UC News

Di Trikora, Pasukan Katak Hampir Pakai Torpedo Manusia Serang Belanda

Di Trikora, Pasukan Katak Hampir Pakai Torpedo Manusia Serang Belanda
Referensi pihak ketiga


Ketika operasi Trikora digelar, Pasukan Pasukan Katak di Teluk Peleng, Sulawesi, sudah bersiap melakukan aksi. Apalagi Mayor Urip Santosa mendapat perintah untuk meyiapkan dua peleton sukarelawan dan 5 human torpedo untuk misi bunuh diri.

Torpedo Manusia atau disebut Kaiten dalah sebuah torpedo berawak buatan Angkatan Laut Kekaisaran Jepang yang dikemudikan langsung ke target dengan cara bunuh diri selama Perang Dunia II.

Referensi pihak ketiga

Torpedo Manusia ini ternyata akan dicoba saat operasi Trikora. Saat itu, Mayor Urip masih merasa asing dengan senjata torpedo manusia itu. Sebab, katanya, belum pernah mendapat briefing khususnya peta operasi dan pendaratan sasaran yang akan dituju.

Torpedo Manusia tersebut berisi 100 kg TNT. Bayangkan ledakannya apabila terkena langsung prajurit Belanda. Sayangnya, torpedo manusia ini belum pernah diujicobakan. Bahkan Mayor Urip tidak tahu penggunannya.

Referensi pihak ketiga

Akhirnya, ia mengambil inisiatif melakukan ujicoba. Saat melakukan ujicoba Ternyata mesin tempel yang terpasang bukan 100 TK melainkan 50 TK.

Kursi lontar yang katanya terpasang ternyata tidak ada sehingga pilot harus melompat sendiri sebelum torpedo meledak. Tanpa kursi lontar, pilot 'torpedo manusia' ini kemungkinan besar akan tewas akibat ledakan TNT seberat 100 kg.

Yang paling parah, detonatornya tidak berfungsi sama sekali. Saat itu ia mencoba menerjangkan torpedo TNT 100 kg tanpa manusia dalam kecepatan 25 knot ke salah satu tebing karang yang lokasinya berada di teluk yang sunyi.

Ternyata torpedo yang diterjangkan sama sekali tidak meledak. Tapi torpedo tersebut berhasil meledak setelah menggunakan keterampilan khusus dan perangkat demolisi.

Namun, pada akhirnya, Torpedo Manusia itu tidak bisa digunakan karena ada berita gencatan senjata.

Sumber :

merahputih.com/post/read/kilas-balik-operasi-tjakra-ii-upaya-pasukan-elite-indonesia-usir-kolonial-belanda

Topic:
READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot