UC News

Desain Menawan, R15 ABS Siap Kuasai Pasar, Honda CBR Waspadalah!

Yamaha R15 ABS resmi meluncur, dibanderol lebih mahal Rp 2,3 juta dari versi non ABS. Peluncurannya dilakukan kemarin (10/1) di negara Hindustan India. Ya, Negara Hi jadi wilayah pertama yang menjual R15 generasi ketiga dengan rem anti selip.

Desain Menawan, R15 ABS Siap Kuasai Pasar, Honda CBR Waspadalah!
Referensi pihak ketiga

Rem ABS Yamaha R15 disisipkan pada masing-masing roda, alias 2-channel. Jadi, baik mengerem dengan roda depan, maupun belakang, Anda tak perlu khawatir untuk memaksimalkan tekanan rem. Soalnya komputer dan pompa hidraulis siap meregulasi remnya agar roda tak selip.

Secara keseluruhan, perbedaan R15 ABS dan non ABS hanya stiker di sisi fairing yang sangat kecil, dan pastinya pemasangan rem ABS. Tak ada pembeda dari sektor desain, maupun grafis secara keseluruhan. Tampilan motor kompak berdesain supersport Yamaha masih lekat.

Kalaupun ada perbedaan, bisa ditarik dengan model R15 yang ada di Indonesia, utamanya dari pilihan warna dan grafis. Selain itu, Yamaha R15 di India menggunakan sepakbor tambahan di bagian belakang yang melekat di swing arm. Biasanya sepakbor ini jadi dudukan untuk mencantumkan peranti wajib lain untuk India, Saree Guard.

Referensi pihak ketiga

Pembeda lain dengan Yamaha R15 Indonesia adalah kaki depannya. Pada R15 tanah air, kaki depan menganut sistwm upside down. Skema ini membuat shock teleskopik berada dalam posisi terbalik. Kinerja suspensi yang lebih andal untuk bermanuver terjamin oleh format suspensi itu. Tak demikian pada R15 India yang memakai teleskopik standar.

Sektor lain seperti mesin, transmisi, rangka, masih tetap sama. Unit mesin 1-silinder 155 cc dipasangkan dengan transmisi 6-percepatan dengan slipper clutch dan assist. Mesin ini sudah disematkan sistem Variable Valve Actuation yang membuat hadirnya figur pengolahan tenaga efisien di puataran bawah dan garang di putaran atas.

Referensi pihak ketiga

Mesin Yamaha R15 disusun dengan konfigurasi SOHC (single overhead camshaft) 4-klep, dan dipandu pendingin cairan. Unit itu mampu menyemburkan tenaga hingga level 19,3 dk. Nilai yang menjanjikan untuk motor yang menganut genre sport. Torsinya pun besar, hingga 14,7 Nm.

India memang sudah menjadikan Anti lock Braking System (ABS) sebagai salah satu perangkat wajib di motor. Hal ini lah yang membuat Yamaha memprioritaskan kehadiran rem ABS pada R15. Beberapa motor sport 150 cc di Indonesia juga sudah menggunakan ABS, misalnya Honda CBR150R dan Suzuki GSX-R150. Lantas, Yamaha R15 di tanah air, kapan ya pakai sistem rem ABS ini?


Sumber : www.oto.com (2019/01/12)

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot