo yang gak cocok dengan gw. Karena abis beli JSM cushion gw penasaran dengan cushion MAC. Dan OK dong di wajah gw hohohoho.

Sulwhasoo Cushion

Demikianlah beberapa produk skincare dan make-up yang TIDAK COCOK di kulit gw dengan tipe selalu berjerawat ini. Meskipun banyak yang gak cocok, tapi gak menghalangi niat mulia gw untuk mencoba beragam produk skincare + make-up lainnya dong ahahahaha. Untuk meminimalisir ketidakcocokan maka gw lebih memperhatikan kandungan yang dicurigai menyebabkan kulit gw bruntusan.

Kalau teman-teman produk apa yang terbukti gak cocok di kulit wajah?

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot