UC News

Ditakuti Semua Wanita, Padahal Rajin Makan Ini Bisa Cegah Kanker Payudara

Ditakuti Semua Wanita, Padahal Rajin Makan Ini Bisa Cegah Kanker Payudara
nature.com

Dilansir dari cnnindonesia.com (13/09/18), berdasarkan data dari International Agency for Research on Cancer, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), hampir 10 juta orang meninggal karena kanker. Tepatnya 9,6 juta jiwa dari 18,1 juta penderita kanker.

Jika jenis kanker yang mendominasi kaum pria adalah kanker paru, untuk wanita adalah kanker payudara. Tak heran penyakit ini sangat ditakuti semua wanita.

genengnews.com

Untuk mencegah supaya tidak terkena, ada cara sederhana yang bisa kamu lakukan. Melansir liputan6.com (21/03/18), Aru Wicaksono Sudoyo, Ketua Yayasan Kanker Indonesia menjelaskan bahwa rajin makan sayur dan buah bisa menurunkan risiko terkena kanker payudara.

"Penelitian mengungkapkan seorang wanita yang makan buah dan sayur empat kali sehari berkurang kemungkinan kena kanker payudara hingga 30 persen," ujarnya.

dinkes.malangkota.go.id

Selain rutin makan buah dan sayur, Aru juga mengingatkan supaya tidak makan berlebihan. Makan berlebih akan membentuk lemak yang selanjutnya mengakibatkan fungsi insulin terganggu. Jika ini terjadi, maka sel kanker yang tadinya ‘tidur’ akan aktif.

independent.co.uk

Selain menjaga pola makan, Aru juga menyarankan untuk rutin olahraga dan melakukan deteksi dini kanker payudara. Bisa dengan pap smear, IVA (Inspeksi Visual Asetat), pemeriksaan SADARI (perikSA payuDAra sendiRI).

independent.co.uk

Menurut dr. Kristoforus Hendra Djaya SpPD, Disease Prevention Expert yang juga CEO dari In Harmony Vaccination dalam jawapos.com (21/10/18), mengungkapkan bahwa penderita kanker payudara yang terdeteksi dini dan menjalani pengobatan pada stadium awal tingkat kesembuhannya bisa 90-100%. Itulah kenapa penting sekali dalam mendeteksi dini adanya kanker payudara.

READ SOURCE
Buka UC News, Baca Berita Terhot